Resolusi 2019-ku Adalah…

Nggak terasa tahun 2018 akan berakhir hari ini. Waktu berjalan terlalu cepat atau entah aku yang kurang menikmati setiap langkah pada tahun ini. Bisa jadi karena nggak ada target apa-apa dan mencoba hidup mengikuti arus.

Kurang greget? Iya banget, secara aku termasuk tipe yang suka pada perubahan dan pengembangan diri. Hehehe. Tapi ada kalanya itu menjadi menyenangkan, karena nggak ada yang di-plan, let it go aja, dan jadinya seru melihat segala kejutan yang diberikan Allah.

Target apa aja yang akan ku-capai di tahun 2019?

1# UMROH

Akhir tahun 2017 kemarin udah daftar umroh di salah satu travel umroh, tetapi mungkin belum rezeki kali ya. Karena agen-nya diringkus polisi karena ketahuan korupsi uang dari para konsumennya. Nah, semoga tahun 2019 ini dikasih kesempatan buat berkunjung ke Mekkah dan Madinah, menghaturkan rasa syukur dan memohon ampunan-Nya.

2# KARIR

Memutuskan untuk resign dari perusahaan unicorn di Jakarta dimana posisimu udah stabil itu perkara tidak mudah. Apalagi kamu bertahun-tahun membangun karir-mu di Jakarta lalu memutuskan pulang ke daerah supaya bisa lebih dekat dengan orang tuamu.

Tapi ternyata rezeki itu udah ada yang mengatur. Awalnya ada rasa takut kalo bakal jobless, karena lowongan kerja di daerah nggak sebanyak di kota. Mungkin inilah namanya ‘sudah diatur Sang Kuasa’, saat ini aku diberikan kesempatan untuk mengelola barbershop terbesar di Indonesia.

Mengembangkan bisnis pengelola jasa barbershop di Jogja, padahal 2 tahun lalu sempat bikin barbershop kecil-kecilan pas masih di Jakarta, eh sekarang dipertemukan lagi dengan bisnis ini. Semoga barokah. Aamiin.

#3 TRAVEL & CULINARY INFLUENCER

Bisa menginspirasi banyak orang adalah hobiku. Bercerita dan berbagi pengalaman melalui video maupun tulisan di blog, bahkan bisa memotivasi mereka adalah kepuasan tersendiri bagiku.

Tahun 2019 ini, ku ingin lebih banyak berbagi kebahagiaanku kepada lingkunganku. Lebih banyak travelling (mungkin tidak hanya untuk kesenangan pribadi, tapi aku ingin lebih mengenal budaya tempat yang aku kunjungi dan lebih banyak berinteraksi dengan masyarakatnya). Karena pengalaman adalah guru yang berharga.

#4 SILATURAHMI DENGAN KELUARGA DAN SAUDARA

Doa-ku ketika merantau jauh ke ibu kota adalah semoga suatu saat nanti bisa kembali ke daerah dan bisa dekat dengan keluarga maupun saudara kami. Ternyata hal ini dikabulkan dipertengahan tahun 2018. Saatnya menjalin silaturahmi lebih erat lagi. Karena keluarga adalah tempat kembalinya kamu dalam kondisi apapun tanpa ada judgement.

#5 KULIAH S2 KOMUNIKASI DI UGM

Bisa kuliah S2 Komunikasi di UGM dengan spesialisasi corporate communication. Supaya aku bisa membantu banyak untuk bisnis yang aku pegang sekarang. Selain itu inilah impian mamah-ku, ingin anaknya bisa kuliah dan lulus S2 (karena mamahku adalah seorang guru). Semoga impian mamah bisa tercapai di tahun 2019.

Nah, mulai hari ini mencoba menabung tiap bulan untuk biaya kuliahnya atau siapa tau ada yang baca tulisan ini dan mau jadi donatur untuk membiayai S2-ku. Aamiin.

#6 GAYA HIDUP SEHAT DAN MENDEKATKAN DIRI PADA SANG PENCIPTA

Ini adalah list paling tidak mudah dilakukan. Karena harus datang dari diri sendiri dan komitmen untuk membuat selalu konsisten itu yang susah. Hehehe. So, harus berjuang dan berbenah setiap waktu. Karena ini adalah pondasi untuk melatih dan membentuk kesehatan mental kita.

#7 SELF-LOVE

Berdamai dengan diri sendiri, mau memaafkan diri sendiri dan memahami bahwa diri kita adalah bukan makhluk sempurna. Pasti ada salahnya, pasti ada cacatnya, so… terima-lah. Dan ingat kebahagian itu terpancar dari dalam diri, kalau dari luar kamu akan lebih capek. Katanya sih ketika kamu bahagia, aura dalam dirimu akan terpancar dan membuat sekelilingmu lebih bahagia juga.

#8 HIDUP PENUH CINTA KASIH

Iya, hidup dipenuhi kasih sayang dan cinta!

Nggak muluk-muluk, tapi ingin tetap terus berkembang dan bisa memberikan manfaat bagi sekitar atau mungkin sekedar menginspirasi. Kalau kita punya mimpi, semakin kita sering mengucapkan dan memberitahu banyak orang, semakin banyak juga yang mendoakannya.

Salam semangat,

Belajar Bahagia itu Mudah

Banyak orang terjebak pada kata ‘bahagia’. Berharap orang lain bisa membahagiakan dirinya. Atau mungkin ingin membahagiakan semua orang. Tapi kita sendiri lupa, bahwa di dunia ini yang nggak akan pernah bisa adalah “membuat semua orang bahagia”.

Pernah kah kamu mencari kebahagiaan-mu sendiri pada orang lain? 100% pasti akan menjawab pernah. Pernah kamu ketika mencari kebahagiaan pada orang lain berujung kekecewaan? Mungkin hampir sebagian besar menjawab pernah. Itu wajar.

Pernah kah kita bertanya pada diri kita sendiri, apa yang sebenarnya kita cari selama ini? Kebahagiaan seperti apa? Bisa jadi, kita mencari kebahagiaan yang di-create oleh lingkungan kita dengan mengabaikan kebahagiaan yang hakiki dalam diri kita. Kita telah dibentuk oleh lingkungan kita bahkan bisa jadi mengabaikan sisi nurani kita sendiri.

Hal ini mengarah pada ‘kesehatan mental’, karena setiap orang memiliki masalah-nya masing-masing. Nggak bisa disama-ratakan, nggak bisa dibilang masalahku lebih besar darimu, masalah-mu nggak seberapa dibandingkan masalahku. Mental seseorang pun satu sama lain kadarnya berbeda seiring dengan masalah yang dia hadapi pada kehidupannya.

Di sini aku belajar banyak, bahkan hidup itu nggak ada yang sempurna. Bahwa kesuksesan seseorang atau kesejahteraan seseorang itu, pasti punya lika liku kehidupan yang bikin dia bisa ‘strong’. Tapi apa yang kita atau orang lain lihat? Enak ya, dia bisa jalan-jalan terus. Enak ya, dia bisa liburan ke luar negri tiap bulan. Enak ya, dia bisa langsung nemuin jodoh dan nikah trus punya anak. Enak ya, keluarganya asik banget, papah mamahnya bisa diajak nge-gaul. Enak ya, kerjaannya keren banget, gajinya gede dan hidupnya serba bergelimang harta.

Kita terlalu terkungkung pada “kenyinyiran” yang fana ini. Dan itu membuat kesehatan mental kita menurun. Karena hanya terfokus pada hal yang membuat kita stuck pada hal-hal negatif. Bisa jadi kebahagiaanmu diukur dari orang lain, bukan dirimu. Tragis.

Tau kah kamu? Ketika kita sibuk bilang “Enak ya dia bisa gini gitu”. Apakah kita pernah berpikir? Dia bisa seperti itu pasti butuh perjuangan, pasti dia harus merasakan jatuh bangun. Dan kemenangannya adalah tidak memperlihatkan kesedihan atau kegagalannya dimuka umum.

Belajar bahagia itu mudah. Apa yang harus kita lakukan?

  • Berdamailah dengan masa lalu-mu. Mencoba menerima kenyataan dan sadar bahwa kamu hidup di masa sekarang. Ikhlas.
  • Maafkan dirimu dan jangan selalu menyalahkan diri sendiri. Bahwa kita bukan makhluk sempurna, kita tak akan pernah luput dari salah.
  • Sebelum tidur, tulislah list rasa syukur-mu hari ini di dalam buku atau digital note. Mulai dari hal-hal simple.
  • Bangunlah lebih pagi, dan setelah bangun tidur coba berbicara pada diri sendiri bahwa hari ini kamu adalah orang paling bahagia dan beruntung, lakukan hari ini dengan baik.
  • Rutin berolahraga (nggak harus setiap hari, tapi konsisten) misalnya seminggu 3x, tapi rutin dilakukan. Mulai dari jalan pagi keliling kompleks, sepedahan, atau workout di dalam kamar.
  • Biasanya tersenyum, dalam setiap kondisi, bahkan didalam kondisi tertekan atau lagi stress, marah.
  • Makan-makanan yang sehat (perbanyak sayur dan buah), kurangin junkfood.
  • Sering-lah menelepon atau mengobrol dengan orang tua atau saudara, selain mempererat silaturahmi, ridho orang tua akan melapangkan jalanmu.
  • Perbanyak bersedekah atau membantu sesama (bisa dimulai membantu sodara yang membutuhkan) atau bisa menyempatkan waktumu mampir ke Panti Asuhan atau Panti Jompo.
  • Hal yang paling urgent dan semua agama akan menyarankan, mendekatlah pada Sang Pencipta, Wahai Dzat yang membolak-balikkan hati.

Coba kita lakukan secara konsisten. Hal ini yang sedang aku lakukan, yang terkadang berat tapi Insya Allah, kita bisa menemukan kebahagiaan versi kita. Karena sejatinya bahagia itu kitalah yang menciptakan.

Salam semangat,

Tahun 2018 Penuh Rasa Syukur

Hidup akan terasa lebih ringan ketika kita selalu mengutamakan rasa syukur dalam kondisi apapun. Melihat sesuatu dengan hati tenang dan pikiran positif.

Sebulan lalu vacuum belum sempat (lebih tepatnya lupa mulu mau upload) tulisan di blog, padahal travelling jalan terus dan menemukan cerita seru yang bisa dibagikan di sini. Kali ini cuman ingin cerita tentang hal-hal yang berhubungan tentang kehidupan. Bahwa hidup itu penuh misteri, kita nggak tau setelah ini apa yang akan terjadi selanjutnya atau apa yang kita pikirkan jauh-jauh di masa lampau ternyata terjadi saat ini.

Tak hentinya aku berterima kasih pada Allah, karena Dia nggak pernah melupakan makhluk kecil seperti ini yang nggak ada apa-apa (bahkan aku yang mungkin yang selalu melupakan Dia, astagfirullahaladzim). Dia nggak ingin aku terlalu jauh dari-Nya sehingga banyak sekali kejadian indah yang aku lewati beberapa bulan ini. Awal-nya mungkin agak nggak terima, kenapa harus seperti ini? Aku lagi mencintai dunia-ku, tapi ternyata aku melupakan dunia-Nya. Bisa jadi Allah cemburu, karena aku terlalu sibuk dengan hal-hal yang fana ini.

Setiap orang memiliki fase ter-rendah dalam hidupnya, fase di mana dia merasa kenapa Allah harus memberikan ujian seperti itu? aku sudah berjuang mati-matian, kenapa hasilnya nggak sesuai yang aku bayangkan? kenapa aku harus mengalami kegagalan? kenapa? kenapa? dan kenapa?

Setiap orang punya masalahnya masing-masing. Allah Maha Adil, kenapa? Setiap orang nggak diberikan masalah yang sama, karena Allah tahu kapasitas masing-masing hamba-Nya dalam menyelesaikan ‘ujian kenaikan kelas’. Jadi jangan berkecil hati dan berpikiran “Kenapa masalah-ku lebih besar dari dia? Kenapa dia lebih beruntung dariku?”. Ingat! Ketika masalahmu dibebankan pada orang lain, bisa saja orang lain itu nggak kuat dan apa yang terjadi?. Nah, Allah itu sayang sama kamu, makanya Dia yakin kamu bisa menyelesaikannya dengan baik dan rapi.

Lalu apa sih yang harus kamu lakukan? Kembali-lah kepada-Nya. Dia-lah yang menciptakan kamu, dialah yang meniupkan ruh pada jasad-mu saat ini. Dia rindu! Iya, Dia rindu, kamu berdoa di sepertiga malam. Dia rindu, kamu membaca sholawat dan istigfar setiap waktu. Dia rindu, kamu menangis dan curhat kepada-Nya. Obatnya? Sholat dan Baca Al-Quran. Selain kamu banyak dzikir, puasa, atau sedekah, dan yang lain-lainnya.

Tahun 2018 ini adalah tahun penuh rasa syukur. Aku pun banyak belajar untuk menerima setiap keadaan dan memasrahkan semuanya ketika aku sudah berjuang atau berusaha kepada-Nya. Tahun ini saatnya membuat diri menjadi bahagia dengan cara kita sendiri.

Quote-quote yang membangkitkan jiwa-ku agar selalu bersyukur :

Jiwa yang rapuh saat mengalami kegagalan lebih baik daripada jiwa kosong tanpa pernah mencoba.

Di belakang orang sukses terdapat sejumlah tahun yang dipenuhi kegagalan

Try not to become a person of success, but rather try to become a peson of value -Albert Einstein

Orang-orang sukses melakukan apa yang orang gagal tidak bersedia lakukan. Jangan berharap hal itu lebih mudah, berharap kamu melakukan hal baik -Jim Rohn

Tidak peduli seberapa lambat kamu pergi, asalkan kamu tidak berhenti -Konfusius

Saya menemukan bahwa semakin keras saya bekerja, semakin banyak tampaknya keberuntungan yang saya miliki -Thomas Jefferson

Sukses berjalan dari kegagalan ke kegagagalan tanpa kehilangan antusiasme – WInston Churchill

Tegakkan kepala ke atas, kamu akan termotivasi. Tundukkan kepala ke bawah, supaya kamu selalu bersyukur

Limitations live only in our minds. But if we use our imaginations, our possibilities become limitless -Jamie Paolinetti

Happiness is a butterfly, which when pursued, is always beyond your grasp, but which, if you will sit down quietly, may alight upon you – Nathaniel Hawthorne

Lihatlah kelebihanmu dan jangan acuhkan dirimu

***

Jadi apapun yang terjadi dalam hidupmu, janganlah berkecil hati, janganlah bersedih hati. Karena hidupmu sungguh berhaga bagi keluargamu dan orang-orang yang menyayangi dan peduli padamu. Janganlah kamu memandingkan dengan orang lain, karena Allah telah memberikan ujian yang berbeda tiap orang sesuai kadarnya. Kuncinya adalah bersyukur dan bersabar.

Lakukan hal yang kamu senangi, berkumpul-lah dengan orang-orang baik yang memberikan pengaruh positif, dan dekatkan dirimu dengan Allah. Aku pernah diposisimu, mengalami hal-hal yang tidak nyaman, tapi aku mau bangkit. Yuk, kamu juga bisa bangkit!

 

Salam Ceria,

Eksotisme Tersembunyi Bukit Cumbri Wonogiri

Pesona Bukit Cumbri Wonogiri sudah tak diragukan lagi. Kamu tak perlu berjalan jauh sampai puncak dan viola! pemandangan hamparan bukit hijau bisa seketika kamu nikmati.

Rindu dengan pesona wisata alam yang ada disekitar tempat tinggal, membuat diriku mencari tau tentang keberadaan Bukit Cumbri, Wonogiri. Ternyata lokasinya nggak begitu jauh dari rumahku (Madiun) sekitar 1,5 jam. Gimana pengalaman mendaki Bukit Cumbri dan keseruan apa yang aku temukan di sana?

Sejarah Bukit Cumbri

Kalo bercerita tentang sejarah Bukit Cumbri Wonogiripasti memiliki lebih dari satu versi. Salah satunya adalah konon bukit ini dihuni oleh burung besar yang diberi nama “Cok-Bri” Burung Beri ini sukanya memangsa hewan-hewan ternak dari penduduk desa sekitar. Karena penduduk desa kesal dan mencari cara untuk mengusir burung ini dengan menggunakan tikus-tikus.

Akhirnya Burung Beri ini nggak bisa terbang karena sayapnya digerogoti oleh tikus-tikus dari penduduk desa. Ketika si burung mencoba terbang, ia pun terjatuh dan mati di bukit ini. Sehingga bukit ini dijuluki Bukit Cumbri.

Tiket Masuk Bukit Cumbri

Tiket masuk hanya membayar biaya parkir

Warung persinggahan sebelum mendaki

Sesampainya di Bukit Cumbri, kita akan disambut oleh warung-warung makanan dan camilan. Jadi sebelum menanjak jangan lupa isi asupan gizi dulu ya. Uniknya lagi tiket masuknya hanya membayar parkir motor atau mobil saja. Tiket motor Rp 3.000 dan tiket mobil Rp 5.000.

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, ada mushola dan toilet. Selain itu ada tempat warung yang menjual makanan berat dan camilan. Tempat parkirnya juga rapi dan teduh.

Jalur Penanjakan Gunung Cumbri

Jalur Penanjakan dari pintu masuk

Pemandangan dari setengah perjalanan ke Bukit Cumbri

Gundukan Bukit menjadi pemandangan pendakian

Ada dua rute penanjakan yang bisa kamu pilih. Pertama rute Purwantoro, Wonogiri, jalurnya nggak menanjak tapi sedikit panjang dan memiliki beberapa camp area buat yang ingin nge-camp sambil menikmati bukit. Kedua rute Sampung, Ponorogo, jalurnya sedikit menanjak, ada pos untuk istirahat, dan pemandangan indah selama perjalanan. Rute kedua ini yang aku pilih.

Selain itu pintu pendakian di sini juga ada 3, yaitu pintu timur di desa Jatisari Wonogiri, pintu tengah di desa Sumber Wonogiri, dan pintu barat di desa Kepyar Ponorogo.

Pesona Gunung Cumbri yang Tak Boleh Terlewatkan

Penampakan Bukit Cumbri yang terkenal di instagram

Chocolate Hills versi di Indonesia

Awan putih dan langit biru menemani perjalananku

Nggak salah nih ketika milih berlibur ke Bukit Cumbri, pesona gunung dengan ketinggian 638 mdpl ini sungguh luar biasa. Pemandangan selama menanjak juga bikin semangat mencapai puncak. Bahkan kita bisa melihat pemandangan “Chocolate Hills” Filipina versi Indonesia di sini.

Karena aku memilih jalur pintu barat desa Kepyar Ponorogo, jalannya menanjak dan cukup menguras tenaga. Kadang kita harus merangkak ke atas melewati bebatuan dan bonus jalan landainya bisa kita hitung, hehehe. Cuman aku suka banget jalur ini karena pemandangannya terpampang jelas nyata apa adanya.

Dua Puncak di Bukit Cumbri, Pilih yang Mana?

Puncak Tertinggi di Bukit Cumbri Wonogiri

Puncak Fenomenal di Instagram

Ketika sudah sampai di atas, kamu akan disuguhkan dua puncak yang sama-sama menantang. Puncak sebelah kiri itu lebih pendek dari puncak yang kanan. Di puncak kiri adalah puncak yang sering diambil sebagai spot foto kece instagram. Pemandangannya “Chocolate Hills”-nya Wonogiri bisa kamu nikmati dari puncak sisi kiri.

Sedangkan puncak yang kanan adalah puncak tertinggi dengan tiang bendera merah putih di atasnya. Hanya saja aku hanya berani di puncak kiri (itu pun udah pake drama nangis-nangis takut ketiup angin). Kalau puncak kanan yang bikin ciut adalah melewati batu tinggi yang sampingnya langsung jurang. Mungkin karena pas ke sana siang hari, jadi batuannya ikut panas membara (alesan aja kamu, Bet, hehehe)

Jadilah Pendaki Bijak yang Selalu Menjaga Lingkungan

Jangan lupa buang lagi sampahmu ya, biar nggak jadi mantan

Menikmati angin gunung yang selalu menyejukkan

Nggak ada yang melarang kita untuk mendaki atau menikmati wisata alam. Tapi hal yang sangat dilarang dan merugikan adalah membuang sampah sembarangan dan vandalisme atau istilah kerennya orang yang coret-coret di batu, plang, atau papan. Nah, kegiatan ini tolong dibuang jauh-jauh ya, guys!

Ayo kita jadi pendaki atau pengunjung wisata yang bijak dan peduli lingkungan. Siapa lagi sih yang peduli sama lingkungan kita kalo bukan kita sendiri? Bayangkan, kita cuman bayar parkir yang nggak sampai 10ribu, trus kita sesuka hati buang sampah sembarangan atau nulis nama kamu dan pacarmu (yang belum tentu jadi belahan jiwamu dunia akhirat itu) di batu, batang pohon, tiang, atau papan informasi.

Apakah kamu tega menambah PR para penduduk desa yang hanya meminta tarif parkir tapi harus melakukan pekerjaan di atas harga yang ditawarkan ke kita? Yuk, kita mulai dari diri sendiri dulu 🙂

 

Salam ceria,

Sudahkah Bersyukur Hari Ini?

Sudahkah bersyukur hari ini?
Menatap hidup penuh rasa optimis
Menerima takdir yang sudah tergaris
Menyongsong masa depan dengan senyum manis

Apa yang kau keluhkan selama ini?
Hidup yang mengambang?
Harta yang selalu kurang?
Keluarga yang tak harmonis?
Percintaan yang membuat pesimis?
Apa yang kau keluhkann kini?

Apa keluhmu menjadi solusi masalahmu?
Apa ketakutanmu menjadi pondasi masalahmu?
Apa kekhawatiranmu menjadi selimut masalahmu?

Tuhan tlah menggariskan jalan hidupmu, apapun itu
Tuhan tlah menyiapkan cerita indah dalam hidupmu
Apakah kau mampu untuk bersabar menerima bingkisan cantik ini?
Apakah kau mampu untuk bersyukur pada setiap kejadian yang menghampiri?

Tiap manusia punya cerita masing-masing
Apa yang kau pusingkan?
Dia lebih bahagia? Dia lebih beruntung? Dia lebih dari segalanya?
Kau tau ujian apa yang dia terima?
Sampai membuat dirinya sekuat baja

Dan kini dirimu menerima ujian indah ini
Mampukah dirimu sabar?
Mamlukah dirimu bersyukur?
Hingga akhirnya kamu akan lebih bahagia

 

Madiun, 9 April 2018. Pukul 08.00

Rindu Gunung atau Rindu Kamu?

Waktu tak dapat diputar
Waktu tak dapat diulur
Berjalan tanpa rencana
Menjelma bagai gembala

Wahai Gunung, kau terpampang bagai kidung
Menyapa lembut disetiap sudut
Kicauan burung, deru serangga hutan berdendang
Aroma tanah, desiran angin membelah

Ingin ku kunci waktu saat ini
Biarlah aku menikmatinya hingga membeku
Ingin ku ulang setiap langkah
Biarlah aku merasakan segar air dari hulu

Penat yang memekat hilang bersama kabut
Gelisah yang membuncah menguap
Dan kau pun datang mengulur rasa yang tak terukur
Kau buat hati ini menderu sedan

Wahai Gunung, kau penghilang dahaga hati yang gersang
Kau biarkan dia menyemaikan rindu
Kau ajarkan dia menanam perhatian
Kau buat dia mengukir cerita bersamaku

Pada akhirnya, kini rindu yang menyisa
Hanya rindu yang terus menderu
Tanpa ada muara yang menjadi persinggahan
Apakah aku rindu gunung atau rindu kamu?

 

Madiun, 4 April 2018. Pukul 13.39

Serunya Belanja di Pasar Terapung Lok Baintan Banjar

Belanja di atas perahu kayu? Kamu bisa mencobanya di Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar Kalimantan Selatan. Berbelanja di atas sungai Martapura yang tenang dan lebar. Wah, sensasi mengayun-ayun itu yang bikin kangen.

Akhirnya dikasih kesempatan buat balik lagi ke Kalimantan Selatan karena terakhir ke Banjarmasin sekitar dua tahun lalu. Banyak yang berubah, tapi tata letak dan tempat Pasar Terapung Lok Baintan tetap sama, walaupun acil-acil (panggilan ibu di Banjar) nggak semeriah dulu. Menariknya, kita bisa belanja bahan makanan sambil mendayung dan mengayun-ayun di atas perahu kayu.

Letak Pasar Terapung Lok Baintan

Dermaga Pintu Masuk Pasar Terapung Lok Baintan

Hal yang utama adalah kamu harus tau posisi Pasar Terapung Lok Baintan itu dimana, karena banyak orang mengira lokasinya di Banjarmasin yang berlokasi di Muara Kuin atau Sungai Barito. Padahal posisinya adai di Desa Lok Baintan yang masuk Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Jadi kita agak melipir dari perkotaan dan memasuki desa yang masih asri dimana kanan kirinya rumah panggung di atas Sungai Martapura. Bahkan kamar mandinya masih di pinggir sungai lho. Kegiatan mereka mencuci dan mandi juga langsung di pinggir sungai.

Subuh Adalah Waktu yang Pas Untuk Belanja

Menyewa Perahu untuk Berbelanja

Siapkan diri kalian untuk bangun subuh-subuh. Karena pasar terapung mulai beroperasi sekitar pukul 6 pagi (WITA ya, kalo kalian tinggal di WIB sekitar pukul 5 pagi). Nah, waktu itu untungnya aku dan Tungky dan Nanda bisa bangun pagi dan cuuus langsung ke Banjar. Tapi sayangnya, cuaca lagi nggak bersahabat, karena musim penghujan jadi agak mendung-mendung syahdu. Jam operasional acil berjualan hingga pukul 8 pagi, abis itu udah deh berpencar ada yang pulang ke rumah ada yang berpindah tempat. Jadi jangan sampai kesiangan ya!

Sensasi Belanja di Pasar Terapung Lok Baintan

Akhirnya kesampaian juga belanja di atas perahu kayu mengarungi Sungai Martapura, Banjar. Bertemu para acil yang menjajakan makanan, mulai dari buah-buahan, camilan atau jajanan pasar, kerajinan tangan seperti mainan dari kayu atau topi khas Banjar yang aku pakai ini, hingga ikan asin. Tapi kebanyakan mereka jual hasil kebun dan ikan asin.

Menariknya lagi, aku jadi tau tradisi yang ada di Pasar Terapung Lok Baintan, yaitu kegiatan transaksi jual beli. Ketika aku memberikan uang, acil akan mengatakan “Dijual ya”, dan aku pun menjawab “Dibeli ya”. Seru banget deh, aku sampai menghafal dan mempraktekkan ketika membeli yang lainnya.

Mengarungi Sungai Martapura Naik Klotok

Ekspresi Girang Ketika Bisa Naik Klotok

Tungky dan Nanda yang setia menemani keliling Banjar

Biar makin menikmati budaya masyarakat Banjar, kamu harus cobain naik klotok atau perahu kayu. Nah, kemarin aku dan teman-teman sewa klotok sekitar Rp 100.000 dan bisa sepuasnya buat jalan-jalan keliling sungai Martapura. Tapi saat itu kami hanya menggunakan jasa paman-nya untuk berbelanja di atas perahu dan berkeliling sebentar karena harus mengejar destinasi wisata lainnya. Serunya adalah sungai Martapura ini kan luas ya, tapi ombaknya nggak terlalu tinggi, malah lebih tenang arusnya. Sesekali berombak jika ada perahu lewat saja.

Penampakan Jembatan Gantung Lok Baintan

Eksis dulu di Bibir Jembatan Lok Baintan Banjar

Berdiri di tengah jembatan gantung lumayan ngeri

Wow! Jembatan gantung ini nggak berubah sama sekali ketika dua tahun lalu menginjakkan kaki di sini. Makin kokoh dan banyak menyimpan kenangan tentunya. Selain itu kayu yang terkenal di Banjar adalah kayu ulin yang sangat kuat manfaatnya. Kayu ini juga sebagai pondasi untuk membuat rumah panggung di atas sungai Martapura. Kekuatan kayu ini nggak rapuh walau diterjang ombak sungai. Bahkan dibikin jembatan juga tetap kokoh.

Bedanya Pasar Terapung Lok Baintan dengan Siring Tendean Banjarmasin

Penampakan Pasar Terapung di Siring Tendean Banjarmasin

Para Acil Menjajakan Makanan dan Sayur Mayur

Nah, inilah alasan kenapa Pasar Terapung Lok Baintan itu nggak seramai dua tahun lalu, karena adanya peraturan baru dari pemerintah daerah yaitu pengalihan lokasi jualan yang diarahkan ke kota, yaitu Pasar Terapung di Siring Tendean, Banjarmasin. Menurutku esensi belanja di atas klotok jadi bergeser, karena di sini acil-acil jualannya dipinggir sungai nggak di atas klotok masing-masing.

Tapi memang harus realistis, ketika acil-acil memilih berjualan di Siring Tendean, penghasilan mereka lebih tinggi dibandingkan di Lok Baintan. Jadi kita sebagai wisatawan bisa memilih, apakah kamu ingin melihat budaya dari masyarakat Banjar? Maka datanglah ke Pasar Terapung Lok Baintan. Tetapi jika kamu ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari bisa mampir ke Pasar Terapung Siring Tendean.

Pengalaman tak terlupakan nih bisa belanja di atas klotok dan bercengkrama dengan penduduk asli Banjar, apalagi diajarin budaya bertransaksi yang merupakan hal baru bagiku. Ayooo teman-teman mampir ke Banjarmasin dan explore alam maupun budaya di sini. Dijamin bikin kangen!

 

Salam Ceria,

 

 

Persiapan Mudik Lebaran? Pesan Tiket Kereta Online Aja!

Udah beli tiket kereta mudik, kan? Jangan Panik! Kamu bisa cari tiket kereta online sekarang udah banyak yang jual, jadi nggak perlu antri panjang dan kehabisan.

Yeay! Ramadhan 2018 sebentar lagi, artinya siap-siap cari tiket kereta mudik nih. Pada mudik kemana nih? Share jawaban kalian dikolom komentar ya. Ternyata cari tiket kereta mudik itu, gampang-gampang susah dan kadang bikin emosi. Karena kita harus ngantri lama, atau kalo udah jauh-jauh ke stasiun ternyata tiketnya habis. Nah, biar nggak kehabisan tiket udah mulai hunting-hunting harga tiket dan menentukan tanggal mudiknya.

Sekarang kamu nggak perlu susah payah beli tiket manual, karena teknologi sudah berkembang pesat. Salah satunya tiket kereta online. Apa sih kelebihan dari beli tiket kereta online? Banyak banget!

Nggak Perlu Ngantri Panjang, Tinggal Klik Aja

Beli Tiket Kereta Online Nggak Perlu Antri Panjang (sumber : Pexels)

Ini yang membedakan beli tiket kereta online dengan beli tiket di counter stasiun. Nggak perlu buang-buang waktu dan kehabisan tenaga. Artinya kamu nggak perlu datang ke tempat pembelian tiket kereta dan antre berebut dengan penumpang lain, apalagi kalo ada yang nyerobot antrian.

Nggak cuman itu kamu juga harus merogoh kantong dengan harga lebih mahal kalo udah kepepet, jadi mau nggak mau beli dengan harga tertinggi. Kalau cari tiket kereta online, kamu tinggal buka hape kamu, klik aplikasi Tokopedia, dan cari tiket kereta mudik-mu. Kamu bisa pesan kapan aja dan dimana saja.

Pesta Diskon dan Promo Menggiurkan

Pesta Diskon dan Biaya Admin (sumber : Pixabay)

Selain hemat waktu dan tenagamu, pesan tiket kereta secara online juga banyak untungnya. Mulai dari penawaran promo cashback atau gratis biaya admin. Seru banget kan! Kelebihan lainnya lebih hemat biaya tentunya. Nggak ada tuh namanya calo godain kita dengan harga tiket yang melambung tinggi. Nggak cuman tiket kereta, kamu juga bisa pesan tiket event musik melalui online lho. Gimana? enak banget kan cuman modal hape, kamu bisa tinggal pilih mau beli tiket online sesuai kebutuhanmu.

Aman dari Resiko Tiket Kereta Hilang

Minim Resiko Bukti Tiket Hilang (sumber : Pixabay)

Aku tuh anaknya agak sedikit (iya…sedikit) sembrono alias suka lupa menaruh sesuatu, apalagi berhubungan sama kertas-kertas gitu. Nah, kalo beli tiket kereta secara konvensional biasanya dikasih bukti pembeli tiket atau tanda terima. Kalau beli bulan ini, yakin 2-3 bulan ke depan kertas bukti bayar tiket masih ada? :p Nah, dengan beli tiket kereta online bisa mengurangi resiko kehilangan, tinggal cek email atau buka aplikasinya secara online. Kalau ada yang mudah, ngapain cari yang susah? Iya, nggak? :p

Bebas Memilih Rute dan Kereta yang Nyaman Saat Mudik

Bebas Pilih Rute dan Kereta Mudik

Ketika kamu memilih membeli tiket secara online, artinya kamu punya banyak pilihan untuk memilih rute mudik, misalnya dari Bandung ke Madiun atau dari Jakarta ke Madiun. Lalu memilih armada kereta yang sesuai tujuan, misalnya Argo Wilis Bandung. Kalau kamu kehabisan tiket kereta dari Jakarta menuju daerah tempat tinggalmu, jangan bersedih, kamu bisa mencoba alternatif rute lain seperti lewat Bandung.

Jadi masih ragu buat cari tiket kereta mudik secara online? Jangan lupa pastikan kuota internet kamu penuh atau cari wi-fi yang super kencang. Pertarungan mencari tiket kereta mudik sudah dimulai.
Selamat hunting tiket kereta mudik!

Salam Ceria,

Blackbird Hotel Instagramable dan Hits di Bandung

Munculnya Blackbird Hotel membuat wisatawan penasaran untuk mencoba menginap di sini ketika berlibur di Bandung. Apa sih yang menarik di hotel ini?

Selamat pagi, Bandung! Sebelum ke Bandung sempat review beberapa hotel yang nyaman dan kece buat disinggahi dan pilihan itu jatuh pada Blackbird Hotel. Hotel ini termasuk baru, sekitar 8 bulan lalu dibangun. Tapi seperti magnet bisa menghipnotis wisatawan untuk singgah dan menginap di sini. Ada apa aja di Blackbird Hotel?

Lokasinya Strategis di Pinggir Jalan Sersan Bajuri

Hotel Instagramable di Bandung

Blackbird Hotel ini termasuk hotel yang mudah diakses, karena lokasinya ada di pinggir Jl. Sersan Bajuri No. 9 Cihideung, Parongpong, Bandung. Jadi kamu nggak perlu masuk gang atau nyari-nyari lagi. Dan dia sederatan jalurnya sama Maja House (karena Blackbird Hotel ini masih tergabung dalam grup yang sama).

Furniture dan Interior Kamar yang Homie Banget

Tampilan Kamar yang Homie Banget

Tampilan kamarnya keliatan simple, tapi ini nyaman banget! Nah, kesan homie ini yang menarik perhatianku untuk mampir menginap di sini. Interior dan furniture yang dipilih oleh Blackbird Hotel mampu menghipnotisku seperti kembali ke rumah. Dominasi furniture kayu di sini dengan aksesoris yang simple tapi multifungsi. Mulai dari bantalnya yang 2 itu sangat membantu aku karena kalo tidur harus pakai guling, hehehe. Bahan seprainya juga halus. Yang bikin seneng, ketika masuk kamar, aroma ruangannya wangi dan bikin rileks. Selain itu kebersihannya dijaga banget.

Mengusung Green House Bikin Nyaman dan Rileks

Halaman Blackbird Hotel yang Sejuk

Banyak taman yang bisa dijadikan buat bersantai

Nggak cuman interior dan furniture kamar yang bikin nyaman, halamannya pun dibikin rindang dan pemandangan hijau bertebaran di mana-mana. Ketika buka kamar, kita bisa melihat halaman rerumputan, kolam renang, dan cafe yang baru jadi (hiks, sayangnya waktu ke sana, cafenya lagi direnovasi). Hmmm… ini artinya wajib ke sini lagi nih, hehehe.

Pengalaman Seru Menginap di Blackbird Hotel

Seperti apa sih detil kamarnya dan fasilitas apa aja yang diberikan? Kamu bisa tonton video review-ku di atas ini ya. Oia yang membedakan Blackbird Hotel dengan hotel lainnya adalah kamu akan merasakan kesan seperti back to home dan bisa request untuk piyama lho. Jadi nggak perlu bawa baju banyak-banyak kalo mau nginep di sini.

Blackbird yang termasuk hotel baru ini punya 3 jenis kamar, yaitu small, medium, dan large. Interiornya dominan dengan sentuhan astetik, minimalis, dan modern. Hal ini yang membuat Blackbird hotel banyak diminati karena instagram-able banget. Harganya mulai dari Rp 600.000 per malam.

Asal Usul Nama BlackBird Dari Mana Sih?

BlackBird Terinspirasi Dari Judul Lagu The Beatles

Nah, aku penasaran nih, emang nama BlackBird Hotel itu terinspirasi dari mana sih? Ternyata, pemiliknya penyuka The Beatles dan mengambil nama hotel ini dari judul lagu band legendaris sepanjang masa ini. Keren juga ya!

Sandal dan Piyama Blackbird Hotel

Trus toiletries-nya juga lengkap, mulai dari sandal hotel yang nyaman karena terbuat dari bulu halus berwarna hitam, lalu seperangkat alat mandi dengan pouch nuansa kain daur ulang berwarna putih. Pokoknya dari sisi branding, Balckbird menang deh. Mereka bisa mengemas dengan apik dan unik.

Spot Yang Cocok Untuk Foto Instagram

Foto Ala Model di Tangga Kayu

Blackbird Pakai Typografi yang Unik untuk Arah Kamar

Sebelum pulang jangan lupa foto-foto dulu disekitar hotel ya. Karena banyak spot kece di sini. Mulai dari halaman depan, di cafe yang baru jadi bernama Sea Cosmo (next mau nyobain menu makanan di sini). Atau foto-foto lucu di depan kolam renang juga kece, tuh 😀

So…. dari semua pengalaman yang aku rasakan saat menginap di Blackbird Hotel, skor yang cocok buat hotel minimalis ini adalah 9.0 dari 10. Yeaaaay!

Nah, buat kalian yang udah pernah mampir atau penasaran, silakan tinggalkan jejak kalian dikolom komentar ya.

Blackbird Hotel
Jl. Terusan Sersan Bajuri No. 9 Cihideung, Parongpong, Bandung
Whatsapp : +62 895 3338 40622 | Email : fo@blackbird-hotel.com

 

Salam Ceria,