KE-EKSOTIS-AN BENTENG PENDEM “VAN DEN BOSCH” NGAWI

Mengisi liburan selama seminggu di rumah memang tidak-lah mudah. Apalagi kalo orang tua sibuk bekerja, adik sibuk kuliah, teman-teman pun mulai sibuk meniti karir dan rumah tangga baru. Jadinya kagak ada yang bisa diajak ngebolang bareng 😦 Ya walaupun seminggu nggak dihabiskan jalan-jalan melulu, pasti ada saatnya berkumpul bersama keluarga, ngobrol seru bareng temen atau hunting foto bareng adek yang narsis :p

Ya… menghabiskan cuti tahunan nih. Aku memilih liburan di rumah saja. Jadi jalan-jalannya yang deket-deket aja. Karena penasaran sama Benteng Pendem, yang mulai marak karena banyak digunakan untuk hunting foto prewedding atau foto-foto ala Kota Tua Jakarta.

Benteng Pendem itu termasuk wisata sejarah, karena kita bakal dihibur oleh bangunan bersejarah yang umurnya ngalahin umur kita sekarang dan bangunannya masih berdiri kokoh walaupun nggak 100% bagus. Lokasi Benteng Pendem ini di Kelurahan Pelem, Ngawi, Jawa Timur. Untuk tiket masuk cukup merogoh kocek 2000 – 3000. Murah kan? 

x

t

r

q

Cerita sedikit tentang asal usul benteng ini. Konon Benteng Pendem dibangun oleh gubernur Van Den Bosh tahun 1839 dengan memanfaatkan sungai Bengawan Solo (jadi kalo kita jalan agak kebelakang, kita akan menemukan bantaran kali). Tujuan dibangun Benteng Pendem untuk mengatasi serangan dna pengaruh kerajaan Mataram di Jogja.

Pertama kali masuk ke area ini, subhanallah, ternyata orang zaman dulu keren-keren lho, mereka bisa ngebangun benteng yang kokoh hingga ratusan tahun, tembok-tembok yang kuat dan bentuk benteng yang nyaris sempurna, walopun ada sebagian yang sudah ambruk dan dimakan rayap. Kalo gak kokoh mah, gak bakal dijadiin benteng kali ya? :p 

j

a Continue reading “KE-EKSOTIS-AN BENTENG PENDEM “VAN DEN BOSCH” NGAWI”

Indah Bebatuan dan Air Terjun Srambang Ngawi

Pagi itu cerah sekali. Yup… aku udah janjian sama temen SMA-ku, nama-nya Arum, dia juga lagi libur (udah kelar juga skripsinya, kalo aku? huaaaaa…. belum *langsung panik*) Awalnya aku main ke Kebun Teh Jamus, tapi karena nyampenya siang alhasil nggak jadi, takut item euy :p Nah, akhirnya tujuan hari itu adalah adventure ke Air Terjun Srambang – Ngawi, kenapa di situ? karena aku pengen mengeksplore air terjun lain yang ada di area dekat rumah, selain Air Terjun Tirtosari di Sarangan – Magetan.

Wow! Ini kedua kalinya aku jalan-jalan jauh bersama teman cewek, nggak ada cowok yang nemenin. Perjalanan cukup jauh karena kita pake acara nyasar-nyasar dulu, soalnya Arum udah lama nggak kesana, terakhir tiga tahun lalu. Hmm… yang pasti lupa-lupa ingat. hahaha… Aku sih nggak papa, sekalian itung-itung ngafalin jalan. Kurang lebih hampir 2 jam, kita sampai juga. Mungkin karena saat itu hari biasa dan kita sampainya pagi, di sana masih sepi dan baru ada 6 orang yang datang dan itu sepasang kekasih muda mudi. “Hahaha… jamanku SMA aku malah gak pernah main jauh-jauh, abis pulang sekolah kalo nggakikut ekstrakulikuler ya pulang ke rumah :p”, tandasku dalam hati.

Continue reading “Indah Bebatuan dan Air Terjun Srambang Ngawi”