Resolusi 2019-ku Adalah…

Nggak terasa tahun 2018 akan berakhir hari ini. Waktu berjalan terlalu cepat atau entah aku yang kurang menikmati setiap langkah pada tahun ini. Bisa jadi karena nggak ada target apa-apa dan mencoba hidup mengikuti arus.

Kurang greget? Iya banget, secara aku termasuk tipe yang suka pada perubahan dan pengembangan diri. Hehehe. Tapi ada kalanya itu menjadi menyenangkan, karena nggak ada yang di-plan, let it go aja, dan jadinya seru melihat segala kejutan yang diberikan Allah.

Target apa aja yang akan ku-capai di tahun 2019?

1# UMROH

Akhir tahun 2017 kemarin udah daftar umroh di salah satu travel umroh, tetapi mungkin belum rezeki kali ya. Karena agen-nya diringkus polisi karena ketahuan korupsi uang dari para konsumennya. Nah, semoga tahun 2019 ini dikasih kesempatan buat berkunjung ke Mekkah dan Madinah, menghaturkan rasa syukur dan memohon ampunan-Nya.

2# KARIR

Memutuskan untuk resign dari perusahaan unicorn di Jakarta dimana posisimu udah stabil itu perkara tidak mudah. Apalagi kamu bertahun-tahun membangun karir-mu di Jakarta lalu memutuskan pulang ke daerah supaya bisa lebih dekat dengan orang tuamu.

Tapi ternyata rezeki itu udah ada yang mengatur. Awalnya ada rasa takut kalo bakal jobless, karena lowongan kerja di daerah nggak sebanyak di kota. Mungkin inilah namanya ‘sudah diatur Sang Kuasa’, saat ini aku diberikan kesempatan untuk mengelola barbershop terbesar di Indonesia.

Mengembangkan bisnis pengelola jasa barbershop di Jogja, padahal 2 tahun lalu sempat bikin barbershop kecil-kecilan pas masih di Jakarta, eh sekarang dipertemukan lagi dengan bisnis ini. Semoga barokah. Aamiin.

#3 TRAVEL & CULINARY INFLUENCER

Bisa menginspirasi banyak orang adalah hobiku. Bercerita dan berbagi pengalaman melalui video maupun tulisan di blog, bahkan bisa memotivasi mereka adalah kepuasan tersendiri bagiku.

Tahun 2019 ini, ku ingin lebih banyak berbagi kebahagiaanku kepada lingkunganku. Lebih banyak travelling (mungkin tidak hanya untuk kesenangan pribadi, tapi aku ingin lebih mengenal budaya tempat yang aku kunjungi dan lebih banyak berinteraksi dengan masyarakatnya). Karena pengalaman adalah guru yang berharga.

#4 SILATURAHMI DENGAN KELUARGA DAN SAUDARA

Doa-ku ketika merantau jauh ke ibu kota adalah semoga suatu saat nanti bisa kembali ke daerah dan bisa dekat dengan keluarga maupun saudara kami. Ternyata hal ini dikabulkan dipertengahan tahun 2018. Saatnya menjalin silaturahmi lebih erat lagi. Karena keluarga adalah tempat kembalinya kamu dalam kondisi apapun tanpa ada judgement.

#5 KULIAH S2 KOMUNIKASI DI UGM

Bisa kuliah S2 Komunikasi di UGM dengan spesialisasi corporate communication. Supaya aku bisa membantu banyak untuk bisnis yang aku pegang sekarang. Selain itu inilah impian mamah-ku, ingin anaknya bisa kuliah dan lulus S2 (karena mamahku adalah seorang guru). Semoga impian mamah bisa tercapai di tahun 2019.

Nah, mulai hari ini mencoba menabung tiap bulan untuk biaya kuliahnya atau siapa tau ada yang baca tulisan ini dan mau jadi donatur untuk membiayai S2-ku. Aamiin.

#6 GAYA HIDUP SEHAT DAN MENDEKATKAN DIRI PADA SANG PENCIPTA

Ini adalah list paling tidak mudah dilakukan. Karena harus datang dari diri sendiri dan komitmen untuk membuat selalu konsisten itu yang susah. Hehehe. So, harus berjuang dan berbenah setiap waktu. Karena ini adalah pondasi untuk melatih dan membentuk kesehatan mental kita.

#7 SELF-LOVE

Berdamai dengan diri sendiri, mau memaafkan diri sendiri dan memahami bahwa diri kita adalah bukan makhluk sempurna. Pasti ada salahnya, pasti ada cacatnya, so… terima-lah. Dan ingat kebahagian itu terpancar dari dalam diri, kalau dari luar kamu akan lebih capek. Katanya sih ketika kamu bahagia, aura dalam dirimu akan terpancar dan membuat sekelilingmu lebih bahagia juga.

#8 HIDUP PENUH CINTA KASIH

Iya, hidup dipenuhi kasih sayang dan cinta!

Nggak muluk-muluk, tapi ingin tetap terus berkembang dan bisa memberikan manfaat bagi sekitar atau mungkin sekedar menginspirasi. Kalau kita punya mimpi, semakin kita sering mengucapkan dan memberitahu banyak orang, semakin banyak juga yang mendoakannya.

Salam semangat,

Tahun 2018 Penuh Rasa Syukur

Hidup akan terasa lebih ringan ketika kita selalu mengutamakan rasa syukur dalam kondisi apapun. Melihat sesuatu dengan hati tenang dan pikiran positif.

Sebulan lalu vacuum belum sempat (lebih tepatnya lupa mulu mau upload) tulisan di blog, padahal travelling jalan terus dan menemukan cerita seru yang bisa dibagikan di sini. Kali ini cuman ingin cerita tentang hal-hal yang berhubungan tentang kehidupan. Bahwa hidup itu penuh misteri, kita nggak tau setelah ini apa yang akan terjadi selanjutnya atau apa yang kita pikirkan jauh-jauh di masa lampau ternyata terjadi saat ini.

Tak hentinya aku berterima kasih pada Allah, karena Dia nggak pernah melupakan makhluk kecil seperti ini yang nggak ada apa-apa (bahkan aku yang mungkin yang selalu melupakan Dia, astagfirullahaladzim). Dia nggak ingin aku terlalu jauh dari-Nya sehingga banyak sekali kejadian indah yang aku lewati beberapa bulan ini. Awal-nya mungkin agak nggak terima, kenapa harus seperti ini? Aku lagi mencintai dunia-ku, tapi ternyata aku melupakan dunia-Nya. Bisa jadi Allah cemburu, karena aku terlalu sibuk dengan hal-hal yang fana ini.

Setiap orang memiliki fase ter-rendah dalam hidupnya, fase di mana dia merasa kenapa Allah harus memberikan ujian seperti itu? aku sudah berjuang mati-matian, kenapa hasilnya nggak sesuai yang aku bayangkan? kenapa aku harus mengalami kegagalan? kenapa? kenapa? dan kenapa?

Setiap orang punya masalahnya masing-masing. Allah Maha Adil, kenapa? Setiap orang nggak diberikan masalah yang sama, karena Allah tahu kapasitas masing-masing hamba-Nya dalam menyelesaikan ‘ujian kenaikan kelas’. Jadi jangan berkecil hati dan berpikiran “Kenapa masalah-ku lebih besar dari dia? Kenapa dia lebih beruntung dariku?”. Ingat! Ketika masalahmu dibebankan pada orang lain, bisa saja orang lain itu nggak kuat dan apa yang terjadi?. Nah, Allah itu sayang sama kamu, makanya Dia yakin kamu bisa menyelesaikannya dengan baik dan rapi.

Lalu apa sih yang harus kamu lakukan? Kembali-lah kepada-Nya. Dia-lah yang menciptakan kamu, dialah yang meniupkan ruh pada jasad-mu saat ini. Dia rindu! Iya, Dia rindu, kamu berdoa di sepertiga malam. Dia rindu, kamu membaca sholawat dan istigfar setiap waktu. Dia rindu, kamu menangis dan curhat kepada-Nya. Obatnya? Sholat dan Baca Al-Quran. Selain kamu banyak dzikir, puasa, atau sedekah, dan yang lain-lainnya.

Tahun 2018 ini adalah tahun penuh rasa syukur. Aku pun banyak belajar untuk menerima setiap keadaan dan memasrahkan semuanya ketika aku sudah berjuang atau berusaha kepada-Nya. Tahun ini saatnya membuat diri menjadi bahagia dengan cara kita sendiri.

Quote-quote yang membangkitkan jiwa-ku agar selalu bersyukur :

Jiwa yang rapuh saat mengalami kegagalan lebih baik daripada jiwa kosong tanpa pernah mencoba.

Di belakang orang sukses terdapat sejumlah tahun yang dipenuhi kegagalan

Try not to become a person of success, but rather try to become a peson of value -Albert Einstein

Orang-orang sukses melakukan apa yang orang gagal tidak bersedia lakukan. Jangan berharap hal itu lebih mudah, berharap kamu melakukan hal baik -Jim Rohn

Tidak peduli seberapa lambat kamu pergi, asalkan kamu tidak berhenti -Konfusius

Saya menemukan bahwa semakin keras saya bekerja, semakin banyak tampaknya keberuntungan yang saya miliki -Thomas Jefferson

Sukses berjalan dari kegagalan ke kegagagalan tanpa kehilangan antusiasme – WInston Churchill

Tegakkan kepala ke atas, kamu akan termotivasi. Tundukkan kepala ke bawah, supaya kamu selalu bersyukur

Limitations live only in our minds. But if we use our imaginations, our possibilities become limitless -Jamie Paolinetti

Happiness is a butterfly, which when pursued, is always beyond your grasp, but which, if you will sit down quietly, may alight upon you – Nathaniel Hawthorne

Lihatlah kelebihanmu dan jangan acuhkan dirimu

***

Jadi apapun yang terjadi dalam hidupmu, janganlah berkecil hati, janganlah bersedih hati. Karena hidupmu sungguh berhaga bagi keluargamu dan orang-orang yang menyayangi dan peduli padamu. Janganlah kamu memandingkan dengan orang lain, karena Allah telah memberikan ujian yang berbeda tiap orang sesuai kadarnya. Kuncinya adalah bersyukur dan bersabar.

Lakukan hal yang kamu senangi, berkumpul-lah dengan orang-orang baik yang memberikan pengaruh positif, dan dekatkan dirimu dengan Allah. Aku pernah diposisimu, mengalami hal-hal yang tidak nyaman, tapi aku mau bangkit. Yuk, kamu juga bisa bangkit!

 

Salam Ceria,

Kita Bisa Menjadi Apa Pun yang Kita Impikan

Keutuhan hidup kita tidak tergantung pada fakta apakah semua impiah kita menjadi kenyataan, tetapi lebih pada kebahagiaan yang kita rasakan dalam mengikuti impian-impian yang berbeda yang kita simpan dalam hati. Setiap hari memiliki suatu impian yang baru dan setiap hari ada suatu kesempatan untuk mewujudkan impian. – Deanna Beisser-

Colors_by_panic_tape

Kalimat-kalimat yang dilontarkan Deanna Beisser memberikan inspirasi untukku supaya tetap mempertahankan impian-impian yang memenuhi kehidupanku. Kita harus terus bermimpi dan jangan pernah putus asa jika salah satu mimpi kita terlepas dari genggaman, karena masih banyak impian-impian yang lebih spektakuler yang menanti untuk kita raih. Jadi, jangan pernah sedih dan langsung down kalo faktanya impian kita jauh dari kita. Yang terpenting adalah PROSES, bagaimana kita mencapai impian kita, bagaimana perasaan kita saat menggapainya, rintangan seperti apa yang membuat kita bisa mendapatkannya. Itulah yang terpenting, bukan sesuatu yang instan.

Mari kita baca cuplikan lain yang ditulis oleh Deanne Beisser :

Setiap hari memiliki pagalanya sendiri dan tantangan uniknya sendiri. Tak satupun dari kita yang memiliki kekhawatiran atau tanggungjawab yang sama persis, karena kehidupan terbentuk di sekeliling setiap kata sebagai indvidu. Penting untuk diingat bahwa kita semua menciptakan dunia kita masing-masing. Siapa diri kita dan cara kita bertindak adalah bagaimana kita mengendalikan hidup kita. Ada banyak peluang yang tak ada habisnya bagi kita untuk berubah dan menata kembali momen-momen dari hari ke hari yang diberikan kepada kita. Tergantung masing-masing kita yang memutuskan jalan mana yang ingin kita tempuh, seberapa jauh atau seberapa cepat kita mau menjalani kehidupan ini adalah pilihan-pilihan yang harus ita temukan sendiri.

Yuppss…aku setuju banget, bahwa hidup itu adalah pilihan. Kita bisa memilih kog, memilih sebagai orang sukses atau orang gagal. Semua itu tergantung kita yang menjalani. Apa yang kita tanamkan pada pikiran kita selama ini?? Aku akan sukses, mensugestikan pada otak kita dan hasilnya kita bisa sukses. Maka sugestikanlah pikiran-pikiran positif dan yakinkalah bahwa kita bisa mencapai impian itu.