Mini Hollywood Indonesia Ada di Gamplong Studio Alam Jogja

Siapa bilang Jogja nggak punya studio alam yang bisa buat foto instagramable? Ada dong! Namanya Gamplong Studio Alam. Lokasi syuting-nya Mas Hanung Bramantyo ini jadi primadona wisata Jogja lho. Nggak percaya? Buktikan!

Selamat datang di Jogja! Cari tempat wisata yang anti-mainstream? Sekarang ada lokasi baru lho di Jogja, yang nggak kalah keren dari Malioboro. Namanya Gamplong Studio Alam, Jogja. Di sini dijamin kita bisa foto-foto sepuasnya dan banyak hal yang seru bisa di-explore.

Lokasi Gamplong Studio Alam Dimana Sih?

Walopun tempatnya bukan di pusat kota Jogja, seperti Keraton atau Taman Sari, lokasi Gamplong Studio Alam ini nggak jauh-jauh amat kok dari Tugu Jogja. Tinggal lurus aja ke arah Godean, trus belok kiri arah Moyudan. Nyampe deh di Dusun Gamplong.

Ketika aku sampai lokasi, kebetulan itu siang hari yang sangat terik. Awannya lagi biru-birunya, dan matahari lagi mentereng-menterengnya juga. Hahaha. Peluh mulai bercucuran, tapi nggak menyurutkan semangatku untuk mengelilingi tempat yang luasnya 2,5 hektar. Hmm, kapan ya bisa punya tanah seluas ini? Semoga one day. Aamiin!

Tiket Masuk Bayar Suka-Suka Lho!

Nah, serunya lagi. Di sini nggak dipungut biaya tiket masuk alias kamu bisa bayar suka-suka (cuman yang manusiawi ya). Ingat, untuk memelihara butuh biaya maintenance yang nggak murah. So, kita harus bantu dengan menyumbangkan sebagian uang jajan kita ya. Biasanya mulai dari Rp 5.000 ke atas. Trus biaya parkiranya sekitar Rp 3.000-an.

Kalo dari pintu masuk sebaiknya kamu ambil pintu sebelah kanan ya, daripada arah lurus yang melewati jembatan. Karena paling asyik explore tempat dulu sampai lelah dan puas. Betul kan!

Wow, Ternyata Lokasi Syuting Film-nya Mas Hanung Bramantyo!

Aku juga baru tau, ternyata asal muasal dari berdirinya Gamplong Studio Alam ini adalah lokasi syuting film-film jaman dulu atau kolosal dari Mas Hanung Bramantyo. Setelah selesai film ini, akhirnya dihibahkan ke masyarakat sekitar untuk dikelola sehingga menjadi desa wisata dan menambah pundi-pundi penghasilan mereka. Sungguh mulia sekali ya!

Lalu tempat syutingnya apa aja di sini? Banyak! Mulai dari film Sultan Agung, Ainun Habibie, sampai Bumi Manusia yang dibintangi sama Iqbal “Dilan”. Jadi penasaran diriku ingin menonton film yang terakhir ini.

Banyak Spot Instagramable di Gamplong Studio Alam

Pertama, aku menemukan spot pemukiman kumuh. Keren-nya adalah setingan lokasi bener-bener mirip. Bahkan aku bisa merasakan atmosfernya. Mulai dari gubuh yang cuman berlapis seng, pintu yang tirainya dari karung beras. Tempat duduk karatan dan lainnya.

Pemukiman kumuh ini juga lengkap dengan sungai butek alias isinya macem-macem selain sampah juga warna airnya yang hijau kekuning-kuningan. Lengkap dengan jamban pinggir sungai.

Ini adalah spot paling favoritku buat nge-vlog. Karena di sini aku jadi tau ternyata begini ya hidup di pemukiman kumuh. Benar-benar keraaad, guys! So, pastinya kita harus banyak-banyak bersyukur supaya ditambah nikmatinya oleh Allah. Setuju?

Melewati Lorong Mesin Waktu ke Kota Tempo Dulu

Setelah itu, aku menemukan spot nggak kalan bagus. Bahkan berasa seperti melewati lorong waktu, lho! Setelah keluar dari pemukiman kumuh, aku menemukan suasana seperti di jaman Mataram. Kedai-kedai jaman dulu banget yang masih pake kendi dari tanah liat. Bener-bener berasa lagi syuting film kolosal. Hehehe.

Bahkan aku dimanjakan oleh bangunan-bangunan yang nggak pernah aku bayangkan bisa dalam satu area. Inilah yang menjadi keunikan dari Gamplong Studio Alam. Mulai dari penginapan jaman dulu, lalu ada toko kue, ada toko minuman dengan sirup rasa jadul alias jaman dulu banget.

Biar kalian nggak penasaran, wajib menyimak video terbaru-ku di sini. Karena aku mengulas detil tiap sudutnya.

Gimana sudah nonton kan? Jangan lupa ya di-subscribe dulu. Karena subscribe GRATIS alias nggak bayar. Malah kamu bisa berkontribusi untuk anak bangsa satu ini membuat konten yang menarik. Hohoho.

Makin ke sini makin seru lagi lokasinya. Bahkan ada Toko Soerabaia (ejaan lama) dan kampung pecinan. Selain itu ada lokomotif yang saat itu nggak jalan. Biasanya beroperasi, sehingga pengunjung bisa muterin lokasi ini.

Pulangnya Isi Perut di Warung Gamplong Studio Alam

Setelah puas muterin tempat ini, bikin vlog sambil foto-foto, waktunya makan siang (iya, makan siangnya ngaret nih jadi makan sore). Lumayan bikin perut keroncongan. Lalu aku memasuki lokasi perumahan pedesaan. Iya mirip rumah nenek gitu. Bahkan ada tumbukan padi dan jagung. Komplit deh!

Di sini, aku memesan nasi sayur lodeh, tempe, dan ikan. Tak lupa segelas es jeruk segar dengan bulir-bulirnya yang menyehatkan. Endes! Menu makanannya bervariatif dan nggak bikin bosen.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di Gamplong Studio Alam, Jogja. Karena kamu bisa bernostalgia dengan kehidupan di tempo dulu, bahkan bisa nyobain makanan pedesaan.

Buat kalian yang lagi liburan ke jogja, wisata budaya yang satu ini bisa jadi pilihan seru mengisi liburanmu. Nggak bakal nyesel deh! Selain tiket masuknya murah meriah, kamu bisa nambah tuh koleksi foto instagram. Hohoho. Selamat liburan!

Salam Ceria,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.