Indahnya Perbukitan di atas Candi Borobudur

Liburan ke Magelang nggak komplit kalo belum ke Candi Borobudur. Candi Budha yang menjulang tinggi dan merupakan salah satu keajaiban dunia. Lokasinya strategis dan tak jauh dari kota Jogja. Seperti apa kini penampakan Candi Borobudur?

Candi Borobudur merupakan Candi Budha yang masuk dalam jajaran keajaiban dunia dan kita perlu lestarikan sebagai warisan budaya. Letaknya di kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang. Kalo dari pusat kota Jogja nggak terlalu jauh karena Borobudur terletak diperbatasan Jogja dan Magelang. So, nggak ada alasan buat nggak mampir ke sini.

Liburan kali ini spesial, karena dari dulu pengin banget bisa mampir ke Candi Borobudur. Karena terakhir ke sini waktu kecil, mungkin saat SD. Trus belum pernah ke sini-sini lagi sampai akhirnya bisa menginjak kaki setelah dewasa (ceileh).

Biasanya liburan kalo tujuannya ke candi nggak bakal dapet momen bagus atau hasil foto atau vlog yang sesuai. Mulai dari lupa bawa baterai kamera atau lupa bawa memory card. Tapi di sini, aku benar-benar menikmati setiap momen. Bisa jadi karena nggak terlalu ramai dan cuaca yang cerah.

Nggak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan yang disuguhkan oleh Candi Borobudur. Tapi kita juga bisa belajar sejarah tipis-tipis deh di sini. Karena setiap sudut banyak terukir relief yang bisa kita baca ceritanya.

Jadi relief-nya ini kalo ditelisik merupakan cerita tentang kehidupan zaman dinasti Syailendra yang menganut agama Budha. Dan usia bebatuan yang disusun berundak ini sekitar 100 tahun. Wow!

Konon katanya, Candi Borobudur ini punya 3 falsafah, yaitu Kamadhatu (keinginan), Rupadhatu (dunia berbentuk), dan Arupadhatu (dunia tak berbentuk).

Lanjutlah aku menuju bagian teratas. Iya, melewati setiap anak tangga ternyata emang bikin ngos-ngosan. Nah, kebetulan aku beli tiket masuk Candi Borobudur ini lewat Traveloka dan lagi promo. Jadi nggak perlu ngantri deh. Dari harganya emang beda dengan candi-candi lainnya ya, agak sedikit mahal, tetapi sesuai-lah dengan fasilitas yang ditawarkan dan kebersihannya.

Eits jangan lupa selalu bawa air mineral dan topi ya biar nggak kepanasan. Karena cukup menyengat panasnya kalo udah mengelilingi komplek candi-nya. Nah, sekarang kita lanjut lagi melihat stupa ciri khas Candi Borobudur. Siap-siap yaaaaa!

Kebetulan aku ke sini nggak terlalu ramai. Jadi seru banget bisa foto-foto sepuasnya dan buat vlog juga lebih menarik. Udah nonton vlog aku edisi Candi Borobudur, belum? Nah, sekarang nonton dulu ya sebelum lanjut ke cerita selanjutnya.

Sebenernya paling seru kalo ke sini lihat Sunrise, tapi harus reserve dulu dan harganya lumayan mahal. Mungkin buat turis lokal dan asing worth-it lah ya. Kalo aku mah bisa ke sini kapan aja, asal ada waktu lebih banyak explore-nya. Walaupun ke sini siang-siang terik, tetap senang kok, karena siang bisa ngelihat pemandangan bukit yang berjejer rapi mengelilingi Candi Borobudur.

Ketika aku sudah sampai ke puncak tertinggi, ada sekitar 72 stupa yang isinya patung Budha yang bisa kita intip dari celah-celah stupanya. Tetapi di sini ada stupa yang terbuka, jadi kita nggak bakal penasaran.

Nama Borobudur sendiri juga punya arti, lho. Boro artinya kuil atau candi. Sedangkan Budur artinya bukit. Jadi kalo diartikan candi di atas bukit. Benar saja, disisi tertentu, kita akan melihat perbukitan yang terhampr luas. Duduk dipinggir stupa sampil menikmati angin semilir dan hijaunya perbuktian. Syahdu.

Menikmati Candi dari ketinggian dengan keindahan yang tak terlukiskan dengan kata-kata? Candi Borobudur jawabannya. Saatnya pilih waktu terbaikmu untuk liburan ke Magelang dan nikmati sunrise atau sunset di sini. Selamat berlibur!

Salam Ceria,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.