Nuansa Artsy di Lorong Homestay Yogyakarta

Jogja, selain terkenal dengan wisata alam, juga keseniannya yang begitu kental. Tak hanya wisata budaya, bahkan penginapan yang wajib kamu cobain adalah Lorong Homestay. Se-artsy apa homestay-nya?

Buat kalian yang suka hal-hal tentang art, Lorong Homestay bisa jadi pilihan tepat untuk menginap. Biar nggak penasaran seperti apa penampakannya, kamu bisa nonton pengalamanku menginap di Lorong Homestay dan klik video di bawah ini ya.

Gimana jadi makin penasaran kah? Iya, dong!

Lokasi Lorong Homestay Jogja

Lorong Homestay itu letaknya di Jl. Nitiprayan, Kec. Kasihan, Bantul Yogyakarta. Lokasinya juga nggak jauh dari pusat kota atau Stasiun Tugu. Kamu juga bisa pesan ojek online untuk menuju lokasi penginapannya.

Kalo dari depan belum kelihatan bangunan artsy-nya, karena di bagian depan diisi oleh coffee shop. Selain itu juga ada Art Gallery-nya (kalo kamu beruntung bisa melihat pameran seninya lho).

Omah Ngarep lan Omah Mburi

Konsep Lorong homestay ini juga menarik. Ketika kita menapaki jalan setapak, berasa banget seperti lagi main ke rumah nenek. Penginapan ini terdiri dari dua bangunan utama, yaitu Omah Ngarep yang terdiri dari 2 kamar. Lalu Omah Mburi terdiri dari 4 kamar. Tiap kamar juga punya interior yang berbeda-beda dengan penamaan tokoh Pewayangan Jawa.

Fasilitas Lorong Homestay

Harga yang ditawarkan untuk menginap per malam adalah Rp 350.000. Ini tidak termasuk breakfast ya. Tapi di sini disediakan dapur bersama (ada kompor, kulkas dan alat masak). Jadi kamu bisa bawa bahan masakan dan masak sendiri, tapi kalo males, bisa bawa mie instan deh. Hehehe.

Selain itu juga ada ruang tamu untuk ngobrol-ngobrol. Kebanyakan yang nginep di sini itu bule-bule atau pertukaran pelajar atau seniman dari luar kota bahkan luar negri. Waktu nginep di sini bahkan ada mahasiswa BIPA yang ngekos di sini dong. Berapa tuh kalo per bulan? Hehehe.

Review Menginap di Kamar Petruk

Yup, aku bakal cerita keseruanku nginep di Kamar Petruk. Dan kebetulan memang yang tersisa cuman kamar ini, dan kebetulan juga kamar ini view-nya bagus dan banyak sudut yang bisa dijadikan mencari ide-ide brilian.

Kamar Petruk ini ada di Omah Mburi dan di lantai 2. Ketika aku menaiki tangga, letaknya ada di sisi kiri. Penampakannya benar-benar klasik banget! Mulai dari pintu kayu dengan tembok batu bata. Lalu perpaduan antara jendela kaca dan jendela tua jaman dulu yang dimodifikasi begitu apik.

Ketika membuka pintu, langsung terpampang nyata kasur yang nyaman dengan seprei perpaduan kain polos dan motif lurik coklat. Ulalala, benar-benar mengingatkan rumah nenek banget. Selain itu juga motif gordennya simple tapi kesan jadulnya berasa banget.

Interior kamarnya juga sederhana. Ada kasur, meja dan kursi. Oia, di sini nggak pakai AC ya, tapi kipas angin. Tempatnya dingin kalo malem. Bahkan kipas anginnya juga udah dingin kalo dinyalain.

Kamar mandi-nya udah modern kok, jadi tenang aja. Nggak perlu nimba air di sumur. Hehehe. Perpaduan antara kamar mandi modern dengan ornamen klasik yang menyatu. Di sini juga ada air panas-nya lho. Jadi nggak perlu khawatir kedinginan kalo mandi pagi.

Ini adalah spot favoritku di sini. Ada balkon dengan meja kecil dan kursi rotan (iya, kursi ingin mengingatkanku kursi favoritku kalo lagi main ke rumah nenek). Bener-bener nostalgia nginep di sini.

Pagi-pagi buka jendela kamar, langsung bisa ngelihat kebun dan sawah, lalu duduk di kursi ini sambil menyeduh mie instan sambil membaca buku. Nikmatnya!

Spot Instagramable di Lorong Homestay

Anak millenial mah pasti pada paham, foto adalah segalanya. Hahaha! Apalagi sebagai content creator, foto itu menambah nilai jual tulisanmu.

Dimana kamu bisa foto asik?

Yup! Pertama ada di depan pintu klasik tiap kamar. Karena beda-beda warnanya. Trus yang kedua foto di koridor kamar dengan nuansa nature, apalagi kemarin bunga-bunganya lagi mekar. Ulalalala.

Nah, buat kalian yang pengen ‘me time‘ atau solo travelling ke Jogja, bisa cobain nginep di Lorong Homestay lho. Nggak terlalu bising di sini, dan kamu bakal menikmati nuansa alam dan pedesaan di sini.

Info lebih lanjut :

Lorong Homestay Yogyakarta
Jl. Nitiprayan RT 1, Kasihan, Bantul
Email : loronghomestay@gmail.com
RSVP : +62 813 2923 9869

Salam Ceria,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.