Eksotisme Tersembunyi Bukit Cumbri Wonogiri

Pesona Bukit Cumbri Wonogiri sudah tak diragukan lagi. Kamu tak perlu berjalan jauh sampai puncak dan viola! pemandangan hamparan bukit hijau bisa seketika kamu nikmati.

Rindu dengan pesona wisata alam yang ada disekitar tempat tinggal, membuat diriku mencari tau tentang keberadaan Bukit Cumbri, Wonogiri. Ternyata lokasinya nggak begitu jauh dari rumahku (Madiun) sekitar 1,5 jam. Gimana pengalaman mendaki Bukit Cumbri dan keseruan apa yang aku temukan di sana?

Sejarah Bukit Cumbri

Kalo bercerita tentang sejarah Bukit Cumbri Wonogiripasti memiliki lebih dari satu versi. Salah satunya adalah konon bukit ini dihuni oleh burung besar yang diberi nama “Cok-Bri” Burung Beri ini sukanya memangsa hewan-hewan ternak dari penduduk desa sekitar. Karena penduduk desa kesal dan mencari cara untuk mengusir burung ini dengan menggunakan tikus-tikus.

Akhirnya Burung Beri ini nggak bisa terbang karena sayapnya digerogoti oleh tikus-tikus dari penduduk desa. Ketika si burung mencoba terbang, ia pun terjatuh dan mati di bukit ini. Sehingga bukit ini dijuluki Bukit Cumbri.

Tiket Masuk Bukit Cumbri

Tiket masuk hanya membayar biaya parkir
Warung persinggahan sebelum mendaki

Sesampainya di Bukit Cumbri, kita akan disambut oleh warung-warung makanan dan camilan. Jadi sebelum menanjak jangan lupa isi asupan gizi dulu ya. Uniknya lagi tiket masuknya hanya membayar parkir motor atau mobil saja. Tiket motor Rp 3.000 dan tiket mobil Rp 5.000.

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup lengkap, ada mushola dan toilet. Selain itu ada tempat warung yang menjual makanan berat dan camilan. Tempat parkirnya juga rapi dan teduh.

Jalur Penanjakan Gunung Cumbri

Jalur Penanjakan dari pintu masuk
Pemandangan dari setengah perjalanan ke Bukit Cumbri
Gundukan Bukit menjadi pemandangan pendakian

Ada dua rute penanjakan yang bisa kamu pilih. Pertama rute Purwantoro, Wonogiri, jalurnya nggak menanjak tapi sedikit panjang dan memiliki beberapa camp area buat yang ingin nge-camp sambil menikmati bukit. Kedua rute Sampung, Ponorogo, jalurnya sedikit menanjak, ada pos untuk istirahat, dan pemandangan indah selama perjalanan. Rute kedua ini yang aku pilih.

Selain itu pintu pendakian di sini juga ada 3, yaitu pintu timur di desa Jatisari Wonogiri, pintu tengah di desa Sumber Wonogiri, dan pintu barat di desa Kepyar Ponorogo.

Pesona Gunung Cumbri yang Tak Boleh Terlewatkan

Penampakan Bukit Cumbri yang terkenal di instagram
Chocolate Hills versi di Indonesia
Awan putih dan langit biru menemani perjalananku

Nggak salah nih ketika milih berlibur ke Bukit Cumbri, pesona gunung dengan ketinggian 638 mdpl ini sungguh luar biasa. Pemandangan selama menanjak juga bikin semangat mencapai puncak. Bahkan kita bisa melihat pemandangan “Chocolate Hills” Filipina versi Indonesia di sini.

Karena aku memilih jalur pintu barat desa Kepyar Ponorogo, jalannya menanjak dan cukup menguras tenaga. Kadang kita harus merangkak ke atas melewati bebatuan dan bonus jalan landainya bisa kita hitung, hehehe. Cuman aku suka banget jalur ini karena pemandangannya terpampang jelas nyata apa adanya.

Dua Puncak di Bukit Cumbri, Pilih yang Mana?

Puncak Tertinggi di Bukit Cumbri Wonogiri
Puncak Fenomenal di Instagram

Ketika sudah sampai di atas, kamu akan disuguhkan dua puncak yang sama-sama menantang. Puncak sebelah kiri itu lebih pendek dari puncak yang kanan. Di puncak kiri adalah puncak yang sering diambil sebagai spot foto kece instagram. Pemandangannya “Chocolate Hills”-nya Wonogiri bisa kamu nikmati dari puncak sisi kiri.

Sedangkan puncak yang kanan adalah puncak tertinggi dengan tiang bendera merah putih di atasnya. Hanya saja aku hanya berani di puncak kiri (itu pun udah pake drama nangis-nangis takut ketiup angin). Kalau puncak kanan yang bikin ciut adalah melewati batu tinggi yang sampingnya langsung jurang. Mungkin karena pas ke sana siang hari, jadi batuannya ikut panas membara (alesan aja kamu, Bet, hehehe)

Jadilah Pendaki Bijak yang Selalu Menjaga Lingkungan

Jangan lupa buang lagi sampahmu ya, biar nggak jadi mantan
Menikmati angin gunung yang selalu menyejukkan

Nggak ada yang melarang kita untuk mendaki atau menikmati wisata alam. Tapi hal yang sangat dilarang dan merugikan adalah membuang sampah sembarangan dan vandalisme atau istilah kerennya orang yang coret-coret di batu, plang, atau papan. Nah, kegiatan ini tolong dibuang jauh-jauh ya, guys!

Ayo kita jadi pendaki atau pengunjung wisata yang bijak dan peduli lingkungan. Siapa lagi sih yang peduli sama lingkungan kita kalo bukan kita sendiri? Bayangkan, kita cuman bayar parkir yang nggak sampai 10ribu, trus kita sesuka hati buang sampah sembarangan atau nulis nama kamu dan pacarmu (yang belum tentu jadi belahan jiwamu dunia akhirat itu) di batu, batang pohon, tiang, atau papan informasi.

Apakah kamu tega menambah PR para penduduk desa yang hanya meminta tarif parkir tapi harus melakukan pekerjaan di atas harga yang ditawarkan ke kita? Yuk, kita mulai dari diri sendiri dulu 🙂

 

Salam ceria,

Advertisements

7 thoughts on “Eksotisme Tersembunyi Bukit Cumbri Wonogiri

  1. Wahh pemandangannya bagus banget dari bukit cumbri ini..

    enaknya gak usah nanjak lama buat dapat pemandangan seperti ini ya..

    Keren dah

    Like

  2. Melihat pemandangan dari atas gunung ato puncak gini, selalu aja bikin aku suka. Dari dulu aku memang lbh seneng wisata ke daerah gunung daripada pantai. Tempat2 yg tinggi slalu lbh indah dilihat soalnya :D. Itu kalo diliat dari foto , kyknya susah bgt ya mba mendaki bukit batunya itu. Harus aku coba sih sepertinya 😀

    Like

  3. Foto pemandangannya bagus deh .. Nggak terlalu tinggi juga , kayaknya buat yang jarang olahraga masih kuat deh buat naik 😀

    kalo udah kayak gitu tinggal yang main bisa tetep ngejaga tangannya biar nggak pada usil ngerusak ya …

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.