Pengalaman Pasang Behel di Dokter Gigi

Siapa bilang pasang behel itu buat gaya-gayaan? Ternyata pasang behel gigi itu bisa membuat gigi dan mulut lebih sehat lho!

Dari kecil memang udah nggak asing sama dokter gigi, kenapa? Karena dari kecil selalu langganan ke dokter gigi buat cabut gigi atau tambal gigi karena gigi berlubang. Dan selalu dapet dokter gigi cowok dan tambah semangat kalau dapet dokter gigi ganteng, hehehe. 8 bulan lalu aku pun memutuskan untuk pasang behel. What!?! Iya behel…. dan nggak pernah sekalipun kepikiran mau pasang.

Diskusikan Dulu Sebelum Pasang Behel

Om Robert, Tante Mince, dan Mba Perawat Gigiku

Sebelum pasang behel, pastikan kamu berdiskusi dulu dengan dokter gigi yang kamu percaya untuk merawat gigimu. Ya, kalau gigi kita ternyata bagus dan nggak kenapa-kenapa mendingan nggak usah dibehel. Jadi kenapa aku memutuskan behel-an? Karena gigiku berantakan, bahkan gigi geraham ada yang miring karena gigi depan-nya udah nggak ada. Selain itu karena gigi yang maju mundur bikin sisa makanan nyelip dan itu kadang yang bikin gigi berlubang.

Setelah diskusi, dokter gigi akan menyarankan kamu untuk rotgen gigi panoramic, beliau akan memberikan surat pengantar ke rumah sakit atau kalau aku ke Parahita Diagnostic Center. Selanjutnya kita kembali deh ke dokter gigi kita. Aku memilih Dr. Robert Halim, yang biasa aku panggil Om Robert, untuk merawat gigiku mulai dari penambalan gigi berlubang yang nggak sama sekali dan beliau sangat sabar dan suka becanda, hehehe. Serunya lagi, kalau setiap kontrol, selalu ditemani Tante Mince (istrinya Om Robert). Mereka bedua so-sweet banget deh, baru aku menemukan dokter gigi yang seromantis mereka.

Pilih Behel atau Bracket yang Kamu Mau

Pilihan Jatuh Pada Damon System Bracket

Oke, karena sempat takut mau pasang behel. Akhirnya tanya temen-temen yang udah pengalaman dan rata-rata emang bilang bakal ngilu dan bikin kurus! hahaha. Dan setelah merasakan selama 8 bulan berjalan, emang bikin kurus, tadinya beratku 55 kg jadi 45 kg dong! Balik lagi ke pilihan behel yang kamu mau, ini bisa didiskusikan sebelum pemasangan sehingga kamu tau berapa besar biaya yang bakal kamu siapkan.

Ternyata banyak banget tipe bracket atau behel ini. Ada metal bracket, ini behel paling banyak dipakai orang dan biasanya tiap bulan harus kontrol buat ganti karet. Jadi kamu bisa pilih karet warna warni kesukaan kamu. Cuman kalo yang ini, beuuh…. ngilunya atas bawah, cyin. Trus sodaraku yang paket metal braket ini, suka ketelen karet-karet warna warninya. Ada juga transparant bracket, behel transparan yang nggak bakal kelihatan dan terbuat dari ceramic atau saphhire. Kalo behel ini cocok buat gigi-gigi yang udah rapi karena kekuatannya dibawah metal bracket.

Lalu yang paling canggih teknologinya, namanya damon bracket (self-ligating). Damon bracket ini nggak sakit sama sekali, nggak ngilu. Ya cuman penyesuaian aja di mulut karena ada sesuatu yang bikin bibir jadi monyong dan benda yang menggesek sehingga membuat sariawan (kayaknya ini semua jenis behel ya). Serunya lagi behel ini lebih kuat karena ada penguncinya, jadi nggak perlu pakai karet yang suka copot-copot. Dan perubahannya lebih cepat dibandingkan behel yang lain. Karena gigiku emang butuh perawatan ekstra, akhirnya aku memilih behel damon. Untuk kisaran harganya sekitar Rp 10.000.000 +++ (pemasangan gigi atas dan bawah). Foto di atas, baru 2 minggu yang lalu, gigi atas ditambahin karet buat merekatkan gigi, jadi ditambahkan karet memanjang seperti itu berwarna biru.

Bagian Paling Seru adalah Cetak Gigi Palsu

Gigi Tampak Depan. Gigi Kelinci Kurang Rapi dan Geser

Nih yang bikin gigi kayak mau runtuh rahangnya ini pas lagi ngelepas cetakan gigi palsu. Hahaha, rasanya semriwing deh. Sebelum lanjut proses pemangan behel, Om Robert bakal nyetak gigi palsuku dan biar ketauan ini lho bentuk asli gigiku.

Pertama, gigi depanku, terutama gigi kelinci itu nggak rata, jadi ada yang maju dan menimpa gigi sampingnya. Karena nggak rata jadi suka bikin gigi berlubang. Selain itu, gigi yang sehat dan rapi itu diambil garis lurus dari hidung, antara gigi kelinci harus pas, kalau gigiku nggak lurus jadi agak bergeser. Ini yang harus diperbaiki lewat pemakaian behel.

Gigi Samping Atas Berantakan Kekanan Kiri
Gigi Samping Ini Lumayan Rapi

Kenapa Pilih Dental Clinic by Drg. Robert Halim?

Ruangannya Bersih dan Alatnya Canggih

Awalnya tanya temen kantor lama, dokter gigi dekat kantor dimana? Karena sebelumnya aku ngantor di daerah Kemang dan cari yang deket di daerah Pasar Minggu. Lalu direkomendasikan Dental Clinic Drg. Robert Halim. Pas sekali dateng ternyata cocok dan memilih Om Robert untuk membantu proses pemasangan dan perawatan behel-ku.

Ruangan dokter gigi-nya homie banget, bahkan nggak ngerasa ngeri. Bahkan pas dipasang behelnya aku sempat tidur, huehehehe. Apalagi asisten Om Robert juga sigap, aku suka sekali perawatan mereka. Nggak cuman itu, Tante Mince juga membantu buat ngatur jadwal kontrol behelku secara fleksibel. Jadi kalau kamu mau pasang behel atau sekedar merawat gigimu bisa mampir ke sini atau bisa WA untuk tanya jadwal di 0816-798-727. Patokannya adalah belakang Masjid Al- Ikhlas Jatipadang yang arah mau ke TB Simatupang.

Pasang Behel Berarti Harus Komitmen dan Konsisten

Konsisten Buat Kontrol Behel

Ketika kamu memutuskan untuk pasang bracket atau behel, pastikan kamu harus siap untuk berkomitmen dan konsisten menjaga kelangsungan behel digigimu. Kenapa? Karena kita harus kontrol setiap bulan untuk memastikan gigi kita berubah secara benar, atau tiba-tiba kawat putus, karet lepas, dan lain-lain. Selain itu harus konsisten menjaga kebersihan gigi 2x lebih ekstra peduli setelah pakai behel. Kenapa? karena akan lebih sering sisa makanan nyangkut dan butuh kesabaran saat sikat giginya.

Gimana siap kan mau pasang behel? Tapi pastikan kamu ke dokter gigi yang berpengalaman dan yang rajin kontrolnya ya. Semoga bisa membantu buat kamu yang galau mau pasang behel, hehehe.

 

 

Salam Ceria,

Advertisements

7 thoughts on “Pengalaman Pasang Behel di Dokter Gigi

  1. Pasang behel setelah ibu2 gini tetep bisa ngaruh bikin gigi rapi ya. Kmrn ada dokter yg nyaranin pakai behel juga, ada yg ga rapi gigiku taoi kok takut. Makan dah gabisa serampangan lagi ya πŸ˜‚πŸ˜‚

    Like

    1. Pemasangan behel bisa dilakukan disemua usia πŸ™‚
      Iya, kalo gigi rapi insyallah terhindar dari gigi bolong, tapi harus rajin menjaga dan merawat gigi dan mulut jg ya.
      Nggak bisa makannya paling 3 hari, paling lama seminggu hehehe.
      Tapi waktu itu laper, aku makan ayam mcD hehehe.

      Like

  2. saya memang ada rencana pasang behel, tapi ngeliat harga 10 juta, haaaaaaaa,, mahall banget mbak ee, tapi saya yakin kualitas ga akan bohong sih,

    gigi saya ada gingsulnya, yang kiri terlalu menonjol, yang kanan juga gingsul tapi ga terlalu, pengen nge rapiin juga, tapi saya nunggu hasilnya dulu deh dari mbak, gimana perkembangan rapi gigi nyaa

    Like

    1. Hehehe, buat budget nanti bisa disesuaikan, ada berbagai macam jenis behel.
      Saya pilih yang damon karena :
      1. Nggak tahan sakit gigi (karena terlalu sering sakit gigi, hehehehe)
      2. Giginya berantakan banget, jd kudu perawatan ekstra
      3. Anaknya nggak bisa diem, kalo pakai behel yg karet, sudah dapat dipastikan seminggu copot semua karet2nya hehehe

      Hehehe, siyaaap, kebetulan saya sekitar 2-3 tahun pemasangan nih πŸ˜€

      Like

    1. Sebenarnya harganya sekitar 14 juta, blm termasuk rotgen, scalling, dan beli sikat gigi dll-nya. Itu cuman pasang atas bawah aja mba. Sebenarnya behel banyak macamnya ada yang pakai karet itu lebih murah tergantung budget juga, hehehe.

      Like

      1. Thx banget mba gian, jadi punya referensi baru buat pasang behel😁 . Salam kenal ya . Sukses terus πŸ‘

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s