Liburan ke Pulau Pramuka Bikin Gak Mau Pulang

Pulau Pramuka bisa jadi destinasi liburan akhir pekanmu atau hanya one day trip juga bisa. Kamu bisa menikmati moment seru dan birunya laut di sana.

Siapa bilang ke Pulau Pramuka nggak bisa sehari PP? Nah, kamu bisa cobain akhir pekan nanti buat jalan-jalan keliling Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu, Jakarta. Apalagi kalo udah lelah sama yang namanya kerjaan nggak ada habisnya atau revisi skripsi dari dosen. Tapi bakal lebih puas kalo kamu nginep sih, sebenernya karena laut birunya Pulau Pramuka bikin nggak mau pulang.

Berangkat Pagi dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angka

Naik Kapal dari Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke

Saking semangatnya, aku dan 2 temanku berangkat jam 4 pagi dan tentunya kepagian sampai pelabuhan, hehehe. Sesampainya di sana, masih gelap dan sepi. Lalu kita sarapan dulu sambil nunggu konter penjualan tiket dibuka (oiya, bukanya jam 6 ya konter tiketnya). Untuk harga tiket Rp 50.000 ke Pulau Pramuka dan kami naik kapal K.M Albahiro. Kapalnya bersih dan nyaman. Saranku, kamu naiknya di atas aja, biar nggak mual dan bisa foto-foto lucu di atas kapal.

Kalau kamu memutuskan kayak aku, PP Pulau Pramuka – Jakarta, sebaiknya pas sampai lokasi langsung beli tiket pulang. Memang harganya lebih mahal sekitar Rp 100.000 karena naik speed boat menuju Pelabuhan Marina, Ancol. Tapi sebanding-lah dengan waktu tempuh dan fasilitasnya, nggak berasa ombaknya walaupun kenceng ya dan pakai AC lho. Waktu kepulangan pukul 14.30 WIB (jadi kita udah siap pukul 14.00 WIB). Jangan kaget, kalau pas nyampe langsung dikecengin sama mas-mas di sana nawarin tiket pulang atau penginepan.

Susur Bibir Pantai dan Manjakan Birunya Laut

Kapal Kayu Cocok Buat Feed Instagram

Saatnya jalan-jalan keliling Pantai di Pulau Pramuka. Hal yang terucap ketika sampai adalah ngucapin “Subhanallah”, gimana nggak, semua serba biru, cerah, dan memukau. Alhamdulilah pas ke sana dikasih cerah sama Allah, jadi benar-benar seperti lukisan Illahi. Lautnya kehijauan dengan terumbu karang dan ganggang laut yang terlihat kasat mata. Angin sepoi-sepoi menerpa jilbab dan wajah ini.

Birunya Nggak Nyantai Nih. Pengen Nyebur!

Karena niat awalnya memang cuman ‘One Day Trip at Pulau Pramuka’, jadi kami nggak bawa baju ganti. Lalu menyesal karena melihat birunya laut a.k.a pengen langsung nyebur. Hehehe. Ya udah kita keliling aja udah seneng banget kok, apalagi dapet foto-foto kece. Oia, jangan lupa bawa payung atau topi ya, biar muka nggak gosong dan sebelumnya pakai sunblock dulu. Trus yang lagi galau bisa juga nih, duduk di pinggir pantai sambil berendam kaki (tapi nunggu agak sorean aja).

Cobain Telur Gulung Ibu Iin. Enak Deh!

Telur Gulung Bu IIn Wajib Coba

Sesampainya di Pulau Pramuka, waktunya makan siang, tapi berhubung warungnya rame banget dan ada warung sepi tapi nasinya belum mateng, akhirnya kami bertiga jajan telur gulung Bu Iin. Kenapa aku merekomendasikan beliau? Karena telur gulungnya enak banget! Mungkin kalau yang lain bikin beginian lebih banyak airnya, kalau dia nggak takut rugi alias nggak pakai air murni telur. Makanya enak banget. Kalo mampir ke Pulau Pramuka jangan lupa beli di Bu Iin ya, guys!

Menjelajah Pulau Pakai Cano, Boleh Juga Tuh!

Kamu Bisa Sewa Cano Ini Lho

Buat kalian yang bisa main Cano, bisa juga sewa lho. Di sana juga menyewakan olahraga air yang satu ini. Tapi karena aku nggak bisa renang dan nggak bisa naik Cano, jadinya cuman difoto-foto aja. Kalau nggak salah sewa Canonya sekitar Rp 20.000.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan susur pulau kembali (ya, kami benar-benar mengelilingi pulau lho) bahkan melewati sisi lain Pulau Pramuka yang nggak pernah terbayangkan, yaitu tempat pembuangan sampah dan ketemu Kadal raksasa yang kalo lari suara hentakannya kenceng banget (bikin kami panik semua dan lari terbirit-birit). Kamu juga bisa mampir ke Penangkaran Penyu dan Satwa. Kabar gembiranya lagi, nanti Pulau Pramuka bakal ada jembatan keliling hutan bakau, tapi saat ini masih dibangun.

Pemandangan Dermaga di Pulau Pramuka

Spot Kece Buat Merenung di Pulau Pramuka

Spot Kece Buat Merenung

Sebelum pulang, kami menuju dermaga kayu yang bikin kamu tambah takjub sama Pulau Pramuka. Karena dermaga ini perbatana laut dangkal dan dalam. Coba lihat warna lautnya antara biru tua dengan biru muda kehijauan. Di sini angin dan ombaknya kencang sekali, jadi hati-hati ya. Trus di sini juga tempat orang nyobain snorkeling.

Sehari di sini seru banget apalagi kalau kamu punya waktu menginap pasti bakal lebih puas deh. Tapi kalau impulsif pengen refreshing kayak kami bisa cobain one day trip ala Beta. Hehe.

Salam Seru dari Kami Bertiga (Mira, Beta, Fadli)

Buat kamu yang masih penasaran kayak gimana Pulau Pramuka dan kegiatan kami ngapain aja di sana? Tonton juga yuk BetaVlog di sini. Jangan lupa SUBSCRIBE ya 🙂

 

Salam Ceria,

Advertisements

6 thoughts on “Liburan ke Pulau Pramuka Bikin Gak Mau Pulang

  1. duhhh kece banget deh pokoknya pengalaman kita main ke pulau pramuka, itu baru pulau pramuka lho .Masih banyak pulau-pulai lain yang gak kalah indah di kepulauan seribu… Terimaksih kak beta untuk waktu dan keseruanya kemarin. 😘😘😘

    Like

    1. Wahhh harus kabur nih, soalnya kamu bisa One Day Trip sih.
      Tapi sebaiknya nginep karena bakal nyesel karena nggak bisa explore lebih.
      Kemarin aja sbnrnya mau nginep karena nggak bawa baju dan udah beli tiket pulang akhirnya balik deh sorenya hehehe

      Like

  2. Seru yaah ceritanya. Coba main ke baubau deh ada banyak surga dunia disana. Emm, saya tebak kamu pasti ga tau dimana itu baubau wkwkwk. Kapan2 kalau sudah singgah dibaubau bisa main bareng hehehe

    Salam dari sang perantau 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.