Posted in Celoteh Pelangi, Jejak Pelangi, My Gallery, My Knowledge

Secuil Keindahan di Pasar Terapung Lok Baintan

Awalnya bermula dari pertemanan di Facebook bersama Septiana Pratiwi sejak 2010, dan baru bisa kopdar face to face tahun 2015 ini. Dek Tiwi ini tinggal di Kalimantan Selatan, Banjarmasin, dan kami berdua punya rencana sebelum dia pindah ke Balikpapan, aku bisa menyempatkan berkunjung ke rumahnya di Banjarmasin. Alhamdulilah rencana ini tidak sekedar wacana tetapi jadi kenyataan, horeeee!!!

Karena keimpulsifanku, akhirnya aku memesan tiket pesawat PP Jakarta – Banjarmasin. Kapan lagi coba bisa ke luar pulau Jawa, kalo nggak sekarang? Untungnya pas lagi libur panjang di bulan Mei 2015 kemarin. Berbekal nekat dan rasa menggelora untuk liburan akhirnya berangkat ke South Borneo 😀 Salah satu tempat yang ingin saya kunjungi adalah Pasar Terapung di Lok Baintan, itu lho yang terkenal di taglinenya RCTI, huehehe. Ternyata ibu yang jadi maskot RCTI itu sudah meninggal 😦

Jangan lupa, di Kalimantan kita masuk “Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA)” jadi lebih 1 jam dari WIB. Dan yang bikin jetlag adalah karena perbedaan waktu ini, jadi berasa di Kalsel itu lebih cepet. Hahaha. Oke, tujuan pagi ini adalah melihat pasar apung, tetapi sayangnya kita kesiangan, huahaha, biasa anak gadis bangunnya pada susah :p

IMG_20150515_053009

IMG_20150515_053228

Perjalanan menuju Lok Baintan cukup jauh dan ini pertama kalinya aku dibonceng melewati jalanan yang kayak jalan tol, soalnya sepi dan bebas hambatan, yang ada kanan kiri adalah rawa. Bayangkan rawaaa!!! dan kita nggak pernah tau siapa yang numpang nyebrang, bisa saja ular atau biawak. Untungnya kemarin perjalannya lancar dan seru banget!

IMG_20150515_060217

IMG_20150515_060320

Yah, udah pada bubar nih acil-acil (red. istilah panggilan seorang ibu, tante, bude) yang jualan di pasar apung dan sebenernya memang saat itu pas hari Jumat, jadi lebih sepi daripada weekend. Tapi seengaknya bisa merasakan suasana pasar apung secara nyata, nggak cuman di internet atau tayangan TV, hehehe :p

IMG_20150515_060243

IMG_20150515_061106

IMG_20150515_061122

Pasar Apung Lok Baintan adalah pasar terapung tradisional yang terletak disepanjang pesisir aliran sungai Martapura. Lalu kebanyakan yang dijual di sini adalah hasil kebun seperti buah dan sayur, tetapi juga ada yang jual ikan maupun kebutuhan sandang lainnya. Dan yang bikin takjub adalah mereka gampang banget mendayung dan lincah, ya karena udah biasa kali ya :p

Lalu kami ditawari untuk datang lagi oleh penduduk setempat saat weekend dengan menyewa klotok sekitar 300.000, tetapi karena aku hanya sampai Minggu dan Sabtu-nya ada acara mendaki ke bukit lintang, sepertinya belum berjodoh untuk kembali lagi kemari 🙂

Karena sudah sampai ke Jembatan Kayu Lok Baintan, nggak afdol rasanya kalo belum foto selfie di sini, hehehe :p

BeautyPlus_20150515104635_save

IMG_20150515_060908_1

IMG_20150515_061550_1

IMG_20150515_062602

Karena aku berkunjung hari Jumat dan sebagian anak-anak masih sekolah, seneng deh ngelihat mereka semangat sekolah. Melewati jembatan kayu dan udara segar di pagi hari tanpa bising kemacetan dan polusi, sungguh bahagianya mereka 🙂

IMG_20150515_063813

Setelah puas foto-foto di jembatan kayu Lok Baintan, akhirnya kita kembali menuju Jembatan Barito. Saat perjalanan pulang, ada yang menyita perhatianku, tentang budaya masyarakat di sini, rumah apung di atas sungai menggunakan kayu ulin, kayu khas Kalimantan yang kuat dan kokoh. Tiap rumah di sini punya 1 perahu, mungkin kalo di Jawa, tiap rumah punya mobil atau motor untuk kendaraan mereka.

IMG_20150515_062051

IMG_20150515_062112

IMG_20150515_064707

Percaya atau nggak, aku pengen banget foto di jamban. Hahaha!!! Tapi ternyata nggak ada jamban umum atau WC umum, dan tiap jamban punya tiap rumah, jadi harus minta ijin dulu, akhirnya cuman bisa foto jambannya aja deh :p

IMG_20150515_064717

IMG_20150515_064749

IMG_20150515_064825

 

Kehidupan yang menarik dan unik, mereka menggunakan transportasi klotok untuk melakukan aktivitas. Melewati sungai panjang di dalam perahu sendirian, duh kalo aku mungkin udah takut nyemplung duluan karena nggak bisa renang. Hihihi 😀 Tapi aku salut sama orang South Borneo, mereka keren karena selalu menyatu dengan alam.

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s