Posted in Celoteh Pelangi, My Gallery, Opini Sang Pelangi

Film “Haji Backpacker” Memanjakan Pemandangan Indah dan Spiritual

Sabtu, 4 Oktober 2014 sepulang kerja, awalnya pengen nonton film horror Annabelle, tetapi karena penuh dan udah jauh-jauh ke mall ini, akhirnya memutuskan memilih film yang keren lainnya dan jatuh pada judul “Haji Backpacker”. Katanya sih bagus dan sepakat menonton ini. Karena kita cewek-cewek, jadi ceritanya aku nonton sama temen kantor dan selama film diputar kayaknya yang paling heboh itu kita. Kenapa? Mungkin yang lain udah berkeluarga dan pacaran, kita yang heboh karena ngelihat aktingnya Abimana Aryastya yang cool dan charming banget.

haji backpacker

(ini ceritanya si aa foto di depan poster soalnya sekilas mirip kayak Abimana sih :p)

Selama nonton film ini, hal yang bikin aku terbengong-bengong takjub selain dari alur ceritanya adalah cinematography-nya a.k.a cara pengambilan gambar di film ini aku acungi jempol! Sebagai film tanah air, cinematography film Haji Backapacker ini udah bertaraf international. Apalagi pemainnya juga banyak di-challenge buat ngomong pake bahasa di luar bahasa ibu, ada bahasa thai, mandarin, hindi, arab, dan sebagainya dan terlihat natural. Itu oke banget!

Jadi… ceritanya adalah seorang tokoh utama laki-laki bernama Mada (yang diperanin sama Abimana) yang gagal dalam menemukan cintanya. Jleb banget sih, udah mau nikah tapi ceweknya kabur. Ketika dia yakin dan Allah sepertinya (mungkin kita terlalu GR) juga merestui pilihan kita untuk menikah dengan orang yang kita cintai tapi ternyata kenyataan berkata lain, di sinilah ujian kita. Ada seseorang yang akhirnya pasrah berserah diri atau malah berontak dan mengganggap Allah nggak sayang. Trus Mada memutuskan untuk jadi bagian yang mana nih? Yuk silakan tonton filmnya 🙂

Dari judulnya “Haji Backpacker” dari awal akhirnya udah kelihatan nih, o… si Mada bakal naik haji dengan ala backpacker. Tetapi nggak segampang itu, di film ini disajikan kisah-kisah menarik, kenapa dia pergi haji ala backpacker. Mulai dari dia yang memulai dunia gelapnya di Thailand lalu kabur ke Vietnam karena kena kasus di negara sebelumnya, trus nyasar ke Cina. Nah yang bikin kocak film ini, gimana cara dia nyasar ke Cina? Gara-gara dia tidur di dalam kardus, trus ke bawa ke Cina deh. Trus gimana dia ditemuin sama keluarga Cina Islam? Gara-gara kardusnya jatuh ke sawah dan ditemuin sama warga sekitar. Ihh.. nggak elit banget deh :p Nah adegan ini nih yang bikin ngakak bareng temen dan muncul asumsi, “Kamu mau ke Cina? Gampang! Masuk aja di dalam kardus!” Hehehe.

Nah, saat dia singgah di Cina, banyak banget ilmu spiritual yang aku dapatkan di sini. Kalimat yang masih terngiang-ngiah adalah “Kekecewaanmu terhadap takdir Tuhan adalah tanda kamu tidak mau diatur oleh-Nya”. Kata-kata simple tapi maknanya daleeemm banget! Dari sini si Mada mulai berpikir arti dari perjalanan dan mimpinya absurd. Lalu dia ke India buat menemukan jawaban atas mimpi absurdnya. Apa sih mimpinya? Nonton dong filmnya 😀

Dari India lalu dia akhirnya menemukan jawaban dari mimpinya dan dia mulai mengurai kekecewaannya dan punya satu tujuan buat ke Mekah, Arab Saudi. Perjalanannya ke Tibet, Nepal, lalu Iran digambarkan dengan scene singkat tapi cinematography-nya seakan-akan sudah beberapa jam kita menikmati keindangan view-nya. Ngapain dia ke Arab Saudi? Untuk bertemu makam bapaknya. Ya… bapaknya meninggal saat dia di Thailand, posisi lagi haji di Mekkah. Di sana, dia berdoa sama Allah, kalau Allah ngasih kesempatan buat bertemu bapaknya, Mada ingin mencium kaki bapaknya dan meminta maaf atas kesalahannya selama ini. Dan jreng… Allah mengambulkan. Karena di sana, nggak ada yang nggak mungkin bagi Allah. Nah, adegan ini yang sukses bikin aku nangis bombay.

Abis nonton film “Haji Backpacker” ini keinginan buat umroh dan haji akhirnya makin kuat. Ya Allah, pengen banget menginjak tanah suci Madinah dan Mekkah. Dari kisah yang dijabarkan di sini, akhirnya sadar juga kalo kita kecewa itu tandanya kita nggak mau diatur sama Allah, hiks… ampuni hamba-Mu ini, ya Allah :’)

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

3 thoughts on “Film “Haji Backpacker” Memanjakan Pemandangan Indah dan Spiritual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s