Bangun Lebih Pagi, Bangun Hidup Sehat

Tiba-tiba pengen posting tentang hobi baruku bangun pagi. Ya sekitar 2 bulan ini, aku mulai bangun pagi rutin dan berangkat kantor lebih pagi tentunya. Walaupun kerja di digital agency emang gak dituntut buat nyampe kantor pagi. Memang sangat nyaman kalo kita berangkat agak siang setelah orang-orang kantoran beradu di jalanan yang penuh sesak, macet, dan syarat polusi udara dan suara ini supaya cepat sampai ke kantor. Nah, kebanyakan di semua agency menerapkan masuk pukul 09.00 / 10.00/ 11.00 pagi. Tapi pastinya pulangnya juga lebih malam dari orang-orang kantoran pada umumnya.

Aku pun juga akhirnya mengikuti jam kerja seperti itu, abis subuhan tidur lagi, kalo lagi rajin ya beres-beres, tapi kebanyakan capeknya karena pulang malem trus lanjut molor lagi deh. Nah, itu berimbas bergesernya pola makanku. Biasanya ada breakfast, lunch, sekarang digabung jadi brunch. Tadinya makan 3x sehari, sekarang bisa 2x sehari. Belum lagi begadang ngerjain kerjaan yang belum kelar. Kalo dipikir-pikir, gak sehat banget hidupku. Alhasil, sering capek, tensi rendah, bahkan minus dan silinder nambah.

Dengan sangat amat mengubah mindset tersebut, akhirnya aku memberanikan menantang diri untuk mengubahnya, bangun lebih pagi jam 5 pagi, solat subuh, beres-beres, lalu mandi, sarapan (kalo gak sempat bekal) makan di kantor sarapannya. Kalo rajin, olahraga bentar 10menitan, kalo gak ya pas weekend jalan-jalan cantik di UI. Hal itu rutin aku lakukan selama 2 bulan berturut-turut dan alhamdulilah, yang tadinya gampang sakit, sekarang antibodiku kembali pulih. Pulang jam 6 teng, nyampe rumah jam 7/8an (tergantung kondisi jalanan). Ya, kantorku di Jakarta Selatan, tinggal dipinggiran Jakarta alias di Depok. Sesampainya di rumah, langsung tidur, nggak tau ngantuk banget pokoknya. Tadinya jam tidur bisa jam 11/12an sekarang jam 9/10 udah tewas duluan di kasur.

Jadi hikmah yang bisa dipetik dari perubahan pola hidup sehat adalah semua itu dimulai dari diri sendiri. Nggak perlu harus diingatkan orang lain, itu dimulai dari kesadaran diri. Yang nentuin kita sehat atau sakit sebenernya kita sendiri. Dari sini aku belajar memanage badan dan pikiranku, aku nggak pengen mati muda gara-gara pola hidup yang gak sehat diumurku yang masih dibawah 24 tahun ini. Perjalanan hidupku masih panjang, aku masih punya kesempatan mengukir karir maupun percintaanku.

Hidup Sehat? Yuk mulai bangun lebih pagi 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s