Filosofi Layang-Layang

Hai Kawan Pelangi?

Sore-sore mendung dingin gini pada sibuk ngapain nih? Aku pengen bagi-bagi kisah tentang filosofi layang-layang. Mungkin ada dari kalian yang sudah pernah mendengarnya. Aku mau share makna dibalik filosofi itu, siapa tau bermanfaat bagi kita yang sedang menjalin asmara, mempersiapkan pernikahan, yang sudah menikah, sampai yang sudah punya beberapa anak dan tumbuh dewasa. Terutama untuk para gadis.

***

large (7)

“Kau tahu, Puteriku sayang. Laki-laki adalah layang-layang dan perempuan adalah benang. Tanpa perempuan, laki-laki tak akan menjadi apa-apa. Di balik ketinggian (kesuksesan) laki-laki, ada kita (perempuan) dibaliknya. Puteriku, jadilah benang yang berkualitas terbaik. Buatlah layang-layangmu kelak terbang setinggi-tingginya. Karena setinggi apapun ia terbang, ia selalu terikat olehmu dan bergantung padamu. Jagalah dia agar tidak putus dan hilang arah. Ingatlah bahwa layang-layang selalu ingin terbang tinggi -Kurniawan Gunadi.”


***

Sepanggal kalimat ini simple, tapi maknanya dalem banget ya. Membaca sekilas kita jadi memahami hidup berpasang-pasangan itu seperti apa. Dari perumpamaan di atas, kita bisa menafsirkan sendiri arti yang sebenarnya. Kalau dari perspektifku adalah kita dilahirkan untuk berpasang-pasangan, saat kita menemukan jodoh kita yaitu pasangan yang kita pilih untuk menemani kita sepanjang hidup. Prinsip lelaki adalah dia ingin terbang tinggi, ingin sukses, ingin membanggakan pasangannya dan keluarganya. Nah, dibalik kesuksesan laki-laki ada kita sebagai pasangannnya yang terus mendukung, memberikan semangat, dan menjadi tempat kembali saat terpuruk dan berhasil.

Terkadang kita sebagai perempuan nggak sabaran, pengen ini itu, pengen instan hasilnya, harus sukses sekarang, atau apapun yang diinginkan harus dituruti saat itu juga. Kadang over protectif, posesif, curigaan, cemburuan, dan berprasangka buruk pada pasangan kita. Nah, supaya sifat-sifat buruk itu nggak terlalu berlebihan makanya kita harus jadi “benang berkualitas terbaik”, yaitu berupaya untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Berdamai dengan masa lalu, fokus pada masa depan. Punya visi dan misi yang sama terutama untuk menyempurnakan agama dan masuk surga berpegang teguh pada Al-Quran dan Hadist. Insyallah, setinggi apapun kesuksesan pasanganmu dia akan selalu setia, karena kamulah tempat kembalinya. Apapun rintangan dan halangan dari berbagai bentuk, karena doa dan dukungan kita, perempuan sebagai pasangannya, dia akan tetap selalu istiqomah.

Buat yang sedang menanti jodoh atau sedang memantaskan untuk jodohnya, selamat berjuang!

One thought on “Filosofi Layang-Layang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s