Posted in Jejak Pelangi, Opini Sang Pelangi

Pengalaman Operasi Gigi Geraham dan Gusi

Alhamdulilah masih bisa merasakan sakit. Katanya kalo kita sakit, tandanya Sang Pencipta masih sayang sama kita, insyaallah dosa-dosa kita berkurang dari rasa sakit itu. Aku mau cerita nih tentang pengalaman operasi gigi, gusi, dan dinding pipi di mulut. Owww… denger aja pasti serem, gimana ngerasain langsung dibedah-bedah mulut kita? Aaaarrghh… masih kebayang karena operasi itu masih seminggu yang lalu.

Awalnya gigi geraham yang kiri bawah sakit banget, baru numbuh di usia 22 tahun, numbuhnya gak normal, maju dan rapet sama dinding pipi, jadi kalo ngunyah daging pipi kegigit, nah itu juga harus dioperasi di ‘blerek’ dan dijahit. Oke… operasi pertama ada operasi gigi bungsu dan daging pipi yang diambil. Sebelum dokter kamu diagnosis, dokter yang benar adalah menyarankan untuk rontgen gigi terlebih dahulu, biar kita yakin gigi yang akan diambil atau yang bermasalah.

Pengalaman menyenangkan bersama dokter gigiku, entah dikatakan berjodoh atau kebetulan, tapi pas banget aku ditanganin oleh dokter yang keren banget, dokter gigi spesialis bedah mulut dan dokter itu nggak pernah males ngasih edukasi ke aku tentang penyakitku dan solusinya. Beliau sabar banget dan charming ๐Ÿ™‚ Pertemuan awal adalah dia nyuruh aku rontgen dulu, walopun dia udah tau masalah digigiku, trus pad banget aku dioperasi masuk waktu magrib, beliau minta ijin solat dulu.ย 

Enggak tau kenapa, aku paling seneng ketemu dokter cowok, karena dari pengalaman dokter cowok itu lebih kredibel, trus suka ngasih penjelasan, sabar, dan gak tergesa-gesa biasanya nggak korupsi waktu praktek :p Untungnya yang menangani dokter gigi cowok. Hohoho. Waktu gigi dicabut juga gak sakit karena sekali cabut gigi dari akar langsung ketarik, jadi sakitnya nggak kebangetan. Itulah kenapa aku suka dokter gigi cowok, karena tenaga mengambil gigi sangat kuat, nggak kebayang kalo tenaganya cemen, digoyang-goyang terus giginya sampe lepas, duh berapa menit bahkan berapa jam, ngilu rasanya.ย 

Setelah itu dokterku mendiagnosis ada kista digusi dan gigi geraham bungsu kanan atas dan bawah juga harus dicabut, karena sekali lagi gigi bungsuku miring dan nabrak gigi depan yang atas mungkin ini yang menyebabkan rasa sakit dan nyut-nyutan. Akhirnya waktu operasi datang juga, dokterku menyakinkan nggak akan sakit, ya… aku percaya dia.ย 

Camera 360

Camera 360

Ditemani oleh seseorang yang spesial menghadapi operasi hari itu, kebetulan weekend (sekali lagi makasih Dok, menyempatkan waktu weekend untuk mengobatiku). Dua tangkai Mawar Merah dan Putih seenggaknya membuat tersenyum salah tingkah, menghibur dipagi hari. Dan yang setia menemani aku operasi adalah bantal Spongebob kuning. Ya… sampe dokternya ketawa ngeliatan persiapanku. Akhirnya operasi berjalan kurang lebih 3-4 jam, alhamdulilah ternyata bukan kista, tapi perluasan sinus, alhamdulilah gigiku masih bagus, tulang di gigi, dan gusi, nah sekarang tinggal tutup jahitan digusi dan dilanjutkan 2 kali operasi gigi geraham bungsu. Ya Allah… perjalanan masih panjang! Hahaha.

Ya… saat operasi gigi geraham bungsu yang kanan atas, beuuh.. rasanya kayak mau copot kepala, apalagi geraham itu keras, masih menanjap di dalam akar gusi. Bayangkan, pisau yang membelah gusi, boor yang memutuskan tulang dan akar supaya gigi bisa dicabut, dan benang untuk menjahit gusi yang terbelah. Disitu aku akhirnya nyerah, nangis!!!! Huahahaha… malu, tapi ya sudahlah, namanya juga sakit, mukaku udah cemberut nahan sakit, sampe dokternya kasian dan menenangkan aku. Nah disini enaknya dokter gigi cowok, pas ngambil gigi geraham itu sekali congkel dan itu sangat susah butuh tenaga ekstra. Ngerasain benang masuk ke mulut dan kena bibir itu rasanya kayak ngilu ngeri. ย Dan hal itu terulang dua kali, gigi bungsu kanan bawah, ternyata sama sakitnya sampai habis beberapa botol bius karena berasa banget!!!! SAKIT!!!!

Finally kelar juga operasinya. Diitung-itung aku ‘mangap’ bisa sampe 4 jam lho, hebat kan :p Untung ada tambahan bius jadi sakitnya bisa ditahan. Tapi abis operasi yang ada adalah lemes dan pusing, bisa jadi karena efek bius, obat, dan banyak darah keluar! Dan terharunya adalah dokternya minta izin Solat Dhuzur di sampingku dan berdoa buat aku. So sweet banget… Seminggu kemudian lepas jahitan, ya masih gak bisa buka mulut lebar, kata dokterku tinggal nunggu seminggu lagi biar gusi nutup dengan sempurna. Alhamdulilah….

Dan pertanyaan unikku yang terlontar ” Dok, kalo gigi kita berantakan, nanti kalo kita punya anak, gigi anak kita bakal kayak kita gak? “, dokter ketawa ” Nggak ada hubungannya, Beta. Gigi itu tergantung individunya, nanti gigi anaknya bisa bagus tergantung perawatannya, dari pengetahuan orang tua untuk memelihara gigi anaknya. Insyallah nggak berpengaruh, Beta.”

Aku bertanya lagi, “Trus apa yang menyebabkan gigi kita nggak rapi alias maju, mundur, dan miring?” , “Bisa jadi karena gigi susu waktu kecil dicabut sebelum waktunya, gigi susu itu kan sebagai guide gigi dewasa tumbuh, kalo gigi susu keburu dicabut, gigi dewasa tumbuh kurang sempurna dan kecenderungan gigi juga menempati ruang kosong, bisa miring.”

Nah itu dia… buat temen-temen yang udah jadi orang tua, punya anak, tolong dijaga ya kesehatan gigi mereka, jangan terlalu cepat bertindak untuk mencabut gigi susu, kasihan kalo udah gede giginya berantakan, dan untuk biaya operasi atau memperbaiki fungsi gigi itu nggak murah lho, harganya ngalahin biaya operasi ibu melahirkan. Yuk, sekarang kita jaga gigi kita masing-masing, gosok gigi teratur, makan dan minum jangan terlalu panas dan dingin, kumur dengan antiseptik, dan rajin kontrol ke dokter gigi ๐Ÿ™‚

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

15 thoughts on “Pengalaman Operasi Gigi Geraham dan Gusi

  1. terharu banget baca cerita nya ,,,kuat dan enggak ada rasa takut saya juga ada masalah pada gigi gusi kira2 berapa biaya pengobatanya dan dimana operasinya,,

  2. Mba dokter Gigi nya siapa namanya? Kebetulan aku jg baru abis operasi kmrn.Klo aku kok stlhnya bengkak banget…klo mba apakh bengkak jg? Trim

  3. teh, sy pngen cbut gigi graham atas bgian kiri, tp sy tkut, dri yg sy dnger klo graham atas itu brhubungan k syaraf mata, klo teteh gmn stelah cbut gigi

  4. aku uga bru ngaLamin operasi gigi graham
    aduh rasa.a sakit bngt bahkan pipi aku msh bengkak kaia pipi bakpau
    smpe skarang uga darah.a msh pda kLuat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s