Posted in Goresan Sastra Sang Pelangi, Jejak Pelangi, Opini Sang Pelangi

Pemaknaan Hidup dan Jodoh “Sunset Bersama Rosie”

538040_10201151237046040_1689753550_n

Novel Tere Liye kedua yang baru kuselesaikan. Judulnya “Sunset Bersama Rosie”. Pertama kali liat di TM Bookstore Detos, ngeliat ada dua novel tebel satu ini dan satu lagi “Kau, Aku, dan Sepucuk Angpau Merah”. Tapi yang paling klik dihati dan hampir sama pengalaman cintanya ya “Sunset Bersama Rosie”. Sepertinya harus baca itu biar mengerti makna hidup dan jodoh itu seperti apa. Hahaha :p

644741_10201151238486076_664609611_n  547353_10201151237966063_579774625_n

Ternyata nggak salah pilih nih novel, secara keseluruhan Tere Liye bisa mengemas cerita fiktif dalam kehidupan nyata. Bagaimana kita mengetahui perasaan, keinginan, rasa memiliki, rasa sakit, gelisah, sesak, kerinduan, dan kebencian? Di sini diungkapkan semua dalam kisah hidup Tegar dan Rosie. Kita juga diberi tahu makna ‘kesempatan’ dan ‘keputusan’, bukan dari arti harfiah tapi dari balik cerita kehidupan Tegar yang mencintai Rosie, tapi nggak berani mengungkapkan perasaannya hingga datangnya Nathan yang memberikan seluruh hidupnya untuk Rosie dan memiliki anak bernama Anggrek, Sakura, Jasmine, dan Lili.

Tapi takdir berkata lain, kejadian mengenaskan di bom Jimbaran Bali yang merenggut nyawa Nathan, dimana Rosie sangat stress atas kematian suaminya. Selama masa rehabilitasi Rosie, Tegar-lah yang merawat 4 kuntum bunga Rosie. Sampai-sampai Tegar meninggalkan Sekar yang akan dinikahinya. Memulai kehidupan baru, kesempatan dan keputusan yang baru pula. Di satu sisi, Tegar ingin melupakan perasaannya pada Rosie dan memulai mencintai Sekar, tapi di sisi lain terbongkarlah sudah rahasia besar Oma, kalo Rosie sebenernya juga mencintai Tegar. Ya… jodoh nggak akan tertukar, saat Tegar ingin menikahi Sekar, Sekar pun mengambil keputusan penting bahwa dia melihat Rosie-lah yang cocok bersanding dengan Tegar dipelaminan. Happy Ending.

533896_10201151237686056_240747283_n

Berikut adalah penggalan kalimat-kalimat dari “Sunset Bersama Rosie” yang terekam dengan jelas diingatanku :

“Bagi seorang gadis, menyimpan perasaan cinta sebesar itu justru menjadi energi yang hebat buat siapa saja yang beruntung menjadi pasangannya, meskipun tu bukan dengan lelaki yang dicintainya. Bagi seorang pemuda, menyimpan perasaan sebesar itu justru mengungkung hidupnya, selamanya.”

“Mengerti bahwa memaafkan itu proses yang menyakitkan. Mengerti, walau menyakitkan itu harus dilalui agar langkah kita menjadi jauh lebih ringan. Ketahuilah, memaafkan orang lain sebenarnya jauh lebih mudah dibandingkan memaafkan diri sendiri.”

“Dan ajaibnya, inilah yang jarang diketahui banyak orang, penyu hanya memiliki satu psangan selama hidupnya. Saat mereka kembali untuk pertama kalinya, mereka secara naluriah, akan jatuh cinta dengan penyu betina yang dulu pertama kali ditemuinya. “

“Apakah dunia memang begtu? Kita tidak akan pernah mendapatkan sesuatu jika kita terlalu menginginkannya. Kita tidak akan pernah mengerti hakikat memiliki, jika kita terlalu ingin memilikinya.”

“Taukah kau, untuk membuat seseorang menyadari apa yang dirasakannya, justru cara terbaik melalui hal-hal menyakitkan. Misalnya kau pergi. saat kau pergi, seseorang baru akan merasa kehilangan dan dia mulai bisa menjelaskan apa yang sesungguhnya dia rasakan.”

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

2 thoughts on “Pemaknaan Hidup dan Jodoh “Sunset Bersama Rosie”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s