Posted in Jejak Pelangi, My Gallery, Opini Sang Pelangi

Curug Sidomba, Air Terjun Buatan dikeliling Ikan Warna Warni

Camera 360

DSC_0069

Liburan dadakan karena jenuh kerjaan kantor, akhirnya Cirebon dan Kuningan jadi tempat wisataku dan temanku. Kita berdua memutuskan untuk berlibur selama 3 hari 2 malam. Selamat datang di Kuningan! Kesan pertama adalah adem ayem dan sejuk. Pemandangan hijau terhampar luas, sawah dan pepohonan mendominasi dalam perjalananku. Kali ini aku mengunjungi wisata alam yang terkenal di Kuningan, namanya Curug Sidomba. Air terjun itu terletak di desa Peusing, kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat. Kira-kira ada apa ya di sana? Ada air terjun, kolam renang, panggung gembira, dan lokasi bumi perkemahan.

Awalnya aku mengira pasti harus jalan jauh dan menanjak untuk sampai ke air terjun Sidomba. Eits… suprising! Ternyata jalanannya menurun dan dilengkapi tangga modern yang tetap terlihat alami. Di sepanjang jalan kita bisa melihat ikan-ikan nila warna warni ukurannya besar, kalo digoreng enak tuh 😀 Jalanan menurun ke bawah dan sampailah kita ke objek air terjun Sidomba,

DSC_0012

DSC_0014

DSC_0061

Curug Sidomba termasuk salah satu air terjun unik, simple, dan cocok dinikmati untuk liburan. Biasanya air terjun lain yang aku kunjungi, kita bisa berendam, berenang, atau main air. Tapi di sini, kita nggak boleh berenang. Entahlah, aku nggak sempat nanya karena saat itu turun hujan deras. Bisa jadi kita nggak boleh renang karena banyak ikan-ikan disekitar aliran air terjun itu. Ternyata Curug Sidomba ini air terjun buatan dengan ketinggian 3 meter. Hmm… pantes, kalo dilihat pendek banget alirannya. Tapi keren juga ya, kita bisa bikin air terjun buatan yang bersumber dari mata air gunung Ciremai.

DSC_0079

Ikannya gede-gede kan? Sepertinya ikan itu sengaja dipelihara dan dibiarkan besar. Konon katanya kalo kolam di sekitar air terjun ini dikuras, ikan-ikan itu akan menghilang. Kalo kita sengaja mancing, makan, atau ngomong kotor di dearah situ, nanti bakal ada akibatnya langsung. Jadi jangan coba-coba mengusik ikan Kancra Bodas 🙂

DSC_0031

DSC_0022

Di curug kita bisa juga cuci muka dan tangan di pancuran bertahta batu. Airnya dingin dan segar. Walopun kita nggak bisa renang, kita bisa cuci muka dan merasakan cipratan air. Buat yang suka foto dan difoto tempat ini recommended lho. Tips biar bisa foto sepuasnya dan menikmati pemandangan di sini adalah datang pagi-pagi karena kalo udah siangan dikit dipadati pengunjung mulai dari pasangan hingga keluarga. Di area parkir juga ada panggung gembira. Kita bisa nonton artis dangdut dadakan nyanyi deh :p

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

One thought on “Curug Sidomba, Air Terjun Buatan dikeliling Ikan Warna Warni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s