Posted in Goresan Sastra Sang Pelangi, Jejak Pelangi, My Gallery

Selamat Jalan Bang Ed ‘Mat Kodak’, Selamat Jalan Bapak Fotografi

Selamat jalan Bang Ed Zoelverdi,

Selamat jalan guru dewa fotografi Indonesia… Selamat jalan ‘Mat Kodak’… Semoga Engkau diberikan tempat yang indah disisiNya dan diampuni dosa-dosamu dan dilipatgandakan amal baikmu. Amin!

Telah berpulang pemuda bangsa Indonesia, Rabu lalu (4/1) pukul 02.30. Dia yang selalu punya niat tulus membagi ilmu fotografi pada siapa saja, termasuk kami mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UI. Dia yang setia menjadi pelita dalam kegelapan walaupun hanya imbalan jasanya tak seberapa, tapi dia tetap berjuang untuk bertemu kami dari rumahnya nun jauh di sana…

Terima kasih Bang Ed… untuk semua ilmu, hmm.. tak sekedar ilmu tapi pengalaman-pengalamanmu, cerita bermakna, mapun motivasi, bahkan cerita kocak dan lucu yang terlontar saat mengajar kami.

Pesan yang selalu aku ingat dari beliau adalah “Jangan panik, kamu gampang banget panikan. Baca situasi, jangan buru-buru”. Hehehe.. emang sih, suka panik kalo emang kondisi gak sesuai dengan apa yang aku pikirkan :p

Kenangan dari Bang Ed yang masih aku simpan adalah foto-foto. Ya… karena memang yang dekat dengan hidup bang Ed adalah foto,foto, dan foto. Foto yang baik adalah mewakili 1000 kata. Jadi dengan foto itu kita gak usah panjang lebar membeberkan kata-kata tapi dengan melihat foto itu kita sudah tau maknanya. Karena foto itu bercerita 🙂

Seneng banget waktu dikasih hadiah waktu ultah, foto hasil editan Bang Ed sendiri dan tentunya doa-doa dari beliau untukku :), Terima kasih Bang Ed.

Trus kalo yang ini foto kenang-kenangan buat kelas Fotografi Jurnalistik, cuman ada 6 orang dong, 4 temen dari jurnal cetak dan 2 orang temen dari jurnal siar, termasuk aku. Kita jalan-jalan ke PARIS! Yeay! Hehehe.. keren ya 😀

Saat kelas terakhir di kelas Fotografi Jurnalistik, tiba-tiba pas kelas udah mulai, pas bang Ed tentunya sibuk menjelaskan makna foto dan essay foto, ada kucing legendaris di FISIP yang tiba-tiba masuk kelas. Trus jalan menuju pojok kelas, naik ke kursi, dan mau loncat dari jendela (kebetulan jendela kelas kebuka dikit). Aku menjuluki kucing itu kucing jadi-jadian, soalnya dia ada dimana-mana. Bahkan dia niat bener naik ke lantai 3 buat masuk ke kelas kami. Trus tiba-tiba udah tidur ajah di mushola cewek FISIP di lantai 2. Trus kucing itu manja banget deh (dia berkelamin betina) trus deketin Bang Ed, akhirnya aku foto deh.

Terakhir kelas Fotografi Jurnalistik, kami kuliah pengganti di rumah Bang Ed, deket ITC Cempaka Mas. Beuhh.. jauh banget dari Depok kesana. Kebayang deh Bang Ed jauh-jauh dari rumah trus  naik taksi ke Depok. Transport abis berapa tuh. Kenapa Bang Ed naik taksi? Karena beliau bawa laptop dan kamera jadi memilih aman naik taksi. Tapi aku sedih karena gaji bang Ed sebagai dosen honorer tidak seberapa. Terima kasih Bang Ed, kau masih setia mengajar kami!!! Hiks 😥 

(Ini dia 6 sekawan yang ikutan kelas Fotografi Jurnalistik)

(Kondisi perkuliahan yang santai tapi dapet ilmunya)

(Ruang kerja Bang Ed)

(Ini dia Bang Ed beserta istri dikala muda, mirip buangeeett!!!!)

(Kalo ini kucing yang selalu main ke rumah Bang Ed. Saking seringnya Bang Ed suka ngasih makan kucing kecil ini)

Nah, kalo lukisan di atas itu lukisan paling unik. Sebenernya pernah ngeliat juga di salah satu tempat makan di Madiun. Bentuknya kayak dinasaurus kecil-kecil berjajar. Trus main tebak-tebakan bareng temen-temen itu ngebentuk apa, kalo kita fokus gambar itu bisa bentuk Menara Eifel atau gambar orang (lupa tepatnya). hehe..

Terima kasih Bang Ed untuk ilmu dan pembelajaran hidup yang telah kau berikan. Semoga Engkau tenang disana dan bisa bertemu kembali dengan istri tercinta 🙂

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

4 thoughts on “Selamat Jalan Bang Ed ‘Mat Kodak’, Selamat Jalan Bapak Fotografi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s