Posted in Jejak Pelangi, Opini Sang Pelangi

DERITA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

Selamat malam sahabat pelangi *postingnya malam menjelang waktu tidur*

Hmm… bingung mau posting apa ya? Ya bingung, karena banyak banget hal yang ingin diposting tapi waktu kok kurang bersahabat, jadilah memberanikan diri posting dan meyakinkan bahwa waktu akan baik-baik saja, waktu nggak akan menelan kita kog.

Hufff…  H-23!!!! Pengumpulan proposal Tugas Karya Akhir (TKA) sebangsa SKRIPSI. Karena aku mengambil program studi “Jurnalisme Siar- Broadcasting” akhirnya aku memutuskan untuk membuat suatu program yang informatif dan nggak sekedar program asal-asalan tetapi sesuai dengan kaidah jurnalistik yang baik dan benar. 

Trus apa sih bedanya SKRIPSI dan TKA? Hmm… menurutku sih nggak ada bedanya, sama-sama prasyarat menempuh gelar Sarjana (S1) Komunikasi yang nantinya bergelar S.Sos (hiks… kapan ya bisa berubah jadi S.Kom, biar kerenan dikit. hahaha..) Cuma proses yang ditempuh sedikit berbeda. Kalau SKRIPSI, kita studi literatur, dapet permasalahan, lalu dikaji dengan teori, apakah terpecahkan dengan teori tersebut atau nggak dengan cara menyebarkan kuisioner, survey, FGD, dll, dengan metode kuantitaif atau kualitatif. hehehe 😀 

Nah… kalau Tugas Karya Akhir (TKA) Komunikasi di sini, ya lebih ribet, selain kita riset kita juga membuat prototype program kita seperti apa lalu mempresentasikan saat sidang 🙂 Biar nggak ribet jelasin, kalo di TKA kita memposisikan diri kita sebagai PRODUSER dan SUTRADARA. Kita memainkan semua peran, mulai dari ide program sampai eksekusi program.

Nah.. karena pelangi di sini ngambil prodi Jurnalisme Siar, jadi programnya itu yang berkaitan dengan jurnalistik, yaitu hardnews (berita-up to date) atau softnews (beritanya timeless).  TKA juga sama dengan SKRIPSI harus banyak baca dan studi literasi. Tapi disini kita juga dituntut untuk beragumentasi dan mempertahankannya dengan landasan ilmiah (riset, kuisioner, wawancara, dll). Jadi nggak asal ceplas ceplos lho! 

Menurut pelangi, TKA itu lebih bombastis! hahaha… sangat menantang., karena kita mengerjakan mulai dari masih ide, lalu membuatnya benar-benar terealisasi, dan mengemasnya dengan menarik! Tantangan banget deh, apalagi pelangi punya target lulus 3,5 tahun 🙂 

Melihat judulnya “Derita Mahasiswa Tingkat Akhir”… ya, sama halnya derita mahasiswa baru, sama aja sih menurutku. Sama-sama penuh perjuangan untuk masuk dan untuk keluar. Dulu masuk UI ketrima lewat jalur PPKB atau istilahnya PMDK (melalui jalur rapot dan sertifikat prestasi), penuh perjuangan dari kelas X, XI, dan XII dengan meningkatkan prestasi belajar serta lomba-lomba mengasah bakat.  Kini kelulusan juga penuh perjuangan. OH MY GOD! Hal yang terberat bukannya karena susah atau gimana, tapi RASA MALAS dan GALAU -___-” hahaha, mereka itu datang kalo aku ngeliat ada lomba keren yang wajib ikut, atau proyek diluar kuliah yang menghasilkan pundi-pundi uang, dan galau karena cinta!hahaha…

NGGAK! NGGAK BOLEH MALAS DAN GALAU LAGI! Ingat H-23!!! 

*langsung menepis rasa malas dan galau tiba-tiba* Ini bukan saatnya kita rapuh dan lemah. Ini saatnya kita bangkit! Ingat orang tua kita yang udah ngebiayain kita capek-capek banting tulang siang malam, demi mendapatkan segepok uang untuk mengirim transferan hidup di kota besar dan bayar biaya kuliah. Kerja itu capek, untuk dapet uang butuh pengorbanan (soalnya udah pernah ngerasain kerja, jadi tau gimana susahnya orang tua kita banting tulang). Mereka di rumah menantikan kabar gembira kita, kelulusan kita! Ayooo… SEMANGAT! SEMANGAT! SEMANGAT! Kalau nggak ada yang menyemangati, untuk kali ini MARI KITA SEMANGATI DIRI KITA SENDIRI! Kalian semuaaaa…. dan juga aku pasti bisa menghadapi masalah demi masalah sebagai mahasiswa tingkat akhir. Kalian nggak sendiri, kita semua bersama, mungkin jarak, tempat, dan waktu yang membuat perbedaan itu, tapi masalah kita sama, BAGAIMANA CARANYA SUPAYA PROPOSAL ATAU LAPORAN ATAU apapun namanya itu BISA KELAR DAN SIDANG LANCAR! Caranya kita mulai dari sekarang, mulailah dengan yang mudah… jangan ditunda-tunda… dan buatlah TIMELINE! itu perlu banget!

Hidup Mahasiswa! Hidup Mahasiswa! 

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

5 thoughts on “DERITA MAHASISWA TINGKAT AKHIR

  1. hehehe… ada si kakak 😀 sipp.. sedang menikmati jerawat diatas jerawat kak 😀 hehehe… wahh.. kayaknya nanti make-up ga tebel2 deh kak, takut luntur karena keringat :p
    wahh.. udah dijakarta nih? mampir depok dong..dong…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s