PENJELAJAHAN KAWAH DI TANGKUBAN PERAHU

Haloo, kawan pelangi… lagi sibuk ngapain nih? Udah pada liburan kah? Atau lagi sibuk nyari kuliah, untuk yang ketrima SNMPTN selamat ya! Semoga bisa memacu semangat untuk meraih pendidikan lebih baik lagi. Jangan lupa banggakan orang tua kalian dengan prestasi kalian ya!

Kali ini pelangi ingin mengajak kalian untuk menikmati suasana kawah di Tangkuban Perahu, Subang, Jawa Barat. Wow… keren banget deh! Subhanallah banget nih ciptaan Allah, sampe nggak bisa berkata-kata. Ya, walaupun hampir senada dengan β€œKawah Putih” yang aku kunjungi sebelumnya. Tapi banyak perbedaannya. Kalau Kawah Putih kita bisa main-main langsung di kawahnya, berendam kami di air belerangnya. Hehehe πŸ˜€ Kalau di Tangkuban Perahu, kita hanya bila lihat dari atas, pembentukan kawah dan gunung yang dipercaya memiliki legenda sebagai Tangkuban Perahu. Hayoo.. masih inget nggak cerita dari SD itu? Sangkuriang dan ibunya. Tapi sampai saat ini, pas nyampe ke sana, aku bingung, mana ya gunung yang menyerupai perahu terbalik itu? Jreng..jreng..

Gunung Tangkuban Perahu berada di sekitar 20 km ke arah utara kota Bandung, yah.. lebih jauh dan tinggi Kawah Putih nih. Dan saat kita ingin menuju tempat itu, kita dihibur oleh rimbunan pohon pinus dan hamparan kebun. Keren booo… Bentuk gunung ini disebut stratovulcanic, apaan tuh? Jadi itu pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat, jadi mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang dan mineral yang dikeluarkan saat gunung nggak aktif adalah uap belerang.

Nah, di sana juga banyak sekali nama-nama kawah, ada Kawah Ratu dan Kawah Upas. Sebenernya aku pengen banget keliling kawah ini yang katanya bisa ditempuh sejam lebih soalnya lumayan jauh, tapi nggak jadi karena waktunya mepet dan udah mau ditutup tempat wisata yang satu ini. Alhasil cuman sampe Kawah Upas deh. Hehehe πŸ˜€

Di Tangkuban Perahu juga banyak sekali kawah-kawah yang mengelilinginya. Ada tiga kawah Gung Tangkuban Perahu yang sering dikunjungi oleh wisatawan, dan tentunya aku juga mengunjungi, seperti Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas. Kawah ratu bentuknya seperti mangkuk raksasa yang besar dan dalam, lalu ada uang belerang yang terus keluar dari mulut kawah. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar dari dunung ini dan bersebelahan dengan Kawah Upas. Ya… seperti adiknya, Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya sehingga banyak ditumbuhi pepohonan liar. Nah yang terakhir Kawah Domas (sepertinya aku melewatkan untuk bekunjung ke sini). Kawah Domas bentuknya cekungan yang mengeluarkan sumber air panas yang bisa dimanfaatkan untuk membasuh badan karena belerangnya dapat menyembuhkan jenis penyakit kulit.

Perjalanan paling seru adalah ke Kawah Upas, karna ada pilihan ke Kawah Upas atau ke Air Keramat Cikahuripan. Sebenernya pengen ke air keramat itu, penasaran kayak apa bentuk airnya. Tapi kata aa, di sana sepi, serem, mendingan ke Kawah Upas keren pemandangannya. Akhirnya kita memutuskan untuk ke Kawah Upas \^_^/ wow! Tempatnya terjal bangetΒ  dan banyak bebatuan, pepohonan, dan lelumutan. Hahaha… Trus kita bisa lihat kawah intinya, yaitu kawah Ratu dari sisi pandang berbeda. Setelah menjelajah akhirnya aku menemukan pemandangan yang belum pernah aku lihat sebelumnya. Hamparan pasir yang luas dan dibelakangnya ada gunung yang besar >.<

Di sana juga banyak orang-orang berjualan disepanjang arena Tangkuban Perahu. Ada yang menjual berbagai macam aksesoris dan souvenir khas daerah sana. Yah, hampir mirip dengan daerah Sarangan, Magetan, Jawa Timur.Β  Ada juga yang menjual angklung, makanan mulai dari bandrek (uniknya bandrek di sini diberi tambahan parutan kepala tua, hmmm.. enak banget deh! Apalagi anget-anget dicuaca dingin), ada juga yang jual jagung bakar, dan masih banyak lagi.

Selamat menikmati foto-fotonya kawan pelangi \^_^/ Gimana-gimana, mau berkunjung ke Tangkuban Perahu? jangan lupa bawa kamera biar bisa mengabadikan momen-momen indah lainnya. Nantikan postingan berikutnya ya. Yuk tinggalkan jejak kalian di kolom komentar πŸ˜€

18 thoughts on “PENJELAJAHAN KAWAH DI TANGKUBAN PERAHU

  1. Bagus banget…. liputannya…. Foto2nya juga oke… Wah, jadi terprovokasi kepengen ke sana neh… Semoga jika ada liburan bisa ke sana. Makasih banyak ya…. telah berbagi pengalaman yang asyik ini…

    1. alhamdulilah, terima kasih πŸ™‚ semoga menghibur. hehehe…
      sama-sama, seneng banget kalau bisa berbagi pengalaman dan kisah menarik apalagi menginspirasi buat ikutan liburan ke sana πŸ™‚
      selamat menunaikan ibadah puasa pak πŸ™‚

  2. to. pelangiituaku..

    sebelumnya kami sangat berterima kasih sekali karna sudah mengunjungi dan mempromosikan TWA. Gunung Tangkuban Parahu yang kami kelola..

    kami juga sangat takjub dengan kuasa Tuhan yang telah menciptakan pemandangan yang begitu indah di sini dan sangat bersyukur karena di beri kesempatan untuk dapat melihat kuasanya..

    namun rasanya belum lengkap apabila anda belum mengunjungi Kawah Domas, di kawah domas anda melihat pemandangan dasar kawah dan pegunungan di bukit 300, anda juga dapat turun ke dasar kawah domas dan menikmati kolam rendam air hangat yang mengandung belerang, masker lumpur belerang atau pun mencoba merebus telur di luapan air panas nya…

    jadi kami tunggu kunjungan anda berikutnya ke TWA. Gunung Tangkuban Parahu…

    Terimakasih Banyak..

    Adm. PT. Graha Rani Putra Persada
    Pengelola TWA. Gunung Tangkuban Parahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s