OBAMA Berkata, “Pulang Kampuh Nih!” dan Semangat Pembangunan

Rabu (10/11) bangun pagi-pagi (emang biasanya pagi sih solat subuh dulu, abis itu dilanjutin tidur lagi), tapi kali ini langsung mandi. Abis itu berangkat dari kosan bareng sama kak Irgahayu Madhina, eits.. dia cewek lho. Hohoho. Pake baju batik, bawa kartu tanda mahasiswa (KTM), uang, dan hape. Nyampe di stasiun UI dihadang oleh panitia kuliah umum Presiden US, Barack Obama, dimintain KTM, trus dikasih undangannya. Tau nggak?? Kirain ada bikun alias bis kuning UI yang bakal jemput rombongan kita mahasiswa yang dapet undangan. Tapi ternyata!!!! Arrrgghh… bahkan aku nggak ngebayangin, serasa lari pagi deh, kita disuruh jalan lurus ke FIB tembus menara air lalu antri menuju gedung rekorat dan berakhir di balairung.

(akhirnya dapet juga undangannya, foto dulu nih sebelum menempuh perjalanan panjang)

( pelangi itu aku dan kak irga)

Perjuangan kita (mahasiswa yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa CEDS alias entrepreunership) nggak sampai disitu. Aku dan kak Irga terjebak di antara orang-orang yang sedang mengantri. Dimana yang lain?? Hohoho.. ada yang masih jalan dari FIB, bahkan ada yangbaru berangkat. Kita berdua adalah orang yang terlalu pagi datangnya. Sebelum masuk ke halaman rektorat atau biasanya disebut pusat administrasi UI, kita dikasih minum dulu, abis itu antri lagi. Antrian yang melelahkan dan panjangggggg bangettttt, nggak lupa kita diselimuti oleh sinar matahari yang terik dan lembab, bikin lemes deh! Untungnya kita semua anak-anak CEDS dipertemukan di antara barisan, ada aku, kak Irga, kak Wawan (yang mengoordinasikan dari ukm CEDS, ternyata dari 200-an yang daftar, hanya 30 yang dipilih oleh US Embassy), kak Madi, kak Linda, kak Noni, kak Prisca, Rhew, Sari, David, Bhactiar, dan Bayu.

(inilah menara air UI, tapi menurutku lebih tepat menara satelit deh. hohoho)

(antrian yang begitu panjang dan melelahkan untungnya disediakan air mineral, tp berharap ada breakfast. xixixi)

(beginilah suasana antrian, penuh dengan manusia berseragam batik)

(kerjasama Indonesia dengan Amerika Serikat di tanah pertiwi)

Abis itu kita diperiksa, kayak di bandara, hape, KTM, yang ada dikantong dikeluarin. Trus kita harus ngelewatin pintu mesin (duh, aku gak tau istilahnya nih, biasanya bunyi kalo ada benda mengandung logam dan sebagainya), lalu kita di periksa dari atas sampe bawah oleh agen-agen berbaju hitam (kalo cewek diperiksa sama ibu-ibu, kalo cowok diperiksa sama bapak-bapak). Ada yang lucu nih dari temenku, namanya David, dia kan bawa coklat coki-coki, trus ditanyain, “Apa itu?” “Coki-coki, Pak”. Kocak banget!, bawa senjata kek, malah bawanya coki-coki. Hahaha.

Akhirnya sampai juga di Balairung tercinta. Terakhir duduk dibangku atas waktu paduan suara saat diriku menjadi mahasiswa baru. Hohohoho \^_^/ Ini saat yang ditunggu-tunggu, setelah capek berdiri dan dijemur di bawah sinar mentari, kita bisa duduk juga diruangan yang lumayan adem ini. Karena menunggu Obama yang datang, alhasil aku dan Sari tidur duluan, huhuhu >.< capek dan ngantuk!

(ini dia wajah-wajah calon pengusaha sukses Indonesia ada sari, kak noni, aku, kak madi, kak prisca, kak linda, kak wawan, kak irga)

(diluar ruangan ataupun dibalairung kita tetep eksis. hohoho, akhirnya dapet tempat duduk perjuangan nih)

Tiba-tiba diluar prediksi kita, katanya Obama bakal datang jam 10an, tapi jam 9.30an dia udah dateng (lebih cepat 20 menit)! Great! Hohoho. Di sini aku mulai merasa nggak begitu kecewa menunggu berjam-jam buat dengerin dan liat secara langsung di Balairung, karena dia sangat menghargai waktu. Selain itu dia bener-bener cocok disebut dengan gelar Bapak Rektorika! Gimana nggak, cara dia berpidato keren banget! Dia bisa membuat atsmosfer yang menyenangkan dan bisa langsung akrab dengan kita. Istilah-istilah yang lekat dengan orang Indonesia, dia pakai di dalam pidatonya, seperi “Bakso, Sate, Enak sekali, Selamat Pagi, Assalamualaikum, Selamat Datang, Bhineka Tunggal Ika, Berbeda Tapi Tetap Satu Jua, sampai Pulang Kampung Nih!”. Di sinilah rasa simpati-ku muncul, dia benar-benar bisa menempatkan diri dalam berbagai situasi dan kondisi.

Presiden Amerika Serikat (US) Barack Obama datang ke Balairung UI untuk memberikan pidato yang berisi tentang demokrasi, pembangunan, pluralisme, dan toleransi agama. Intinya adalah menekankan pada sumberdaya manusia yang menyeimbangkan antara imtaq dan iptek (karena sesuatu didunia ini harus balance, selain kita bekerja keras jangan lupa berdoa pada Tuhan). Selain itu Obama menekankan pada pentingnya keadilan dan kesamaan hak bagi seluruh rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke (backsound : tepuk tangan riuh dari seluruh pendengar).

Yang bikin aku jadi mikirin dia sampe sekarang adalah ungkapan “Pulang Kampung, Nih!” hahaha.. sok akrab ‘n gaul banget deh presiden ini. Pasti selama di pesawat dia ngapalin terus, “pulang kampung nih 1000X” hehehe.

(e..tiba-tiba ada renald kasali ditengah-tengah mahasiswa yang mau nonton Obama)

(beginilah suasana di lantai dasar sebelum Obama dateng, check sound oleh bule-bule itu, hohoho.. lucu deh!)

Dia juga menceritakan saat dirinya tinggal di Jakarta yang berbeda dengan kondisi yang sekarang (ya iyalah lah om barry, masa Indonesia sama terus, kapan maju-nya nih, kalo gak berubah? Iya kan? Iya kan?) dan masa kecilnya di Menteng. Isi pidato yang bikin ketawa adalah saat dia menirukan penjual bakso dan sate. “Sateee!!! Baksoo!!! Enak ya…” Ya! Anda lolos om, menirukan suara penjual bakso dan sate, sebagai hadiahnya anak diangkat jadi juragan bakso dan sate, biar tiap hari bisa makan itu semua. Hohohoho. Menurut Obama, karakteristik toleransi beragama di Indonesia merupakan sesuatu hal yang pantas dihormati. Dia membuktikannya dengan mengunjungi Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat bersama istrinya, Michelle yang mengenakan kerudung.  “Di Indonesia, masyrakatnya terdiri dari beragam agama dapat hidup berdampingan sesuai dengan semboyan Indonesia, Bhineka Tunggal Ika”, ujarnya dalam pidato yang singkat tapi bener-bener membuka wawasan kita.

Kalimat dari pidatonya yang paling aku suka adalah

“ Pembangunan adalah tentang apakah seorang anak dapat belajar keahlian yang dibutuhkan di dunia yang terus berubah. Pembanguan itu bagaimana sebuah ide yang dibiarkan tumbuh dalam dunia usaha. Pembangunan berkaitan erat dengan demokrasi. Demokrasi itu juga berkaitan pada sistem check and balance, kebebasan pers, dan masyarakat yang kritis yang menentang ketidaksetaraan dan ketidakadilan”

Pembangunan adalah sebuah ide yang dibiarkan tumbuh dalam dunia usaha. Hidup mahasiswa entrepreuner! Hidup young entrepreuner!! Hahaha. Inilah intepretasiku. Wah, kalo gitu SBY harus mendukung tuh gerakan entrepreuner di Indonesia dan memberikan kredit lunak bagi enterpreuner yang mau membuat usaha, apalagi mahasiswa yang terjun menjadi wirausaha, harus 100% didukung dan dimudahkan!!!

(foto di balairung, kita dapet tempat di atas, keliatan Obama pidato tapi ga bisa salaman. hiks)

(ini dia Obama yang datang dengan penuh kejutan, sayangnya gak boleh bawa DSLR. hiks)

(presiden yang low profile, dia nggak segan untuk salaman sama masyarakat Indonesia)

Karena kita kebagian duduk dibangku atas, kita nggak punya kesempatan buat salaman sama Obama. Tapi tak apalah yang penting kita bisa melambaikan tangan sama presiden gaul itu. Hohoho \^_^/ pokoknya aku nggak kecewa deh datang hari ini. Karena bisa ngeliat cara dia speak-speak didepan orang banyak dan ammpu menghipnotis penonton. Pelajaran yang aku ambil adalah cara public speaking dia yang bisa jadi inspirasi buatku dan intropeksi diri sebagai masyarakat Indonesia, kita jangan lengah dan cambukan buat kita isi pidato tersebut. SELAMAT JALAN OBAMA! Kapan-kapan datang lagi ya, kalo bisa sih ke kos-kosan, biar aku kenalin sama kakak-kakak dikosan yang kocak.

15 thoughts on “OBAMA Berkata, “Pulang Kampuh Nih!” dan Semangat Pembangunan

  1. Beta pasti berkesan bgt..,
    So.. Selanjutny; keep u’ heart.. Keep u’ idea n; do somethink to the next indonesian gold generation!!!
    Hehehehe.. Tulisanya kocak kayak pidato obama yg kocak pula…

  2. Hihii…beta,
    udah lama deh gak mampir-mampir ke blog mu, beta masih rajin posting ya. Good…good.

    Mau bagi-bagi pengalaman juga nih, bet. Waktu beta n kawan-kawan lagi di dalam Balairung nonton Obama aku kedapetan macet di pasar Rebo gara-gara jalan margonda ditutup tiba-tiba gitu loh. Hiks….

  3. Hii.. Pelangi!
    Wow, seru bgt ya nonton Obama di balairung.. ga nyangka ternyata dia g4uL 9iTu y4ch?! Ade Gw juga ada di situ juga Lho..
    Kapan2 klo ada kunjungan kepala negara lagi, Gw bawa Beng-Beng deh, soalnya Coki-Coki udah ketahuan ^^
    Btw, pokoknya hidup entrepreuner!

  4. Assalaamu’alaikum Pelangi…

    Selamat Hari Ibu dan semua ibu yang merayakan Hari Ibu di Indonesia. Saya tumpang bahagia untuk menyambutnya bersama kalian. Hargailah diri sebagai ibu atau anak. berbaktilah dengan setulus hati untuk membahagiakan ibu kita.

    Ada award untukmu sahabat, silakan titip sebagai tanda penghargaan selama bersahabat di maya pada.

    http://webctfatimah.wordpress.com/2010/12/22/ct31-22-disember-2010-selamat-hari-ibu-buat-ibu-ibu-di-indonesia/

    salam mesra selalu dari sarikei, sarawak. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s