Posted in Jejak Pelangi

Kedubes Jepang Hadir pada Pembukaan Gelar Jepang 2010

Gelar Jepang (GJ) 2010 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia kembali hadir dengan mengangkat tema “When The Sincerity and Enthusiasm of Childhoof be Recalled”. Acara yang mengusung budaya Jepang ini berlangsung selama tiga hari. Pembukaan Gelar Jepang 2010 berlangsung (4/6) kemarin di Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia, Depok.

Menurut Ketua Pelaksana Gelar Jepang 2010, Philipus Kenny, Gelar Jepang ke-16 ini mengusung tema mengenang kembali kepolosan di masa kecil yang bertujuan untuk melepaskan kepenatan dan kesibukan kegiatan sehari-hari dengan beranjaknya usia yang makin dewasa dan lebih bertanggung jawab.

Dengan diadakannya GJ 2010 dapat menghibur semua audiens yang datang dengan menikmati acara-acara, seperti pemutaran film, permainan tradisional, Japanese Class, workshop Gundam, Igo, Shodo, Odori, dan Washi, serta lomba pidato dan makan Okonomiyaki.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Shiojiri, menyempatkan hadir untuk memberikan sambutan dan membuka acara GJ 2010 sehingga acara ini menjadi istimewa dan berkesan. Beliau berpidato dengan bahasa Jepang yang diterjemahkan setiap kalimat oleh asistennya. Untuk menarik perhatian audiens, Shiojiri mengawali dengan kalimat bahasa Indonesia.


“Saya senang bisa hadir di Gelar Jepang 2010 di Universitas Indonesia,” kata Shiojiri membuka pidatonya dengan mengenakan pakaian batik.

Shiojiri berharap mahasiswa Universitas Indonesia dapat memperkenalkan kebudayaan Indonesia ke negara lain. Jumat lalu, dia melihat pertunjukan Taketori Monogatari yang dimainkan oleh sanggar dari Indonesia. Semua orang bermain serius dan sangat berusaha. Kelak, kita harus berupaya dan bekerja keras untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.

Setelah mengakhiri sambutan dilanjutkan peresmian pembukaan Gelar Jepang 2010 oleh Shiojiri dengan memukul gong selama dua kali berturut-turut. Tepuk tangan menggema di ruangan seminar Pusat Studi Jepang, Universitas Indonesia. Saatnya untuk menikmati setiap acara yang sudah dipersiapkan oleh panitia GJ 2010.

“Acara puncak dari Gelar Jepang 2010 jatuh pada Minggu (6/6), bahkan pengunjung bisa datang 2–3 kali lipat dari hari biasa karena acara paling seru adalah hari terakhir sekaligus penutupan acara ini. Acara yang paling dinanti adalah Bon Odori (tarian Obon) dan Hanabi (Pesta Kembang Api), “ kata Naufan P. Rizal selaku Koordinator HPD pada kepanitiaan Gelar Jepang 2010. (*)

nb : temen-temen bisa juga melihat di kabarindonesia.com (karena saya salah satu kontributor dalam Kabar Indonesia) silakan klik

http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=12&jd=Kedubes+Jepang+Hadir+pada+Pembukaan+Gelar+Jepang+2010&dn=20100605181018

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

12 thoughts on “Kedubes Jepang Hadir pada Pembukaan Gelar Jepang 2010

    1. haloo adyan..
      terima kasih sudah mampir ke blog pelangii..
      acara ini beberapa bulan yang lalu, waktu ada gelar jepang di FIB..
      iyahh, sekalian foto” sama kedubes jepangnya yaa.. hehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s