Pesta Blogger 2009 : Selama Masih Ada Blogger, Indonesia Akan Tetap Berjaya

Pesta blogger 2009 telah diadakan sabtu, 24 Oktober 2009 yang lalu di Exhibition Hall, Gedung SMESCO Indonesia, Jalan Jend Gatot Subroto Kav. 94 Jakarta. Acara tersebut berlangsung meriah, karena dihadiri oleh blogger dari seluruh Indonesia. Sebenarnya tahun lalu, aku berencana untuk ikut pesta blogger 2009 dan akhirnya terwujud juga karena ajakan juga dari temanku yang baik, Mariam Aviantina. Tema pesta blogger tahun ini adalah “ONE SPIRIT ONE NATION”. Menurut Imam Brotoseno, Ketua Panitia Pesta Blogger 2009, tema itu muncul karena adanya proses demokrasi dan berakhirnya pemilu merupakan waktu yang tepat untuk memulihkan diri dan melakukan konsolidasi sehingga kita bisa maju bersama-sama sebagai satu kekuatan. Selain itu blog dan social media lainnya mampu melampaui bats-batas fisik, religius, maupun kutural untuk membawa kita bersatu sebagai satu bangsa dan satu semangat.

Wow… ternyata peran blogger Indonesia sangat penting apalagi untuk mempersatukan bangsa dalam satu semangat. Apalagi fungsi dari pesta blogger adalah sebagai forum bagi para blogger di Indonesia untuk bertemu muka secara langsung, bertukar informasi, membangun diskusi, memperluas jaringan, dan nggak ketinggalan sebagai ajang silaturahmi. Sayangnya, kemarin aku nggak ketemu teman-teman blogger yang biasa singgah di blog pelangi. Mungkin karena aku nggak punya contact person dari mereka, jadi nggak bisa janjian bareng. Hehehe … ^_^

By the way… sempat bingung juga masalah tempat (soalnya bukan asli Jakarta, jadi suka ribet kalo denger nama tempat baru). Duh.. dimana tuh, langsung deh menghubungi sodara yang ada di Pancoran dan ternyata tempat pesta blogger 2009 deket banget dari rumah sodara di Pancoran, tinggal ngesot doank. Hahaha… lebai sih! Pokoknya nggak jauh dan terbilang dekat, jalan kaki juga nyampe. Langsung deh, jumat sore meluncur ke rumah sodara dan menginap di sana. Hehehe… asyikk.. asyikk… ^_^

DSC00162

Sesampainya di Gedung SMESCO Indonesia, masih sedikit orang yang datang, mungkin kita berdua (aku dan Mariam Avi, yang berjilbab merah muda) terlalu pagi kali ya, nyampe di sana. Setelah registrasi kita langsung menuju banner merah ini, dan bergaya dibelakang brand-brand sponsor dari pesta blogger 2009. Hmm… ini pertama kalinya ikut kopi darat yang akan dihadiri oleh semua blogger di Indonesia.

DSC00163

Aku dan kawanku, Mariam Aviantina

DSC00196

Ini dia teman baruku, Vina, juga seorang blogger. Padahal kita satu fakultas dan sering ketemu tapi nggak tau nama masing-masing.Hehe..

DSC00170

Ketika masuk ke dalam, kita disuguhkan banyak stand-stand yang oke punya, seperti stand dari Telkom Speedy, Accer, National Geographic Indonesia, XL, Detik.com, dan salah satunya dari Kedubes Amerika. Di sini juga ada lomba foto bareng Barack Obama (tapi cuma banner dia doank) dan yang beruntung mendapatkan kamera. Sayangnya, aku nggak dapat. Huhuhuhu…. Tapi nggak apa-apa waktu nyobain main di Telkom Speedy malah dapat HP Nokia CDMA dan mengalahkan cowok-cowok yang ikutan main (soalnya aku cewek sendiri dan yang paling kecil). Permainannya susah-susah gampang, karena kita harus membawa payung yang superd gede dan di dalamnya ada sebuah kaos yang harus kita pakai, tapi yang bikin susah, memakai kaos dengan membawa payung dan payung nggak boleh jatuh, setelah itu babak final kita harus menulis cepat kalimat “Telkom Speedy, Speed That You Can Trust” dan alhamdulilah, aku menang mengetik cepat (terlatih karena makanan tiap hari mengetik, mengetik, dan mengetik, sampai hafal letak huruf-huruf di tuts keyboard. huff..)

DSC00193

Wow… Obama menggandeng tanganku. Hahaha…

DSC00190

Aku bergaya dibelakang banner Pesta Blogger 2009 dengan tema “One Spirit One Nation”. Hidup Blogger Indonesia!!!!

DSC00166

Sebelum acara dimulai pukul 10 pagi, kita mencoba salah satu keunggulan dari Microsoft, yaitu peluncuran Windows 7. Ternyata Windows 7 lebih keren dari Vista yang masih banyak kekurangannya. Windows 7 lebih atraktif dan menggabungkan unsur seni dan sains, ini opiniku. Aku mencoba salah satu permainan dari Windows 7, mengasah otak dan lumayan membutuhkan kesabaran. Hehehe…

DSC00177

Akhirnya acara pesta blogger 2009 dimulai juga. Kita menyanyikan lagu Indonesia Raya saat pembukaan acara. Lalu dilanjutkan oleh pidato dari Menteri Komunikasi dan Informasi, Tifatul Sembiring. Sebelum beliau maju untuk berpidato, sebagian peserta langsung bergaya disamping Menkominfo terlebih dahulu dan salah satunya adalah aku! Hehehe… abisnya bapak-bapak dan mas-mas semua foto disamping beliau, aku juga nggak mau kalah dunk. Jarang bisa foto sama menteri kita yang satu ini dan beliau sangat mendukung pergerakan blogger di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan menonton video “One Spirit One Nation”. Wow… two tumbs deh buat semua panitia pesta blogger 2009! Pembuatan video yang menarik dan membuatku terpana. Keren banget angle pengambilan gambarnya!!!! Mau donk diajarin. Hehehe.. Lalu perwakilan dari beberapa panitia pesta blogger 2009 maju dan menyampaikan pesan semangat, kepedulian, gotong royong, dan kebersamaan merupakan arti penting dari pesta blogger tahun ini.

Pesta Blogger 2009 ini juga mengundang tamu istimewa seperti Brian Giesen seorang Digital Influence Specialist yang dipandang berpengalaman di bidang sosial media, Mark BoingBoing pendiri group blog BoingBoing.net, Arsalan Iftikhar seorang pengacara hak asisi manusia internasional dan juga pemilik blog TheMusilmGuy.com, dan Corvida Raven seorang blogger muda perempuan pemilik SheGeeks.net. Perbedaan antara blogger Indonesia dengan blogger luar negeri adalah di Indonesia, blogger mempunyai komunitas sedangkan di luar negeri tidak ada komunitas karena setiap blogger bersifat individualis sehingga hal ini yang membuat mereka kagum pada blogger Indonesia.

DSC00179

Aku dan Menkominfo, Tifatul Sembiring


DSC00175

Calon pendiri komunitas blog FISIP UI, yaitu Betania (Komunikasi 2008), Mariam Avi (Kessos 2008), dan Avina (HI 2008)

DSC00191

Om Robot yang lucu dan kocak (hehehe… akhirnya tau juga siapa dibalik cosplay robot ini)

Saat break makan siang, nggak lupa untuk memotret ‘om robot’ dulu, icon paling keren di semua stand yang ada di pesta blogger 2009. Sebelumnya, aku dan om robot bergaya di depan kamera dengan berbagai pose, tapi sayangnya pose paling lucu, aku membawa pistol dan om robot menunduk minta ampun, blur alias gambarnya nggak jelas. Huhuhuhu … T.T

DSC00187

om robot dan sang pelangi itu aku

Setelah Break makan siang, acar dilanjutkan dengan seminar yang telah dipilih sebelum registrasi. Aku memilih seminar tentang Photo/ Video Blogging by Anthony Bianco (Australia) dan Kristupa Saragih. Dalam seminar ini, aku mendapatkan banyak pengetahuan baru seputar fotografi di dunia blogger dan tips-tips khususnya dari fotografer profesional, Kristupa Saragih. Apalagi aku akan mengikuti lomba fotografi di kampus, hal ini menjadi referensi bagiku untuk dipraktekkan. Hohohohoho… \^_^/ Aku senang sekali melihat koleksi foto Kritupa Saragih, apalagi saat dia berkunjung ke Kamboja. Foto yang benar-benar hidup. Ketika aku bertanya, apakah ada perbedaan ketika memotret di Indonesia dengan di Kamboja, beliau menjawab tidak ada bedanya, mungkin yang membedakan adalah bahasanya. Akan lebih baik kalau kita mengerti bahasa mereka sehingga kita bisa lebih dekat dengan objek foto kita.

DSC00180

Anthony Bianco menerangkan foto yang diambil di Sumatra kepada para peserta seminar ini

DSC00182

Kedua pembicara Photo/Video Blogging, Anthony Bianco dan Kristupa Saragih

DSC00186

Sebelum pulang foto dulu dunk sama Kristupa Saragih dan bertukar kartu nama, siapa tahu bisa seperti beliau. Senangnya…

Puncak dari acara ini adalah pengumuman pemenang dari photo/video competition, writing competition, acer tweeting contest, best blog- blogshop, dan XL Blog Award, serta doorprize dan game. Salah satu temanku dari UI, Kak Juan mendapat doorprize modem dari TelkomFlash. Wahh.. senangnya!!!! Walaupun aku nggak menang lomba foto bareng Barack Obama, aku mendapatkan voucher gratis Starbuck. Hohohoho ^_^

Hidup Blogger Indonesia!!! Blog merupakan unsur dari kata, kalimat, dan bahasa. Ketika kita menulis dari situ kita membaca dan setelah membaca kita mendapatkan sebuah pengalaman untuk belajar. Selama masih ada blogger, Indonesia masih berjaya!!! Hidup Blogger Indonesia!!!!

10 thoughts on “Pesta Blogger 2009 : Selama Masih Ada Blogger, Indonesia Akan Tetap Berjaya

  1. uwaah. kayaknya rame sekali ya?

    karena saya tukang ngeblog newbie, jadi belum tahu acara semacam ini šŸ˜¦

    kalo nglihat foto yg lagi bareng Mr. Tifatul Smbiring,
    jadi ingat kalo pak menteri yg satu ini cukup gaul dengan memiliki akun twitter

    *minta izin buat pamer gigi*
    :mrgreen::mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
    :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:

  2. hai, Betha , apa kabar ?
    maaf ya sudah lama bunda baru kesini lagi.
    senangnya Betha bisa ikut ke PB 2009, dan terima kasih Betha sudah berbagi dgn cerita dan foto2 nya yg asik2.
    Salam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s