Pelangi Berubah Menjadi Petani Tebu???

Hohohoho… di sini ada Pelangi. Aku hadir kembali dengan cerita-cerita segar yang bisa menghibur kawan-kawanku. Sebenernya aku mau posting nih tulisan udah lama banget, tapi belum sempat dan baru bisa sekarang. Ini kisahku selama liburan ke Madiun, kota kelahiranku. Karena dirumah hanya ada orang tua saja, aku ikut ayahku bekerja. Hehehe… =) Abisnya di rumah sendirian, bete boo.. akhrinya ikut sekalian beli tiket balik ke Depok. Perjalanan singkat tapi mengesankan karena aku bisa mengambil gambar-gambar keren di sini.

DSCI0161

Pengambilan gambar ini berlokasi di belakang rumahku. Kami sekeluarga tinggal di salah satu Perumahan Dinas Pabrik Gula di Madiun. Sawah yang terbentang luas dengan padi yang mulai menguning. Indah sekali dan ingin cepat-cepat memanennya. Hehehe… Upps,, ternyata ada gubuk kecil di tengah sawah yang nggak terlihat kalo kita nggak memperhatikan foto ini. Gubuk itu digunakan oleh petani-petani pagi untuk istirahat sambil meneguh air mineral yang dibawa dari rumah. Hmmm… jadi ingin mencoba menikmati kala sore tiba dan meneguk teh aroma Melati. Yummy!

DSCI0162

Ini masih di sekitar ladang pagi. Apakah ini bisa kalian temukan di kota?? Jadi bersyukurlah kalian yang bisa singgah ke desa yang asri dan permai.

DSCI0165

Ini sekitar Juni 2009. Musim Panas, hingga ranting di pohon itu berguguran dan Pabrik Gula mulai giling tebu, karena setiap enam bulan sekali Pabrik Gula selalu memanen tebu dan disebut masa ‘ giling tebu ‘ sehingga tanaman tebu diubah menjadi gula putih. Prosesnya menarik lho, ketika aku masih duduk di bangku SMA, aku diajak ayahku masuk ke dalam untuk melihat proses penggilingan tebu hingga menjadi gula.  Lain waktu aku buat tulisan cara menggiling tebu. Okeh =)

DSCI0168

Nah ini dia, salah satu lahan tanaman tebu ditanam. Yang ada di foto ini, sebagain tebu sudah di panen dan lihatlah, orang-orang itu sibuk mengambil buahnya dan mengelupas daun-daunnya.

DSCI0170

Ini kulit tanaman tebu yang sudah mengering

DSCI0171

Ini jembatan dari besi yang menghubungkan antara kebun tebu dan truk pengangkut tebu. Air hitam itu adalah limbah dari pabrik, panas dan baunya nggak enak. Tapi tenang limbah-limbah ini nggak akan menganggu sistem pengairan rumah warga sekitar.

DSCI0173

Dari kejauhan ada sebuah truk pengangkut tebu.

DSCI0177

Karena kekurangan tenaga kerjadi lapangan, biasanya kalo musim panen, Pabrik Gula akan mencari orang-orang sekitar sebagai petani tebu musiman yang hanya bekerja waktu musim panen dan digaji pada waktu itu juga. Biasanya yang mau bekerja seperti itu kebanyakan dari ibu-ibu rumah tangga, hmm.. untuk pemasukan tambahan kaleee..

DSCI0182

Ibu itu bekerja di siang bolong saat matahari sedang teriknya. Dia memakai ‘caping’ dan mulai memisahkan tebu dari daun-daunya untuk diangkut.

DSCI0194

Beginilah pekerjaan mereka. Setelah memanen tebu lalu dipinggirkan dan mulai dipisahkan dari daunnya. Biasanya daun-daun yang sudah mengering akan dibakar biar nggak jadi sampah. Aku mulai berbau dengan ibu-ibu itu sedangkan ayahku bersama mandornya sedang bercakap-cakap dari kejauhan sambil mengawasiku. Ternyata ibu-ibu itu senang banget difoto dan mulai ber-action!

DSCI0196

Perkumpulan ibu-ibu pemanen tebu. Siap Ibu-Ibu untuk difoto??? Siiaaaappp Mbak!!!, seru ibu-ibu itu kompak. Kebetulan saat aku mendekat mereka sedang beristirahat, jadi aku nggak perlu menganggu pekerjaan mereka. Hehehe… ^_^

DSCI0200

Sekarang gantian dunk, aku kan juga mau difoto, aku meminta tolong salah satu ibu itu untuk memotretku. Aku bergaya ala petani tebu. Memakai caping, membawa tangaki tebu, dan arit (semacam pisau). Lalu aku berpose seperti ibu-ibu tadi. Wow.. setelah jadi cocok banget aku jadi petani tebu, terutama juragan tebu. Wkwkwkwkw… juragan yang gaul, pake kacamata dan headset sambil dengerin MP3. Tapi tau nggak kalian?? aku SALTUM! alias salah kostum, lihat dan amati fotoku, aku memakai jaket biru ala eskimo dan jaket itu tebal banget, di saat kondisi dengan cuaca panas seperti ini, aku memakai jaket itu. Wow! bisa dibayangkan betapa panas dan berkeringatnya diriku!

DSCI0202

Perkumpulan ibu-ibu pemanen tebu. Ahaii..amboi sekali!

Setelah selesai hunting foto dan berpanas-panas ria, akhirnya kami kembali ke rumah, tapi sebelumnya aku mengajak ayahku untuk mampir ke warung yang menjual ‘es kelapa muda’. Hmmm… segar sekali meminum es kelapa muda di siang bolong. Abis itu aku juga ditawarin makan bakso. I’m full… hahahaha =)

DSCI0212

Banyak banget kepala yang dijual, tinggal pilih mau yang mana nih??hohohoho…

21 thoughts on “Pelangi Berubah Menjadi Petani Tebu???

  1. keren pemandangannya, terutama yg plg atas
    keknya spot potensial utk explor seni fotografi alam
    entah sudut pengambilannya atau pencahayaan gitulah…
    * sok tau nih, padahal ga ngerti apa2 soal fotografi :mrgreen: *

    .

  2. Wahhh Bu Mandor cilik benar-benar mengingatkan masa kecil.
    waktu itu bersama teman-teman ngambil tebu pas panen.Diijinkan pak mandornya lho, bukan mencuri 😛

  3. Hihihih….ini kan yg pernah ada di fb mu ya, bet. Lucu deh. Btw, akhirnya tampilan pelangi ceria lagi nih. Btw, bannernya msh bsa dimodif lg, tuh pke photoshop. Saranku c taro aja fotomu di banner, biar org2 taw syapa itu pelangi 🙂

    1. hehehhe… mantaps… punya kans utk jadi nyonya juragan tebu kelak, kqkqkkqkq…
      btw, aiihh… tampilan baru pelangi..??? maaf neh, lama tak berkunjung jadi kaget dengan tampilan barunya… mantaapp

      cu…

      1. haluuu kak perigi tua… apa kabar?? wah.. saya kangen nih lama nggak update blog.. hohoho =) iyah tampilan baru biar banyak orang yang sering berkunjung dan menyapa pelangi. hehehe…

  4. Salam Takzim
    Khawatir ga ketemu waktu
    Khawatir ga ketemu warnet
    Khawatir ga ketemu sinyal
    Mau ngucapin met hari raye

    Minal A’idin Wal Faidzin
    ..
    Salam Takzim Batavusqu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s