Posted in Kontes Blog Nothing Impossible

BELAJAR KEHIDUPAN DARI LIRIK MBAH SURIP

“ Tak gendong kemana-mana… tak gendong kemana… enak dong mantep dong dari pada kamu naek pesawat…hayo mau kemana?? “

Lirik lagu ini sudah tak asing lagi ditelinga kita, apalagi dengan sosok penyanyinya. Mbah Surip merupakan sosok fenomenal dengan gaya nyentrik, berambut gimbal, dan dandanan ala penyanyi reggae. Kehadiran Mbah Surip telah membuat banyak kisah yang perlu menjadi renungan buat kita, khususnya pemuda Indonesia.

mbah_surip

Mbah Surip dilahirnya dengan nama Urip Ariyanto di Mojokerto, 5 Mei 1949 yang berusia 60 tahun. Mbah Surip senang sekali menimba ilmu mulai dari ijazah SD, SMP, ST, SMEA, STM, Drs, Insinyur, dan MBA. Dulu Mbah Surip pernah merasakan sebagai engineer di pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan pernah bekerja di luar negeri seperti Kanada, Texas, Yordania, dan California. Inilah penuturan dari Mbah Surip.

“Saya dulu engineer. Pernah ngebor minyak, pernah kerja di bidang kelistrikan, bangunan, borong-borongan,”

“Sepuluh tahun saya di bidang pengeboran pengeboran minyak, tambang berlian, emas, dan lain2. Ga’ cuma di Indonesia, tapi juga luar negeri, Kanada, Texas, Yordania, California.”

“Nah, itu, saya bingung lagi. Wong, saya bisa juga cari ketela, ubi, buat bayar sekolah. Sayur basi saya kumpulkan untuk biaya sekolah. Saya senang sekolah. Ada S-1, MBA, akhirnya ya jadi mbah. Saya punya ijazah SMP, ST, SMEA, STM, Drs, sama insinyur dan MBA. Termasuk, saya mempelajari geologi,”

mbah-surip-2

Ternyata lagu Tak Gendong sudah diciptakan 26 tahun yang lalu saat beliau bekerja di Amerika Sekirat. Lirik yang sederhana, akrab ditelinga, dan mudah dicerna ini memiliki arti yang dalam, yaitu berisi pembelajaran bagi kita semua, di mana manusia belajar dari salah menjadi benar. Inilah cuplikannya…

“Biasanya, yang dipelajari adalah sesuatu yang benar. Kalau itu, salah menjadi benar.”

“Tafsir sederhananya, Belajar salah itu, yang digendong ya siapa saja, entah baik, galak, nakal, atau jahat. Seperti bus, nggak peduli penumpangnya, entah itu copet, gelandangan, pekerja, ya siapa saja. Sebab, menggendong itu belajar salah,”

“Mungkin dulu bikin begitu, sekarang direnungkan lagi. Dibuat waktu ngebor minyak, tepatnya di California,”

mbah-surip

Selain lagu Tak Gendong juga ada lagu yang tak kalah booming yaitu Bangun Tidur Lagi. Jika kita hanya sekedar liriknya, mungkin kita beranggapan bahwa liriknya biasa saja, tak bermakna, tetapi bila kita mencoba merenungkan ternyata dibalik lagu yang sederhana itu banyak makna yang dapat kita petik untuk melihat dunia ini. Ada juga lirik yang dapat kita lihat sebagai pembelajaran bagi kita dari lagu Bangun Tidur Lagi. Lagu yang bisa dinikmati oleh semua orang dari berbagai golongan, mulai dari pengangguran yang mandang lagu ini sebagai cermin diri mereka, yaitu bangun tidur tidur lagi, ya iyalah.. secara mereka tak memiliki kegiatan lain selain menganggur dan tak berusaha untuk mencari kesibukan lainnya. Tetapi untuk pekerja entah pekerja kantoran ataupun pengusaha lagu ini merupakan kerinduan mereka untuk menikmati waktu santai.

Mbah Surip merupakan orang yang cerdas, beliau bisa mengambil peluang dari kecerdasannya untuk menciptakan sebuah lagu yang membumi dan merakyat. Mudah dicerna tetapi dengan makna yang dalam. Kehadiran Mbah Surip merupakan penjelmaan dari “guardian angel” bagi masyarakat Indonesia. Nothing Impossible.. inilah kesimpulannya. tak ada yang tak mungkin di dunia ini, karena kita percaya bahwa ada Tuhan yang mengatur semua ini. Kehidupan dari Mbah Surip telah diatur oleh Sang Kuasa, rezeki, kesehatan, umur panjang, bahkan kesuksesan sudah ada yang merencanakan. Beliau yang dulunya pernah menjadi engineer bahkan pernah melanglang buana ke luar negeri bisa menjadi sosok penyanyi yang fenomenal. Bisa saja dia terus bertahan sebagai engineer yang bergelimpang harta, tetapi beliau memilih jalan lain yaitu sebagai penyanyi. Mbah Surip memberikan banyak pembelajaran dari setiap lirik yang dibuat dan tidak hanya sekedar menyanyi tetapi juga menyampaikan pesan-pesan moral untuk kehidupan Indonesia yang lebih baik. Di usia tuanya, tak ada yang tak mungkin dia menjadi sosok penyanyi sukses yang sangat dikenal oleh berbagai kalangan. Tak ada yang tak mungkin dari latar belakangnya sebagai engineer bisa menjadi penyanyi unik yang selalu dikenang. Ini dapat menjadikan inspirasi buat kita semua, sesuatu tidak bisa dilihat dari besar kecilnya harta tetapi dari bagaimana kita bisa memberikan yang terbaik untuk orang lain. Walaupun raga Mbah Surip tak lagi berada ditengah-tengah kita tetapi semangatnya masih selalu menyelimuti diri kita untuk terus maju dan memperbaiki kehidupan ini. I love u full, Mbah Surip!!

Dari cerita ini, kita sebagai blogger Indonesia bisa terus meningkatkan kreativitas kita untuk terus berkarya seperti Mbah Surip. Tak perlu takut untuk memulai tulisan-tulisan pendek, tetapi memiliki mankna yang dalam, bisa menjadi pembelajaran bagi orang lain dan memberikan pengetahuan baru. Bagi blogger pemula, tak perlu khawatir untuk memulai tulisan blog, ikuti kata hati kita dan niatkan dalam diri menulis untuk berbagi dengan orang lain.

Blog ini ditulis sebagai tribute to Mbah Surip, sebagai motivation story untuk kita supaya kita tetap semangat meraih cita-cita dan impian kita, serta diikutsertakan dalam lomba yang diadakan oleh Dindasmart.com dan admin AdaBisnis.com yang bertajuk Kontes Blog Nothing Impossible.

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

35 thoughts on “BELAJAR KEHIDUPAN DARI LIRIK MBAH SURIP

  1. mbah surip emang top
    ternyata doi punya latar belakang pendidikan yang oke punya, walaupun punya passion yang amat besar di bidang seni
    sementara banyak orang bilang seniman tuh kebanyakan orang gak sukses, mbah surip bis membuktikan kalo [aradigma itu tak sepenuhnya benar.

    sehari setelah maninggalnya mbah surip, gw liat rekaman dia di acara talk show space toon bersama pelawak reza bukan dan faris
    ternyata benar, lagu tak gendong memiliki makna yang cukup dalam
    bisa dilihat dari video klipnya
    yang ceritanya mbah surip jalan nembus badan orang, katanya saat itulah terjadi pertemuan dari hati ke hati antar makhluk
    jika pertemuan itu terjadi, maka dapat menghindari salah paham satu sama lain

    adegan menggendong orang, bermakna salig gotong royong satu sama lain

    yah walau gw juga agak kurang ‘mudeng’ dengan penjelasan beliau karena emang video klipnya yang aneh, tapi gw bisa ngerti kok pesan moral yang ingin disampaikan mbah surip setelah mendengarkan penjelasan beliau

    and yes, he is very inspirational
    semoga karya2 beliau tidak akan punah sepeninggal almarhum
    amin. x)

  2. dalam “kunjungan singkat”nya ke dalam hati masyarakat Indonesia, mbah surip mampu meninggalkan kesan yang mendalam. saya salut sama beliau. sosok inspiratif yang terus berkarya sampai ajal menjelang.
    untung saya udah pernah nonton live mbah surip. :mrgreen:

  3. mbah surip cukup fenomenal
    meskipun baru sesaat terkenal, tapi udah banyak ngasi pelajaran buat kita kalo idup itu dibuat nyantei ajje.
    seperti moto hidupnya “i lof uu full”

    hmmm
    slamat jalan mbah suripp

  4. Satu hal yang bisa kita ambil hikmah dari kehidupan mbah Surip adalah :dia tak mendewa-dewakan ijazah. Ijazah sebanyak itu entah digunakan untuk apa, faktanya dia sukses menjadi ngetop dengan lagu yang liriknya tentu bisa dibuat oleh seorang anak SMA.

    Manakala kursi pegawai sudah penuh, jabatan yang memerlukan dasi sudah tak ada, mengapa tak dicoba ” menciptakan pekerjaan ” bagi diri sendiri.

    Sukses dengan tulisan yang padat dan tetap enak dibaca dan perlu.
    Salam dari pakde di Surabaya

    1. Pak Dhe Cholik memang selalu bijak, dimanapun. Sepertinya saya harus mulai nginthil sama pakde saya yang satu ini.
      Setuju dengan pak dhe, mbah surip tetap berbaju kesederhanaan meskipun sudah sukses. Juga tidak latah dengan kesuksesannya. Satu lagi orang yang kita bisa belajar darinya 🙂

  5. selamat malam sahabatku………………
    kayaknya blue sering mampir dech ke rumahmu ini heheh………..
    salam hangat selalu

    wah ngomongin mbah yah………..heheh
    siapa sih yang tak tergugah untuk menyempurnakan ide yg sangat sedehana yang ia miliki yang pada akhirnya menjadi booming selayaknya lagu tak gendong itu sendiri……….
    ach Mbah yang selalu tersenyum dalam kondisi apapun sepertinya aku tak akan melupakan senyuman serta ucapan i love u fulllnya itu……….

  6. sebuah penghargann buat beliau adalah tanggapan masyarakat akan karya2 dibalik kesederhanannya yang luar biasa. semoga kita bisa berkarya dengan lebih baik, dan memiliki semangat seperti yang dikibarkan beliau ^_^

  7. Inilah contoh dari pepatah : seperti ilmu padi, makin berisi, makin merunduk”
    Nggak nyangka ya,Mbah Surip yg demikian sederhana, mempunyai kepribadian low profile, ternyata sebegitu buanyak pengalaman hidup di manca negara, juga segala macam gelar akademik.
    Benar2 bisa menjadi teladan utk kaum muda kita.
    salam.

  8. SALAM CINTA DAMAI DAN KASIH SAYANG

    ‘TUK SEMUA SAHABAT SAHABATKU TERSAYANG

    ” I LOVE YOU PHUUUUUUUUULLLLLLLLLLL “

  9. menurut saya kritik dan saran dan juga sebuah ucapan-ucapan seperti artikel anda adalah sebuah moto dan intropeksi diri terhadap diri saya….
    terimakasih sudah mampir keBLOG saya

    salam kenal dan peace

  10. almarhum mbah surip tak akan mati oleh para penggemarnya,… aku selalu ada dan siap menggendong siapa saja…

    salam untuk mbah surip yang telah menunaikan tugas yang mulia

  11. wah, pengetahuan Gian memang luas dan up to date.
    Kadang, orang yang ngurusi sumur memang ide-idenya suka diejawantahkan dengan cara unik.

    Mengomentari “Biasanya, yang dipelajari adalah sesuatu yang benar. Kalau itu, salah menjadi benar.”..

    Dan disini justru aku sedang mempelajari hal-hal salah Gi..
    Kalau itu, benar jadi salah? ‘_’

  12. Tak gendong kemana-mana… tak gendong kemana… enak dong mantep dong dari pada kamu naek pesawat…hayo mau kemana?? “

    trut berbela sungkawa.. 😦

  13. mbah surip tokoh inspiratif yang datang sekilas dalam benak masyarakat indonesia namun memberi kesan yang amat mendalam…
    memberi arti yang begitu luas akan falsafah memberi tanpa harap menerima sosok easy going and keep smiley till the end of his time….

  14. subhanallah . rahasia Tuhan , siapa yg tau . hanya Dia yg tau , dan hanya Dia yang mengatur .
    selamat jalan mbah surip , prjalanan khidupanmu brarti untk orang lain 🙂

  15. Apa yang diajarkan mbah surip adalah kesederhanaan dalam berkarya dan ikhlas dalam bekerja, sungguh 2 hal ini langka ditemui pada manusia sekarang….

  16. hmmm… nothing impossible. Semuanya tergantung dari diri sendiri, sih. Kalau terus berpikir bahwa sesuatu itu ‘mustahil’ ya maka akan selalu ‘mustahil’ bagi kita. Kita sendirilah yang harus merubah konteks ‘mustahil’ tersebut menjadi ‘tidak mustahil’… nothing impossible.

  17. iya mbak bener banget tuh . aku pengen belajar dari mbak beta soal bakat nulisnya .

    soal si embah surip itu aku juga salut sama almarhum , di usia tua dia masih bisa berkarya . dia habiskan masa tuanya dengan hal positif yang berguna , nggak cuma buat dia tapi juga buat orang lain .

    kita sebagai anak muda , generasi muda , nggak boleh kalah sama almarhum mbah surip yang udah tua namun masih bisa berkarya .
    sebagai remaja dalam usia produktif , baiknya kita kudu bisa lebih kreatif dan lebih produktif ,kalo bisa juga lebih eksis dari yang tua dalam hal yang berguna , dan positif .

    ya kan , mbak ?:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s