Media Baru Citizen Journalism di anakUI.com

Apa sih anak UI.com?? pasti banyak yang bertanya-tanya, apalagi yang bukan anak UI. Hohohoho… tenang-tenang, bagi yang penasaran, kali ini aku akan mengulas habis-habisan tentang istilah tersebut. anakUI.com meruapakan sebuah komunitas mahasiswa Universitas Indonesia yang pertama di dunia cyber. Hmmm.. bisa dibilang seperti kaskus-nya anak UI atau detik.com-nya anak UI. Di sini banyak sekali indomasi yang bisa kita peroleh dan ada juga forum untuk berdiskusi tentang berbagai hal. Sarana ini bisa digunakan untuk seluruh mahasiswa UI menunjukkan keeksisannya di bilang keilmuan maupun berbagai hal. Selain itu, kita juga bisa mengeksplor diri di komunitas ini dan mnuangkan ke dalam tulisan yang beragam.

Ada apa ajah sih di anakUI.com?? Wuihhh… banyak banget cuii,,, ada artikel, berita, informasi, publikasi kegiatan, opini, dan kerennya semua tulisan itu ditulis oleh mahasiswa UI yang udah join di http://www.anakui.com/ ; ada juga forum yang memberikan fasilitas untuk kita (mahasiswa UI) saling berinteraks dan sharing tentang banyak hal. Ternyata anakUI.com itu didirikian oleh Tunas Uniyindo Mandiri (Uniyind), sebuah perusahaan desain dan pengembangan web serta system informasi yang didirikian oleh enam orang mahasiswa Fasilkom UI angkatan 2005. Hohohoho… Makanya buat teman-temanku angkatan 2008, senior-senior, maupun alumnus-alumnus UI, buruan gabung… “ Pintu kami terbuka untuk kalian semua, “ kata admin anakUI.com. Gimana sih caranya daftar?? Sulit nggak sih?? Ribet nggak sih?? Weiitsss…jangan salah, gampang banget lho daftarnya. Klik anak link ini http://www.anakui.com/wp-login.php?action=register.

Secara nggak langsung anakUI.com telah merintis citizen journalism. Citizen Journalism adalah kegiatan aktif yang dilakukan masyarakat dalam kegiatan pengumpulan, pelaporan, serta penyampaian informasi dan berita. Tipe Journalisme ini akan menjadi paradigma dan tren baru tentang bagaimana pembaca membentuk informasi dan berita di masa akan datang. Misalnya, tragedy Tsunami di Aceh yang diliput oleh korban Tsunami. Terbukti berita ini bisa mengalahkan berita yang dibuat oleh jurnalis professional. Citizen Journalism lahir dari peradaban dan perkembangan teknologi. Sekarang berita-berita yang dibuat dalam bentuk hardcopu sudah punya duplikatnya di internet dan yang lebih canggih lagi “sekarang setiap orang bisa menjadi penulis”. Kalo aku bisa kenapa kalian nggak bisa? Iya kan… karena setiap orang mempunyai peluang untuk menulis.

rotateSA_header.php

Bila kalian membuka website anakui.com, ada sebuah banner isinya, “sampaikan ilmu dan opini kamu tentang kampus, bidang ilmu, dsb”. Dari situ kita sudah dibukakan pintu untuk membeberkan semua ilmu yang kita punya maupun pengalaman-pengalaman unik yang kita dapat di komunitas ini. Di dalamnya ada tiga kolom yang berisi dari kampus kita seperti http://www.anakui.com/2009/07/26/danau-indah/ ; opini yang sedang hangat-hangatnya seperti http://www.anakui.com/2009/07/27/bopb-bukan-cuma-kontroversi-tapi-juga-seret/ ; dan informasi lainnya yang saling melengkapi seperti http://www.anakui.com/2009/07/28/berhenti-bicara-dalam-level-indonesia-dan-perhatikan-sekelilingmu/. Ada juga tempat diskusi, dari anakUI.com, maupun Agenda kampus kita. Banyak sekali informasi yang disajikan di anakUI.com. Apalagi suatu ide yang kreatif untuk membuat sebuah “Lomba Blog Notes Facebook anakUI.com” untuk memberikan peluang bagi mahasiswa untuk menjadi citizen journalism.

Secara keseluruhan tampilan dari anakUI.com cukup menarik dan akan lebih menarik lagi, jika ada tampilan yang menggambarkan logo UI atau sesuatu yang berbau Universitas Indonesia. Untuk warna font yang ada di halaman anakUI.com sebaiknya dibuat black, jangan abu-abu or brown soalnya, tulisan jadi kurang hidup dan bagi yang bermata minus seperti diriku ini jadi susah dibaca. Hehehe… =) Apalagi kalau anakUI.com memberikan fasilitas bagi pecinta seni seperti seni fotografi atau desain grafis untuk menampilkan hasil karyanya (portofolio) di anakUI.com. Selain kita bisa memberikan ilmu pengetahuan, seni pun bisa jalan beringinan.

Gimana teman-temanku?? Berminat kan untuk join at anakUI.com… Dijamin seru dan nggak ada matinya. Buat yang bukan anak UI juga nggak apa-apa kog berkunjung atau sekedar membaca berita-berita seputar UI. Sukses untuk anakUI.com!!!

lombablognotes


106 thoughts on “Media Baru Citizen Journalism di anakUI.com

  1. makasiiih temen-temen udah mampir ke blog saiia.. =)

    *) dimas : makasiih udah mampir diman =) selamat membaca postingan-postinganku iah..semoga bisa menambah ilmunya..

    *) backpackerman : hohohoho… nggak apa” bukan anak UI.. bisa juga join lho.. sekedar membaca artikel, opini, dll kan bisa menambah wawasan dan tidak terpaku untuk anak UI ajah lho.. =)

    *) supriyatno : hehehe.. makasih kak supri udah mampir =) hehehe.. boleh” bergosip asal gosip sehat. hehe =) dulu ada lho..gosip tentang cowok berjilbab pink di artikel anakui.com.. gegege…

  2. haddiirrr kalimaaxxx….
    wow, hebat hebat hebat keprox keprox ambil berdiri (namanya apa tuh..???)
    kalo orang non ui boleh gabung, kalo aku ketuaan ga neh? nanti begitu daftar langsung dipanggil kek… kakek… hehehe, ya emoh aku 😦
    gosip ttg co berjilbab? yang sehat dimananya???
    nice post
    cu…

  3. hidup, UI heheh……..jayalah UI hihihi………….yellow jacket hahaa……………….
    jadi ingin kesana lagi hehehe…………..depok salemba mau mau mau……..
    salam hangat selalu

  4. HHmm….Anak UI.com yawh, pernah tahu sich, cuman ga sampe detail infonya hohohoho….

    Mantap dech ulasannya, saya bisa tahu banyak dari berbagai macam sisi penilaian saat mengenal AnakUI.com ini…

    Citizen Journalism, konsep yang menarik, semoga para mahasiswa ga cuman pinter doank, tapi juga bisa mempubilkasikan dan memaparkan dengan luar biasa… 🙂

    Salam semangat Bocahbancar…..

  5. Good Job!
    kayaknya bakal menang lagi nih, bet
    hehe…amin, amin.

    Tulisannya bagus loh, bet
    Informatif dan persuasif
    Mantab deh pokoknya
    Makin cinta deh sama pelangi ^^

    Aku setuju banget tuh sama statemenmu yang bilang anakui.com kayak kaskusnya anak ui.
    Yup,,bener banget. Kita punya komunitas sendiri yang gak kalah beken sama komunitas sosial di dunia maya lainnya.
    Buktinya anakui.com bisa punya banyak member.

    Tapi sayangnya anak ui sendiri pada jarang yang mau buka anakui.com.
    Mungkin kalah saing sama situs-situs lain kayak youtube, twitter, dan semacamnya.
    Makanya biar banyak pemintanya lomba blog/noter kayak gini musti sering diadain ya, bet.

    Eh, ngomong2 bet
    aku sekarang udah bisa nambahin shoutbox loh di blog ku
    coba dilihat ya.

    Makasih^^

  6. makasiiihh =) semoga artikel ini bermanfaat buat semuanya …

    *) kak zulhaq : hehehe.. iyah dunk komplit…siapa dulu anak UI..hehehe =D hmm.. boleh join kak, buat sekedar baca” ato liat informasi,,kalo join untuk penulisan artikel dll hanya untuk anak UI ajah.. gitu,, wah” gember juga bisa gabung,,nimbrung ngambil ilmunya juga boleh =)

    *) zaelanidrajat : okeh..makasiih iah udah berkunjung =)

    *) faza : wah.. udah tua ya kek?? walopun raga tua tapi jiwa tetap muda dunk selalu berkembang dan menjadi lebih baik =) hohoho… kakek bisa baca” ajah ato join tp untuk ngirim” artikel khusus keluarga besar UI..hehehe =) owh.. dulu kek, itu ceritanya udah lama banget,, ada cowok masuk asrama cewek..jadi sebutan cowok berjilbab pink soalnya dimenyamar jadi cewek.. gosip yg sehat itu yg bisa digunakan untuk pembelajaran biar nggak terulang lagi =)

    *) wandi thok : makasih udah mampir, mo jawab nih
    1. owh..itu salah ketik mas, harusnya informasi.. soalnya ngetik nih postingan mlm” sekali..hehehe =)
    2. boleh” boleh banget..pintu terbuka lebar =)

    *) Qie : haluu kie,, jangan sedihh.. kamu bisa gabung kog,,,bisa baca” dan bisa juga nambah ilmu dari website anakUI.com okeh =)

    *) annekepuspa : makasiiih kak neke, atas kunjungannya.. seneng deh BHP inti BEM bertandang kerumah cyberku..hehehe…

    *) Bocahbancar : makasiih udah mampir,,, iah.. jangan lupa di link iah..hehehe =)

    *) Mr.o2n : mr.. nggak ada kata telat untuk menambah ilmu.. makasiih udah mampir =)

    *) Nugrahacyber : iyahhh…silakan gabung iah.. =)

    *) hanstoe : yuuppp…semoga bermanfaat =)

    *) andipeace : makasiiih udah mampir,,,salam kenal buat andi =) silakan gabung…

  7. makasiih buat avii dan romii udah mampir =)

    *) avii : makasiiih aviii.. kamu emang sahabatku yang terbaik,,, jadi punya ide buat bikin award nih..hehehe.. =) oia..aku udah liat nih di blog kamu.. iyah bagus makin berkembang blogya.. to kog aku mo kasih comment tetep nggak bisa iah.. huhuhuhu.. T.T sukses ya!

    *) miimii : yuukkk.. mareeee… =)

  8. Ada beberapa kritik yang harus dimengerti oleh blogger, yaitu, pertama, tentang istilah tersebut. anakUI.com meruapakan (setelah titik seharusnya diawali dengan huruf besar ”AnakUI.com,” atau untuk mengatasi masalah ini, harus dimulai dengan kata depan sebagai penghubung kalimat maupun sense kalimat, misalnya Yang dimaksud dengan anakui.com merupakan dan bukan ”meruapkan”). Kedua, “menunjukkan keeksisannya” lebih realistis jika diganti dengan menunjukkan eksistensinya. Ketiga, telah merintis citizen journalism. Seharusnya citizen journalism ditulis miring atau dengan tanda kutip dua. Dan keempat, tragedy Tsunami di Aceh, seharusnya tragedi tsunami di Aceh, karena kata tsunami sudah menjadi fenomena umum bahkan menjadi bahasa Indonesia melalui proses signifikansi simbol bahasa.

    Kendati demikian, belum ada koreksi lebih lanjut tentang substansi kalimat, tujuan penulisan, style penyajian pesan, dan siapa pembaca utamanya. Singkat kata, masih banyak kritik yang harus diperbaiki secara signifikan. Merci.

  9. mba beta keren.. tapi sayang aku bukan anag UI..
    em,,tapi gpp juga sih, aku jadi tau apa aja yang ada di UI..
    hehehe… =)
    nuhun yah mba beta.. ajari bikin blog kaya mba beta ya..
    =)

  10. haluuu semuaaa…. makasiihh iah udah berkunjung =)

    *) mr o2n : iyah.. jadi kita bisa dekat juga ma senior” kita mr.. jadi bisa banyak punya linknya..hehehe =)

    *) mr. friss : makasih kakakku sayang udah kasih kritik buat tulisanku.. hohohoho.. ternyata masih banyak yg kurang iah dlm penulisan tanda baca.. hehehe =)

    *) bluethunderheart : haluu blue.. kabar baek nih.. gimana kabarnya juga =) baek kan..

    *) mita : makasiih dek, udah mampir.. sip”.. kapan nih mulai diajarinnya???

    *) hanita : makasiih kak hanita udah mampir.. silakan berkunjung ke anakui.com

    *) lucky : makasiih lucky.. doakan iah!!!hohohoho…

    *) ade bayu : hahaha… bisa mas,, kan mantan mahasiswa UI.. hehehe.. bisa kog,, masi ada kan KTMnya??hehehe =)

    *) tamago : halooo tamago =) makasih iah udah berkunjung balik.. saiia jurusan komunikasi 2008… =)

  11. Kunjungan balik nih…sblm-y mksh dah mampir blog beta…jgn2 sngkn dan bosen maen k tmpt beta…
    Mbak lg ikut kontes blog jg ya…beta doain menang jg deh.. 🙂
    Dukung beta jg ya… Beta jg ikutan kontes blog dgn thema nothing impossible…
    Cukup ksh komentar artikel beta tentang bom dan mbah surip…

  12. arigatou minnasan.. =)

    *) ayam cinta : nggak apa” kog ayam kalo bukan anak UI.. cz.. semua bisa mengakses dan bisa sekedar membacanya.. =)

    *) kangboed : makasiiih kangboed =) salam manis juga deh..hehehe..

    *) kezedot : makasiihh udah mampir ke blog pelangi…

    *) elhaem : iya.. makasiihh ya,,, =)

    *) septa : iyah… makasih udah mampir =) pasti disampein nih salamnya.. btw,, salamnya untuk semua anak UI ya?? wah.. bisa sampe setaon nih nyampeinnya..hehehe…

    *) bayu : okeh =) comes harus lebih bagus neeeehhh =)

    *) vanzrock : makasiih sudah berkunjung.. nice blog to =)

    *) noe : iyahh..selamat bergabung iah.. silakan menambah wawasan di anakUI.com.. =)

    *)odol gigi : iyah nih.. kan wordpress emang dihati,, mudah dioperasikan dan dijangkau oleh semua orang.. =)

    *) farus : iyah.. monggo mas..

    *) indra1082 : iyah… doakan ya kak =)

    *) irawan : iyah sama”.. semoga kita menang iah..amiinn…

    *) elmoudy : siiipp.. dua tiga pulau terlampaui kan??hehehe..

    *) cahjoker : iyah.. kan wordpress mudah dioperasikan..

    *) acha : makasiihhh banyak acha.. udah interaktif di blog pelangii.. hehehe… 10 comment lagi dpt piring cantik lho.. hehehe.. gambar doank ajah iah.. hehehe =D

    *) huang : kalo yg join bisa mahasiswa, alumni, dll. kalo untuk orang luar hanya bisa mengakses dan membaca.. selamat mencoba.. =)

  13. Forum seperti diatas sangat bagus sebagai media informasi , media silaturahmi bagi civitas akademika maupun untuk sharing ilpengtek. Namun harus selalu di update data dan artikel lainnya. Ini biasanya menjadi kelemahan kita. Bisa membuat tetapi kurang dalam pemeliharaannya.
    Namun saya yakin pengelolanya akan mampu menjadikan media ini tetap eksis dan update.

    Selamat berkarya, dan sukses selalu.
    Salam dari pakde di Surabaya.

  14. Kunjunngan balik nih… Sukses buat anakui.com, semoga jejaknya di ikuti oleh berbagai universitas lain. Sebuah gagasan untuk mencerdaskan anak bangsa… selamat untuk anak UI.

  15. makasiihh udah menyempatkan untuk mampir =)

    *)pakde cholik : iyah pakde,, sesuatu itu yang sudah kalo merawatnya.. sama halnya dnegan blog.. dirawatnya dengan cara selalu di update.. =) hehehe… makasiih udah mampir pakde,, btw.. saya juga orang jawa timur tapi jadi musafir ke depok..hihihihi…

    *) kak zulhaq : okeh kak.. nanti saya update linknya..hohohoho =) domain baru iah kak.. 😉

    *) gerilyawan : iyah kak,, mampir dunk ke anakUI.com.. alumni juga boleh lho..hohoho…

    *) rian : makasiih udah mampir silakan meluncur..hohohoho…

    *) zulham yusuf : makasiih sudah berkunjung ke blog pelangi.. =)

  16. apa kabar semua??? semoga sealu diberi kesehatan oleh Sang Kuasa.. amiinn… makasiih udah mampir.. =)

    *) perigi tua : haluuuu kakek perigi..hehehe.. apa kabar?? lupa jalan pulang ya kek??? hohohoho… =p

    *) rivanlee : hehehe… iyah,, kebiasaan manggil semua orang kakak sih.. hehehe… =)

    *) ciwir : haluu ciwir.. slm kenal =) boleh kog.. selain anak UI boleh mampir dan baca” artikelnya..hehehe..

    *) soulharmony : hehehe.. salam kenal =) selamat apa kak?? doakan iah..amiinn..

    *) kucingkeren : makasiihh”… salam kenal iah..

  17. lah, anak ui dot com udah lama kekna,
    ajang bunuh2an tentang semua yg ada di ui (gak mesti juga sih)

    ahahahahahahaha..

  18. hebat deh anak ui, semoga tambah oke karyanya
    btw, ponakan aku yg paling gede baru keterima di kriminologi ui
    *kriminologi??? jurusan yg aneh 😆 *
    *sori buat yg jurusan itu yak, pisss :D*

    .

  19. beberapa universitas sudah mulai merambah ke dunia digital, ke dunia maya, saat ini, internet lebih khusus pada bidang nge blog atau forum-forum sangat bermanfaat bagi kita (mahasiswa khususnya), terlebih untuk saliang berinteraksi dengan jurusan dan bidang keilmuan yang lainnya, semoga sarana tersebut dapat memberikan dampak yang positif dalam hal ilmu pengetahuan dan informasi,

  20. makasiiihhh =)
    *) kak upik : iyah kak.. udah lama,, tapi baru diekspos besar”an bulan” inih..hehehe =) hah??ajah bunuh”an??emang pernah kak??

    *) yolanda : iyahhh deh,, tunggu iah..hehehe =)

    *) zons : hah?? angkatan berapa kak??? 2009.. hohohoho..kriminologi hampir sama dengan hukum.. tapi masuk fisip..hehehe..

    *) perigi tua : maksiih kak udah mampir=)

    *) didien : iyah… makasiiihh..silakan berkunjung ke anakUI.com..

    *) rasyid : iyahh..salam kenal iah..mari berkawan.. =)

    *) alfaroby : makasiih commentnnya.. makasiih juga sudah berkunjung..semoga hal” yg bermanfaat dapat diikuti oleh orang lain..

    *) celoteh : iyah..salam kenal juga… =)

    *) hellgalicious : iyahhh..silakan mampir ke blog pelangi lagi.. dan silakan baca setiap postingannya.. =)

  21. selamat malam sahabat
    semoga di paginya hari ini kamu selalu memiliki semangat yang tinggi
    tuk menggappai apapun yg kamu inginkan….asala jangan menggapai tali jemuran tetanggamu yah…..$#%#%#blue kena lemparan sendal u dech heheheh……..
    salam hangat selalu

    pa cabar?

  22. Betaaa…he5,maap ya lama bkunjung ksini bt ikud ndukung,kmrn dh smpet baca,tp lum ngoment..he5,dan skrg tbalah driku bt ngoment,wkwk,kmu ikud kontes ya,waa,smga berhasil iah,hehe,
    Hmm..
    Btw ui tuh emg top iah,sampe punya web ndiri yg memfasilitasi para mahasiswanya buat yang mau mempraktekan menjadi seorang jurnalis, meski menjadi citizen jurnalism dahulu, yah,walau dr hal disekitar ui,tp itu penting lah, berarti anak ui sendiri diajak untuk peduli terhadap kemakuan kampusnya sendiri. Wew..sangat salut aku sama ui.:-D tp andai aj diwebna itu ada juga citizen photojurnalism jg,kyaknya bkal lebi menarik d. Jadi pembaca tidak dibuat bosan dengan tulisan aja, tp juga gambar-gambar yg mendukung. Kan juga yg cita2nya jd potograper jurnal kan bs sxan latian ,:-D
    Tp terlepas dr itu semua, salut buat Anak Ui..maju terus!

  23. makasiiihh temen” udah mampir semoga artikelnya bermanfaat n menambah info buat kalian semua.. =)
    *) D3pd : haluuu D3pd.. =) salam kenal iah..makasiih udah mampir..hohohoho.. sering” iah..hehehe..

    *) ade bayu : haluu kak,,, hohohoho.. masih inget ya NPM.. ada juga KTMnya?? jadi penasaran pengin liat fotonya..wkwkwkw..

    *) kezedot : alhamdulilah baek,, kezedot gimana kabarnya?? jangan kejedot terus.. kasian jidatnya..hehehe… wah,, tali jemuran tetangga jauh” nih..

    *) praz : hahahaiii.. gpp kog,, gimana java rockin land??? serru nggak??hohohoho.. makasiih iah udah mampir.. =)

    *) sakurata : alumni jogja dimana buu??hohoho..silakan kalo mo join =) dengan senang hati..hohoho..

    *) bundadontworry : makasiih bunda udah mampir.. =)

    *) dobleh yg malang : aduuhhh..makasiih iah udah merindukan postingan yg baru..okeh =) jadi semangat bikin postingan” baru nih..hohohoho =)

    *) deezeka : yukkkk..nanti saya link iah..makasiih =)

    *) dobelden : boleh kog…bisa baca juga n join..tp kalo mo nulis artikel cuman anakUI..hehehe.. =)

    *) agoesman : makasiiihhh =) sering” mampir iah…hohohoho =)

    *) salisali : hohohoho… yukkk cobain sal,, siapa tau lo langsung kesemsem..wkwkwkw..

    *) cenya95 : makasiih udah mampir.. sippp..sukses juga buat cenya =)

  24. sippppp….. jempolan asik jan…………………………………………………………………………………………………………
    guaul lanjutkan………….

  25. memang, saat ini jurnalisme tidak lagi terkungkung pada gedung kotak temapt redaksi berkumpul tapi semua orang berhak untuk beropini n mengeluarkan pendapat… Pada akhirnya, agaknya apa yag dirisaukan Jendral Besar Napoleon Bonaparte itu benar… “Aku lbih takut pada satu surat kabar daripada 10.000 bayonet tentara terhunus.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s