Posted in Jejak Pelangi

Jelajah Angkasa Bersama Planetarium

Planetarium..

Dari dulu aku udah berencana ingin berkunjung, saat pertama kali menginjakkan kaki ke Jakarta (waktu itu masih kelas 2 SMA, liburan kenaikan kelas) dan baru kesampean kemarin Minggu (24/05/2009). Seneng…bisa jalan-jalan bareng saudara-saudaraku, terutama aku bisa ketemu dek Chacha (adek sepupuku yang paling imut). Soalnya aku sayang banget sama anak-anak kecil dan bawaannya selalu happy nggak bikin stress. Hahahaha… (^_^) Padahal aku masih ada kewajiban buat ujian akhir semester (UAS) Kamis depan, tapi nggak apa-apalah, itung-itung bersenang-senang sebelum kembali pada ujian. Tujuan kali ini adalah Planetarium. Hmmm…ngeliat bintang-bintang deh, paling seneng ngeliat bintang, langit, galaksi, dan ciptaan Allah yang ada diangkasa.

Foto035000

(sebelum menonton pertunjukan Teater Bintang kita nonton film dulu ya..)

Foto036

(orang-orang disini nampak menikmati film dari Planetarium)

Planetarium terletak di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jalan Cikini Raya 73 Jakarta Pusat. Harga tiket masuknya untuk dewasa sekitar Rp 7.000,00 sedangkan untuk anak-anak (sampai usia 12 tahun) dibebankan Rp 3.500,00. Tiket dibeli di loket sejam sebelum pertunjukan dimulai. Waktu itu kita memilih pertunjukan jam 11.30, selagi menunggu kita bisa masuk ke Museum Tata Surya (sebeneranya nggak tau juga namanya, tapi di dalamnya kita bisa menambah wawasan tentang benda-benda langit).

Yuk, denger sejarahnya…. ^^

Planetarium didirikan 1964 yang diprakarsai oleh Presiden Soekarno dan diserahkan ke Pemprov DKI Jakarta pada 1969. Di tempat itu tersedia ruang pameran benda-benda angkasa (yang aku sebut Museum Tata Surya) yang menyuguhkan berbagai foto dan keterangan lengkap dari berbagai bentuk galaksi, teori-teori pembentukan galaksi, dan pengenalan tokoh-tokoh pelopor teori itu. Di ruang pameran itu, ada juga pajangan baju antariksa yang digunakan untuk mengaruhi angkasa raya, termasuk menginjak kaki di bulan. Selain itu disini juga ada pertunjukan Teater Bintang.

Foto019

(ini nih yang aku sebut Museum Tata Surya)

Foto006000

(tempatnya keren, dan serasa di luar angka dengan beribu ilmu pengetahuan tentang tata surya)

Foto014

(mau belajar yang mana dulu nih??asyik-asyik lho^^)

Foto024

(berfoto dulu bersama sadara sepupu, ci luk ba…)

Foto008

(cheersss…\^^/)

Foto012

(hayo..ini apanya namanya??lapisan dalam planet ato bintang??)

Foto022

(wow..ada baju astronot, mau dunk nyobain..^^)

Foto027

(mirip nggak sih ma Albert Einstein??hahaha…)

Foto005000

(belajar yuk bersama Betania…)

Hohoho…ini nih yang kita tunggu-tunggu, pertunjukkan Teater Bintang. Wow.. ruang bertunjukkan Teater Bintang luwayan besar, dan mendukung banget suasananya, nyaman dan tentunya kita bisa menyaksikan permainan adegan pergerakan langt semua yang disesuaikan setiap waktu (dengan monolog yang menarik dan suara yang keren tentunya) memberikan cuplikan dan dongeng kisah menarik tentang langit. Pertama kali kita diberitahu arah Utara, Selatan, Barat, dan Timur. Perlahan-lahan lampu mulai redup, dan kita melihat langit, lalu ditampakanlah rasi bintang. Kisah-kisah tentang langit itu mulai dari Joko Belek yang sakit mata di tanah Jawa hingga Orion si Pemburu dari Yunani. Ada juga gambar astrologi, bintang yang menangui bulan kelahiran kita, seperti Cancer, Sagitarius, Leo, Pisces, Aries, Scorpio, Capricon, Virgo, dan lain-lain. Setelah itu kita terbang ke angkasa melihat bintang-bintang dengan pesawat Apollo (ini yang menarik, serasa terbang karena permainan dari kursi yang bergoyang dan layar yang bergerak-gerak).

Di sini kita juga mengenal planet-planet yang ada di galaksi Bima Sakti, di mana Pluto udah nggak lagi digolongkan sebagai planet tetapi disebut dengan planet kerdil karena bentuknya yang kecil. Dan yang paling membuatku tertawa geli, sang narator mengatakan bahwa di Uranus, malam itu terasa panjang sekitar 22 hari, jadi buat kamu-kamu yang mau malem mingguan bareng pacar bisa pacaran di planet Uranus (hahahaha..aku ketawa ngakak, gile aje, masa pacaran di sana, gimana terbangnya??berat diongkos dunk..hahaha…). Akhirnya kita mendarat dibumi dan pagi pun tiba..

Foto031

(suasana Teater Bintang, gelap dan ramai)

Selesai deh pertunjukan Teater Bintang. Sebenarnya aku kurang menikmati, karena di belakang kursiku dan saudara-saudaraku, ada keluarga yang berisik banget!!!!Jadi sebel deh, gimana nggak, dari awal pertunjukkan anak mereka (mungkin berumus sekitar 2-3 tahun) nangis kenceng banget. Selain itu anak-anak mereka yang berumur sekitar 7-9 tahun ikut-ikutan berisik. Jadinya kita sekeluarga nggak bisa menikmati dengan damai. Trus aku ngomong, ”Kenapa ya si Ibu nggak ngajakin anaknya yang nangis keluar dari teater??” , trus saudara sepupuku menyahut, ”Nggak mau rugi kali ya..” Hufff… Tapi yang paling menyebalkan, ibu itu baru mengajak keluar anaknya setelah pertunjukan akan usai. Ck..ck…ck…ck…

Foto033

(sebelum pulang foto-foto dulu, aku dan de’ Rara)

Foto056

(hahaha…tinggi sapa hayo?!? aku dan de’ Nanda)

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

4 thoughts on “Jelajah Angkasa Bersama Planetarium

  1. wah jadi inget waktu smp …waktu itu pas aku study tour…pas kelas 3,,,jadi pengen balik ke planetarium nih….heheheehh..
    banyak berubah enggak ya…

    eh makasih dah di link balik yo…..sekalian promosi nih jadinya…hahahahha..

    terus berkarya…

  2. hwaaa..jadi pingin ke sana…hiks….:(..sayang, jauh sekali…jakarte…hiks…
    kejakarta aja baru sekali pas study tour SMP…malangnya nasibku,,,
    padahal pingin ke sunda kelapa, TMII, dufan…hwaaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s