Posted in Jejak Pelangi

Mengukir Kebahagian Bersama Mereka

DSCN4512

Melihat mereka belajar, berusaha memperbaiki kehidupan mereka, hati ini damai, tenang, dan bahagia…

Ditengah-tengah kondisi ekonomi yang pas-pasan, mereka tetap berusaha untuk menuntut ilmu…

***

Sekitar sebulan yang lalu, mimi, temenku satu asrama, mengajak ku Minggu pagi ke sebuah aderah bertanam Citayam, Depok. Di sana dia akan mengajari pelajaran untuk anak-anak yang kurang mampu. Pertamanya, aku berpikir anak-anak itu adalah anak jalanan yang putus sekolah atau harus bekerja karena nggak bisa membiayai hidup mereka. Setelah sampai di sana, suasana itu nggak terlihat. Ternyata aku salah untuk mempersepsikan semua ini, yang di maksud anak-anak kurang mampu adalah anak-anak dari keluarga menengah bawah yang nggak punya uang untuk ikut-ikutan bimbingan belajar.

Tiba-tiba aku disuruh ngajar. Hah?!? oke, emang aku suka anak-anak, sangat cinta mereka. Tapi ngajar? matilah..aku belum ada persiapan. Bahkan udah lupa pelajaran SD, hehehe.. ya sudahlah aku memilih untuk mengajar anak SD kelas 1 dan 2, karena tantangan buatku, kan nggak gampang ngajar anak kecil.

DSCN4518

Begitu serius mereka belajar, seakan haus akan ilmu-ilmu yang lama menunggu untuk dihisap. Temenku, Mimi, sedang asyik mengajari seorang bocah kelas 3 SD. Mereka sibuk mengerjakan soal-soal yang ada di buku itu.

DSCN4524

Duh…bingung nih, apa ya jawabannya??kog nggak ketemu-ketemu..padahal udah diitung-itung, gumam anak ini. Aku pun datang menghampirinya, karena dia kesulitan mengerjakan soal MATEMATIKA sedangkan Mimi sedang membantu anak-anak yang lain. Hiks..agak sedih juga, aku kan paling nggak suka sama pelajaran ‘matematika’, tapi karena aku sayang mereka dan pengin mengubah paradigmaku ini, akhirnya aku ajari dia untuk menyelesaikan hingga akhir.

DSCN4525

Salah satu pengajar sedang mengajari anak-anak yang lain. Semua antusias mendengarkan penjelasan dari kakak ini (waduh,maaf kak aku lupa namanya, padahal sering ketemu. Aku sering amnesia sama nama orang). Kita semua mengajar mereka selama 1,5 jam. Pertama kali mencoba mengajar menjadi guru bagi mereka. Tapi di sini kita belum mempunyai kurikullum, jadi kita menyesuaikan pelajaran mereka di sekolah. Ketika aku mengajar anak-anak SD kelas 1 dan 2, apa yang ada dipikiran kalian? aku mengajarkan mereka matematika (dengan soal-soal yang sulit, habisnya aku belum berpengalam dalam hal ini, dan mengubahnya menjadi soal yang mudah), bahasa Indonesia (soal yang aku karang sendiri dan membentuk mereka tentang imajinasi baru), menggambar! ya..aku suka menggambar. Mereka aku beri PR, menggambar lingkungan tempat tinggal mereka. Tapi sampai sekarang aku belum melihat hasilnya, karena aku nggak ikut mengajar lagi yang disebabkan kegiatan organisasiku T.T

DSCN4535

(Foto-foto dulu dunk sebelum pulang, ini dia anak-anak yang jadi muridku)

DSCN4536

(kita foto dulu ramai-ramai, senyuman dari mereka itu menambah kebahagiaanku)

DSCN4537

(lihatlah..impian kalian harus setinggi bintang di langit, klasik banget yah?!?)

DSCN4538

(“bukan kak”,,,sahut mereka kompak, di atas cuman ada atap, bintangnya belum keliatan.ck..ck..ck..)

DSCN4541

(cheers up^^)

DSCN4542

(wah,,,ternyata aku imut juga diantara mereka, serasa muda lagi.hahaha…)

Author:

I enjoy writing, capturing pictures, learning new things and online media. I am a person who always want to increase my knowledge by continue learning, being creative and thinking out of the box, a hard-worker, responsible, full of spirit, cheerful, discipline and committed. Specialties Writing, Blogging, Photography, Online Journalits, Creative Concept, Research, Social Media Planning and Contents, Entrepreunership, Web editorial, Web Content

22 thoughts on “Mengukir Kebahagian Bersama Mereka

  1. mimi sapa be??w ??he.he..
    itu kayakna di dalem mesjid ya be??mang boleh di pake kegiatan ky gito??
    semangat terus ya..rajin bakso jg..ehh baksos!!

    oh iya..gag nyangka w..lu punya amnesia akut ya!!wkwkwkkk….

  2. makasih kawan”ku sudah berkunjung ke blog yg masih baru inih^^…

    *) yuzie : hehehehe..makasih yuzie…iyah nih emang imut dan lucu..seperti kegembiraan anak-anak itu.hehehe^^ siipp deh, ntrar kalo ke sana lagi pasti aku ajakin deh..semagat juga buat kamu!!!

    *) abdul cholik : terima kasih kak abdul..makasih juga udah mampir..makasih juga untuk doanya..sukses juga buat kk^^ sering” mampir iah ke blog saya…

    *) meonk : idih..nama lo ganti meonk…idihh..nggak banget deh…miimi itu temen w..namanya mimi silvia..cewek..emangnya lo cewek iah??hehehe..iyah, kita belajar di mushola, minggu pagi musholanya kosong jadi dipake ngajar..

    *) sipuputra : sippp…salam kenal putra^^, saya udah mampir di blog kamu^^

    *) dedhy : walaikumsalam…waduh” mau konfirmasi nih, saya cewek lo bukan cwok,,jadi nggak pantes dipanggil “mas”..haduh…untung saya sudah memanafkan anda..mari kita berkawand..agak sedih dipanggi “mas”..T.T

  3. Hi Betania, have a nice sunday.. Semangat ya Bet, mengajar itu tugas yang mulia koq. Aq dulu juga pernah ngajar anak-anak SD pas KKN (jadi malu). Btw, amnesianya coba dicek ke dokter ya 🙂

  4. oh…facebooknya dah ku add yaaa….approve ya…
    .eh blognya di link balik aja yo…nanti alamatmu ku taruhh di blogku…yo….terus blogku kamu link juga ya…thanks mari berkawand…

  5. Sorry OOT..
    klo mw gabung di komunitas blogger bogor, silahkan sok atuh mangga…

    Silahkan lihat di blogor.org
    Terus join di millisnya biar tw info acara2nya..

    Oke..
    Salam

  6. Waduw..jadi guru dadakan iah bet, mulia sekali,hehe, walo nkajarnya cuma sdkit,nkgak papa, yg penting niatnya dah ikhlas mw berbagi..:-D
    Tp beruntunglah kita iah, masi bisa blajar dibangku kuliah..bisa ikud 12 tahun mengenyam sd,smp,sma..hwaaa..

  7. Masih kecil sudah jadi guru, gimana kalo sudah besar? mantab buk guru cilik ini yaaaa…
    Salam kenal juga dari pakde. Thanks sudah meninggalkan jejak diu tempat pakde.

    Btw ini seperti sekolah madrasah ya?!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s