Prodiku adalah JURNAL CETAK

Semester tiga kan datang menyapa…tinggal beberapa minggu lagi Ujian Akhir Semester UI kan menghampiri…

Huff…aku bingung!Ah, nggak. Udah telat kalo kita ngomong bingung untuk masa depan kita. Kitalah yang menentukan kemana kita kan melangkah kemana kita kan menggapai impian kemana kita kan sukses kelak. Itu ada ditangan kita. Bukan orang lain, bukan teman, bukan dosen, bukan orang tua kita sekalipun. Hanya ada dalam genggaman kita karena kitalah yang akan menapaki semua ini.

” Beta..lo mo ngambil apa prodi ntar semester tiga?”

” Gw mo ngambil JURNAL CETAK, ” jawabku mantap.

” Tapi kan jurnal cetak itu sulit, lulusnya juga lama, banyak tugas lagi “…

Sedikit bimbang, pertahananku mulai goyah…sulit juga mempertahankan prinsip kalo orang-orang disekitar kita nggak mendukung dan malah memberikan angin lembab kepada kita. Huff..tarik nafas keluarkan..tarik lagi..hempaskan perlahan.. Bismillah… Aku menetapkan untuk memilih jurnal cetak. Kenapa??Kenapa??

Pertama, aku suka dengan mata kuliah yang ditawarkan dari prodi (program studi)  jurnal cetak daripada prodi Iklan, Humas, Komunikasi Media. Oia..aku lupa kasih tau kalo aku ngambil jurusan Komunikasi FISIP UI. Dan semester tiga ini, kita harus menetapkan konsentrasi yang akan kita ambil nanti ke depannya. Begitu..^^

Mata Kuliah Program Studi Jurnalisme Umum

1) Pengantar Jurnalisme 3 SKS

2) Etika Jurnalisme 2 SKS

3) Bahasa Jurnalistik 2 SKS

4) Dasar-Dasar Fotografi 2 SKS

5) Meliput dan Menulis Berita (1)  3 SKS

6) Kapita Selekta Jurnalisme 3 SKS

7) Penerbitan Elektronik 3 SKS

Mata Kuliah Program Studi Jurnalisme Penimatan Jurnalisme Cetak

1) Meliput dan Menulis Berita (2) 3SKS

2) Menulis Feuture 3 SKS

3) Menulis Artikel Opini 3 SKS

4) Desain Surat Kabar dan Majalah 3 SKS

5) Pratikum Media Cetak 3 SKS

6) Jurnalisme Foto 3 SKS

7) Menyunting Naskah Surat Kabar dan Majalah 3 SKS

8 ) Investigative Reporting 3 SKS

Inilah yang bikin aku menyenangi prodi jurnal cetak. Aku ingin memulai untuk fokus pada satu hal dan menjadi ahlinya. Walaupun sulit awalnya, karena aku tipe orang yang suka mencoba banyak hal, pengin bisa ini pengin bisa itu. Pokoknya semua pengin bisa deh. Hahaha… =D

Aku inget waktu pertama kali kuliah Teori Komunikasi, Mba Yeye or Mbak Illya, bilang ke aku, kita bisa cumluade dan bisa lulus 3,5 taon di jurnal cetak dan yang menentukan itu semua adalah DIRI KITA SENDIRI. Yuppss..aku memutuskan untuk mengambil jurnal cetak semester tiga ini. Apapun yang terjadi, akan aku jalani. Ya Allah, semoga pilihanku ini adalah pilihan terbaik yang Engkau berikan. Amiinnn.. (^_^)

5 thoughts on “Prodiku adalah JURNAL CETAK

  1. wah,,smster 3 udah masuk prodi y…? sukses deh… ak dukung tuh masuk jurnal cetak…. (walopun sama sekali gk ngerti & bedanya ama prodi2 yg laen..) hee…. btw,,jursnmu tu Ilmu Komunikasi kan..? yg aku tw tu deket banget ama dunia jurnalis, reportasi, wartawan,media cetak dll… & km udah mulai dari bikin blog ni…tu udah awal yg bagus…

  2. yoi yoi…hidup jurusan jurnalis !!!! hahahaha…walau rata – rata yang masuk ke jurnal dikit (tempatku rata-rata 2 kelas sekitar 100an gitu dari hampir 400 mahasiswa)..but…hati ini emang nggak bisa boong…lagian, PR atau advert tuh kudu punya bakat..sdangkan jurnal tuh bisa dipelajari..hehehe..bukan begitu beta..??:D

  3. makasiihh temen” udah mampir ke blog saiia..

    *) fahmi : iyah..makasiih banget fahmi,,,aku jadi nggak ragu lagi masuk jurnal cetak..semoga pilihanku ini menjadi pilihan terbaik dan diridhoi Allah.Amiin..

    *) prasetya yuda : yoii coyy!!!hidup jurnal!!!jadi jurnalis,,siapa takut!!!hohohoho…semuanya yang penting ada niat dan menjalani dengan senang hati..sippp setuju^^

    *) lalalala : haluuu lalalala…apa kabar??makasih udah mampir ke blog saiia..okeh deh mpe ketemu iah di komunikasi UI!!!

  4. aku mau nanya kak, kalo jurnalisme itu spesifikasinya apa ya? setau aku ada 2. kalo mau dapet info tentang prodi jurnalisme dimana ya? aku udah liat web UI tapi ga lengkap.
    aku sekarang kelas 11 SMA, lagi milih-milih mau kuliah di mana hehe.
    makasih banyak kak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s